Home Wisata 13 Tempat Wisata di Purwakarta Terfavorit dan Terpilih

13 Tempat Wisata di Purwakarta Terfavorit dan Terpilih

SHARE

Siapa bilang, Kabupaten Purwakarta tidak memiliki objek wisata yang mangagumkan. Buktinya seperti penelusuran dan dilansir dari travelingyuk, banyak objek wisata di Kabupaten Purwakarta yang unik, asri, nyaman, namun belum terekspose luas.

Bahkan keberadaraan objek wisata di Purwakarta ini bisa menyaingi objek wisata yang ada di kabupaten-kabupaten di sebelah timur provinsi Jawa Barat mulai Pangandaran, Ciamis, Kuningan, Cirebon hingga Bandung.

Purwakarta terletak di utara Kabupaten Bandung Barat dan berjarak sekitar 80 kilometer di timur Ibukota Jakarta. Kalau kamu mau mencari tempat berlibur di Purwakarta Travelingyuk kasih 13 tempat rekomendasinya.

1. Taman Sri Baduga, Ikon Baru Wisata Purwakarta yang Mendunia

Bermain ke Purwakarta tempat pertama yang harus dikunjungi adalah Taman Sri Baduga yang letaknya di pusat kota. Taman dengan air mancur yang dilengkapi light effect ini baru saja menjalani masa peresmian kedua beberapa bulan lalu dan langsung menjadi ikon Kota Purwakarta.

Di sekitar air mancur ini terdapat Situ Beleud dengan luas 4 hektar yang makin mempercantik pemandangan sekitar air mancur. Katanya air mancur di Taman Sri Baduga ini disebut-sebut bakal menyaingi air mancur Wing of Time di Singapura. Datanglah pada hari Sabtu dan Minggu malam untuk menyaksikan light effect air mancur paling keren di Indonesia ini.

2. Curug Cipurut, Eksotisnya Nggak Bikin Cemberut

Curug Cipurut adalah salah satu air terjun di Purwakarta yang wajib masuk dalam daftar kunjungan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan terdiri dari 3 tingkatan dimana tingkat tertinggi berukuran 25 meter. Akses menuju ke tempat ini tergolong mudah sebab traveler bisa menumpang angkutan desa atau jalan kaki dari terminal Wanayasa.

Curug Cipurut hanya berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Purwakarta atau tepat berada di kaki Gunung Burangrang. Traveler yang berkunjung bisa bermain air di kolam alaminya yang berada di bawah air terjun maupun sekedar refreshing menikmati udara pegunungan yang segar.

3. Gunung Cupu, Legendanya Mirip Jaka Tarub

peakery.com

Tidak ada salahnya saat liburan di Purwakarta kalian berkunjung ke puncak Gunung Cupu yang terletak di daerah Anjun, Plered. Gunung ini selain menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya juga memiliki kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub.

loading...

Konon dulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, kemudian bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya ia nikahi. Setelah memiliki anak si pria mengembalikan pakaian tersebut dan bidadari pun pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan untuk pegangan anaknya. Cupu tersebut masih diyakini masyarakat tertinggal di puncak gunung yang kemudian dinamakan Gunung Cupu.

4. Gunung Bangkok, Spot Keindahan Alam Purwakarta


Gunung Bangkok adalah destinasi yang cocok untuk dikunjungi pendaki pemula. Gunung setinggi 875 mdpl sangat bersahabat untuk didaki dan digunakan sebagai latihan atau pemanasan sebelum mendaki ke jajaran seven summit di negeri ini. Gunung Bangkok terletak di desa Cikandang, Purwakarta.

Dari puncak Gunung Bangkok traveler bisa melihat keindahan waduk Jatiluhur dan juga Gunung Parang. Gunung ini punya dua puncak bernama Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Traveler yang berkunjung paling suka mendatangi Puncak batu Tumpuk, hanya saja puncak ini hanya cukup menampung sekitar 30 orang saja. Pada akhir pekan yang ramai traveler harus bergantian kalau mau memotret pemandangan alam dari puncak ini.

5. Gunung Lembu, Spot Sunrise yang Menggoda

 

🙌good shoes take you good place🙌 #lembumountain #gununglembu #explorepurwakarta #saveindonesiantourism #indonesia

A photo posted by Dany Rahman Syabildin (@daniibibink) on

Ingin memotret golden sunrise di Purwakarta? Kalau begitu kamu wajib mempertimbangkan Gunung Lembu sebagai destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi. Gunung ini bisa traveler daki melalui desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Gunung ini cukup bersahabat untuk didaki sebab tingginya hanya sekitar 780 mdpl. Yang menarik dari gunung ini adalah suguhan pemandangan yang ada di puncak gunung. Jika berkunjung pada pagi hari atau kemping di sana, pesona golden sunrise akan membuat kagum ditambah dengan indahnya pemandangan waduk Jatiluhur yang menghampar luas.

6. Merasakan Sensasi di Gunung Parang

Di Purwakarta ada Wisata Via Ferrata yang mengambil tempat di Gunung Parang. Gunung ini sendiri merupakan gunung dengan tebing batu menjulang yang terletak di dusun Cirangkong, desa Pasanggrahan, sekitar 28 km dari pusat kota.

Di gunung ini traveler akan ditawari kegiatan ekstrim berupa rock climbing di ketinggian 983 mdpl. Wisata Via Ferrata sendiri merupakan wisata panjat tebing dengan menaiki anak tangga besi yang dilengkapi dengan alat pengaman khusus bernama lanyard double system. Dengan begitu traveler pemula pun bisa menikmati kegiatan ekstrim ini tanpa perlu memiliki skill khusus seperti panjat tebing.

7. Jatiluhur, Waduk Serbaguna Pertama di Indonesia


Tidak lengkap dong datang ke Purwakarta tanpa mengunjungi waduk ikonik yang namanya sudah dikenal luas dan sering muncul pada pelajaran Geografi, Waduk Jatiluhur. Waduk ini letaknya hanya 9 km dari pusat kota dan menjadi salah satu wisata air andalan Purwakarta. Seperti diketahui kabupaten ini tidak memiliki batas laut sehingga mereka tahu betul bagaimana mengoptimalkan sumber daya air yang ada di wilayahnya.

Waduk Jatiluhur dibangun tahun 1957 dan menjadi waduk serbaguna pertama di Indonesia yang digunakan sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, bahan baku air minum hingga kebutuhan wisata. Beberapa fasilitas yang tersedia di Waduk Jatiluhur antara lain hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, kolam renang dengan water slide, gedung pertemuan dan playground serta masih banyak lagi.

8. Kampung Andir Dengan Rumah Adat Sunda yang Khas

Cerita sedikit tentang gambar ini .. Gambar ini adalah gambar yang diambil tadi siang di Kabupaten Purwakarta yang disebut dengan Kampung Andir .. Kampung Andir ini ada di Desa Cianting Kecamatan Sukatani .. Ini adalah Kampung Relokasi longsor .. Rumah-rumah khas sunda ini adalah rumah yang ditempati para korban longsor dari Kampung Cilalawang .. Kampung Cilalawang longsor pada tahun 2010 .. Ada yang rumahnya habis tak bisa di huni dan ada yang rumahnya masih bisa di huni .. Bagi rumah yang tak bisa di huni sama sekali mereka dapat relokasi tempat yaitu di Kampung Andir ini .. Rumahnya ada 3 tingkat yaitu bagian atas tengah dan bawah .. Dan gambar inilah yang mewakili rumah dibawah .. Pemandangannya luar biasa indah, mereka yang tinggal disana tanpa harus pergi jauh buat melihat pemandangan indah .. Jalanan menuju Kampung Andir ini sangat bagus dan mulus .. Tapi memang tidak ada yang sempurna, Kalau mau kesini diusahakan jangan memakai mobil atau motor yang ceper .. Mengapa ? Karena, saat mau masuk Kampung Andir nya jalannya masih penuh batu dan lumayan besar .. Saya harap secepatnnya di aspal .. Kampung Andir ini bisa dijadikan eco wisata menurut saya tinggal di lengkapi fasilitasnya .. keren deh .. Kalau kapan-kapan ke Purwakarta mampir deh kesini untuk sekedar lihat-lihat aja .. #KampungAndir #Purwakarta #Kabupaten #KabupatenPurwakarta #KampungAndirPurwakarta #Hijab #bbettari #indonesia_photography

A photo posted by bbettari (@bbettari) on


Salah satu daerah yang diproyeksikan menjadi desa wisata di Purwakarta dan layak dikunjungi adalah Kampung Andir. Kampung ini berada di desa Cianting, kecamatan Sukatani yang bisa traveler tuju dengan melewati Jalan Raya Plered.

Kampung Andir memang unik, semua bangunan yang ada di sana mempunyai bentuk yang sama yaitu Rumah Adat Sunda. Ke depan Kampung Andir di desa Cianting ini akan menjadi seperti desa wisata lain seperti Kampung Naga di Tasikmalaya maupun Kampung Dukuh di Garut. Sekarang pun traveler sudah bisa berkunjung ke tempat ini.

9. Mata Air Cisaladah, Refleksi Umbul Ponggok di Purwakarta


Buat traveler yang ada di Purwakarta tidak perlu jauh-jauh ke Klaten di Jawa Tengah untuk mengunjungi destinasi wisata berupa kola alami dengan air sangat jernih bak Umbul Ponggok. Purwakarta punya Mata Air Cisaladah yang tak kalah keren.

Mata Air Cisaladah berada di kecamatan Bojong dan berdekatan dengan mata air Cikahuripan yang ada di kabupaten Bandung Barat. Selain kolam dengan air yang bening untuk foto-foto, kawasan ini juga punya sumber mata air yang dikeramatkan warga. Jadi sebelum nyemplung sebaiknya tanya-tanya warga dulu ya.

10. Berburu Oleh-oleh di Sentra Industri Keramik Plered


Berlibur ke Purwakarta adalah pilihan yang tepat apalagi kamu punya rencana membeli berbagai jenis keramik atau gerabah untuk dekorasi rumah. Pasalnya di kabupaten ini terdapat sentra industri keramik yang kualitas produksinya diakui oleh dunia.

Adalah Sentra Industri Keramik Plered yang terletak di desa Anjun sekitar 13 kilometer dari Kota Purwakarta. Industri ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1904 dan menghasilkan aneka gerabah, terakota dan porselen berkualitas ekspor. Negara-negara yang menjadi langganan produksi keramik desa Anjun antara lain Jepang, Belanda, Thailand dan Singapura.

11. Kuburan Kereta Api, Kerennya Luar Biasa


Tempat berikut memang bukan destinasi wisata komersil tapi tetap wajib traveler kunjungi jika punya hobi fotografi. Adalah kuburan kereta api yang letaknya di kawasan Stasiun Purwakarta. Di tempat ini traveler akan menemukan tumpukan dari gerbong-gerbong usang dari kereta api yang terlihat seperti lego raksasa.

Gerbong kereta api ini dipenuhi dengan tulisan grafiti, nampak berkarat dan tak terawat. Akan tetapi jika diabadikan dengan lensa kamera akan nampak gambar yang mempesona. Hanya saja kalau mau foto di gerbong-gerbong ini traveler harus masuk diam-diam karena tempat ini adalah kawasan terbatas yang selalu dijaga petugas.

12. Waduk Cirata, Alternatif Wisata Air di Purwakarta


Selain liburan ke Waduk Jatiluhur yang sudah terkenal dan memiliki fasilitas wisata yang lengkap traveler juga bisa mengunjungi Waduk Cirata yang ada di desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta. Tempat ini bisa menjadi alternatif berlibur jika di Waduk Jatiluhur sesak pengunjung.

Waduk Cirata menempati kawasan di tiga kabupaten antara lain kabupaten Cianjur, kabupaten bandung dan kabupaten Purwakarta. Sedangkan genangan terbanyak berada di kabupaten Cianjur sehingga di Purwakarta traveler hanya akan menemukan bagian kecil saja dari kawasan waduk. Pun demikian traveler masih bisa mendapatkan fasilitas wisata yang murah meriah dengan mengunjungi waduk ini.

13. Wisata Desa Sejuta Batu, Khusus Untuk Pecinta Tantangan


Kamu traveler yang suka dengan tantangan, hobi panjat tebing, hiking atau trekking? Inilah saatnya untuk mengunjungi Wisata Desa Sejuta Batu yang letaknya di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Desa ini dianugerahi alam yang indah dengan beberapa gunung batu yang sering dijadikan lokasi untuk kegiatan pecinta alam.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di desa ini antara lain jelajah desa dengan cara hiking, memancing, panjat tebing, kemping, maupun offroad. Di desa ini pulalah Gunung Parang berada. Karena alamnya yang indah tak sedikit pasangan yang mau menikah melangsungkan sesi foto pre-wedding di desa ini.

Sumber : www.galamedianews.com/wisata/82904/13-objek-wisata-di-purwakarta-ini-siap-manjakan-anda-di-akhir-pekan.html

SHARE

4 COMMENTS

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan