10 Aplikasi Jadul yang Melegenda Ini Pasti Temani Layar Komputer Tuamu Dulu

Posted on

Saat ini, perkembangan teknologi informasi internet terbilang sangat cepat jika menilik keadaannya di 20 tahunan lalu. Di zaman itu sekitar tahun 90-2000 an tak banyak layanan teknologi maupun koneksi internet cepat. Gadget pun belum menduduki masa kejayaan seperti saat ini. Meski begitu, antusiasme masyarakat untuk mengakses internet dan berbagai aplikasi komputer sangat besar.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan warnet dan rental komputer yang selalu penuh pelanggan. Tak jarang, seseorang harus antri berjam-jam hanya untuk berhadapan dengan komputer jadul dan internet super lemot kala itu. Aplikasi yang ada pun masih sangat sederhana dan tak banyak variasi seperti saat ini. Meski begitu, butuh perjuangan besar untuk mengakses aplikasi tersebut. Nah, berikut ini daftar aplikasi legendaris yang pernah sangat penting bagi orang-orang di masanya.

Winamp

Winamp [image: source]

Merupakan aplikasi pemutar musik paling melegenda, aplikasi ini hampir tidak asing bagi semua orang. Di awal kemunculannya, aplikasi ini sangat digemari karena pengguna bisa mengganti tampilan Winamp dengan berbagai skin yang tersedia.

QuickTime

QuickTime [image: source]

Mereka yang gemar menonton film di komputer era 90-2000an pasti tahu aplikasi ini. Amat populer sebab memiliki pustaka codec yang terbilang lengkap. Karenanya, format apapun video yang kita miliki pasti bisa diputar. Meski begitu, penggunaan harus sering melalukan update untuk memperbarui koleksi codec.

PowerDVD

PowerDVD [image: source]

PowerDVD menjadi aplikasi wajib kala keping DVD merupakan perangkat populer kala itu. Cukup memiliki aplikasi ini dan DVD-ROM maka pengguna sudah resmi seperti  memiliki DVD Player.

ACDSee

ACDSee [image: source]

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto sederhana, adanya ACDSee juga wajib di komputer jaman dulu. Selain bisa mengedit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai manajemen koleksi foto yang kita punyai.

Jet Audio

Jet Audio [image: source]

Sedikit lebih canggih dari Winamp, Jet Audio menawarkan fungsi mirip sistem audio sungguhan. Tampilannya yang memperlihatkan sistem audio yang saling bertumpuk, membuatkan terlihat lebih mewah dan modern daripada Winamp.

Mirc

Mirc [image: source]

Pesan instan perdana yang pernah ada dan sangat populer adalah aplikasi Mirc. Layanan chatting berbasis teks sederhana ini menyedot banyak pengguna pada masanya. Ada banyak topik bahasan yang bisa dipilih berdasarkan ‘room’. Kalau saat ini, room bisa dibilang seperti grup atau komunitas.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan