11 Musisi Legendaris Indonesia Ini Karyanya Pernah Dituding Plagiat Band Luar Negeri

Posted on

Sekarang-sekarang ini artis terutama penyanyi di Indonesia tak terhitung jumlahnya. Mereka yang bermodal sensasi atau sekedar menunjukan bakat di YouTube saja bisa menjadi penyanyi terkenal. Namun soal kualitas, tetap saja berbeda dibandingkan mereka, musisi legendaris yang bisa tetap bertahan dari awal debutnya bertahun-tahun yang lalu hingga sekarang.

Bicara soal musisi legendaris, pasti ada beberapa nama grup band atau penyanyi solo yang terlintas di benak kalian. Dewa 19, Sheila on 7, Krisdayanti, Titi DJ, dan masih banyak lagi. Namun, siapa sangka beberapa dari mereka pernah dikecam ketika mengeluarkan lagu baru karena dituduh plagiat? Simak ulasan berikut ini untuk tahu siapa dan lagu apa saja yang diklaim banyak orang sebagai tiruan atas karya musisi lain.

Baca Juga
5 Hero Mobile Legends Ini Paling Susah Dikuasai, Jangan Nekat Kalau Nggak Ahli
4 Hal Ekstrem Ini Pernah Dilakukan Seseorang Demi Lepas dari Hutang, Ada yang Jual Keperawanan!

1. D’Massiv vs My Chemical Romance, Intro yang Sama Persis

Pertama kali debut pada tahun 2007, grup band yang beranggotakan Rian, Kiki, Rai, Rama, dan Wahyu ini sudah menjadi idola banyak remaja. Bukan hanya karena penampilan mereka yang keren, tapi juga lagu yang menusuk sampai ke hati. Lagu yang dibawakan pertama kali berjudul Cinta Ini Membunuhku.

Ditambah lagi ekspresi Rian sang vokalis yang sangat dalam ketika menyanyikan lagu tersebut. Namun, pada tahun 2006 grup band asal New Jersye, My Chemical Romance ini sudah lebih dulu meluncurkan lagu I don’t Love You. Jika didengarkan dengan seksama, kedua lagu ini memiliki irama yang sama pada intronya, loh. Bagaimana reaksimu setelah mendengarkannya?

2. Mulan Jameela vs Muse, Bikin Menganga Saking Miripnya

Setelah Ratu, grup duo Maia Estianty dan Mulan bubar, istri Ahmad Dhani ini lalu bersolo karir. Lagu yang menandakan solo karirnya kala itu berjudul Makhluk Tuhan Paling Seksi. Mulan berpenampilan nyentrik dengan rambut warna-warni untuk membawakan lagu tersebut di panggung.

Semua orang pun mengakui bahwa lagu MTPS merupakan karya yang keren dan selalu stuck di telinga setelah didengarkan. Namun, siapa sangka bahwa jauh sebelum Mulan terjun ke dunia hiburan, lagu dengan irama yang sama sudah lebih dulu menyita perhatian banyak penikmat musik. Lagu tersebut milik grup band beraliran rock alternatif asal Inggris yaitu Muse yang berjudul Time is Running Out.

3. Via Vallen vs Kiroro, Katanya sih Inspirasi

Jika kalian mendengarkan lagu berjudul Mirae dari penyanyi asal Jepang, Kiroro, pasti yang terbesit di benakmu pertama kali adalah lagu Sayang milik Via Vallen. Memang benar kedua lagu tersebut memiliki irama yang sama persis dari awal sampai akhir. Via pun pernah menyanyikan lagu tersebut dan mengunggahnya dalam channel YouTubenya.

Ketika banyak orang yang mengecap dirinya melakukan plagiat atas lagu penyanyi Jepang tersebut, Via menyatakan bahwa lagu Mirae merupakan inspirasi dari lagunya yang melejit. Meskipun begitu, tak semua orang mudah percaya dengan pernyataan tersebut dan tetap menuding Via melakukan plagiasi.

4. Dewa 19 vs Led Zeppelin, Introne Nggak Mbuak Blas!

Ketika sampai pada poin ini, coba boombers klik lagu Dewa 19 yang berjudul Pangeran Cinta sampai pada intronya saja, lalu beralih pada lagu Led Zeppelin yaitu Immigrant Song, dapat dipastikan kalimat “introne nggak mbuak blas” alias “intronya sama persis” akan keluar dari mulut kalian. Dewa 19 meluncurkan lagu Pangeran Cinta pada tahun 2004, sedangkan pada tahun yang sama drummer Led Zeppelin bahkan sudah meninggal dunia.

Kemungkinan besar Ahmad Dhani terinspirasi dengan sang maestro musik rock dunia ini. Namun, jika didengarkan dengan seksama, intro dalam kedua lagu ini sama persis, bahkan range nada-nya pun sama. Merinding deh jadinya!

5. Sheila on 7 vs The Beatles, Sama-sama Ngomongin Soal Umur

Siapa di antara boombers sekalian yang merupakan Sheila Gank? Penulis pun penggemar berat karya-karya om Duta dan kawan-kawan semenjak mereka pertama kali meluncurkan single hingga sekarang. Namun, ada salah satu lagunya yang menyinggung soal umur, yaitu Saat Aku Lanjut Usia yang jika didengarkan mirip dengan lagu musisi dunia.

Digadang-gadang lagu Saat Aku Lanjut Usia milik Sheila on 7 ini merupakan plagiasi dari When I’m 64-nya The Beatles. Berbeda dari lagu-lagu sebelumnya yang memiliki kesamaan pada irama dalam intro maupun badan lagu, lirik dari Saat Aku Lanjut Usia seakan menerjemahkan lagu When I’m 64 dari The Beatles. “When I get older losing my hair” adalah lirik pertama When I’m 64, sama dengan “saat rambutku mulai rontok” dari Saat Aku Lanjut Usia.

6. Titi DJ vs Garbage, Mendengar Intronya Saja Sudah Dibuat Merinding

Perasaan ketika mendengarkan lagu Pangeran Cinta milik Dewa 19 dan Immigrant Song milik Led Zeppelin terulang lagi di poin ini. Kali ini, bukan karya dari sebuah grup musik, namun seorang penyanyi solo yang juga disebut diva Indonesia, Titi DJ. Meskipun diciptakan oleh Andi Rianto, tak mungkin sang diva tak ikut campur dalam menggodok karyanya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan