14 Jenis Ras Kucing dari Asia dan Afrika

Ada banyak jenis-jenis kucing di dunia ini, setidaknya ada 152 ras kucing di seluruh dunia. Dari ras kucing ini tentu memilki banyak turunan. Ada yang akhirnya tetap menjadi kucing liar di hutan, kucing kampung, dan bahkan menjadi kucing peliharaan.

Ras kucing ini menyebar di seluruh benua, ada di Asia, Eropa, Afrika, Amerika. Paing banyak tersebar di Amerika, sebagian lagi di Asia Afrika.

Nah, berikut ini adalah 14 ras kucing yang tersebar di Asia dan Afrika

1. Kucing Abyssinian (Ethiopia)

ras abyssinian

Kucing ras Abyssinian adalah salah satu jenis kucing berbulu pendek yang paling populer di Amerika Serikat. Abyssinia juga salah satu kucing tertua yang pernah dikenal. Abyssinia ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir kuno. Kucing ini dulunya masuk area perdagangan sampai akhirnya dilarang oleh bangsa Mesir. Selain itu, Mesir juga mendirikan Kuil khusus untuk penyembahan Abyssinian. Mumi  Abyssinian banyak ditemukan di kuburan-kuburan orang Mesir kuno. Pada saat Mesir ditaklukkanRoma, Abyssinian pernah dibawa ke Inggris, dengan tujuan untuk melindungi lading gandum dari tikus. Harga dari Abyssinian sangat mahal, yakni antara $700-$ 1500 atau sekitar 8-17,5 juta dolar.

2. Kucing Arabian Mau (Arab)

kucing arab

Arabian  Mau adalah keturunan alami kucing kucing domestik yang berasal dari padang pasir di Jazirah Arab. Kucing ini diakui sebagai resmi resmi oleh beberapa organisasi pendaftaran dan peternak kucing, yaitu Wolrd Cat Federation (WCF) dan Midle East Cat Society (MECATS).

Tubuh Arabian Mau berukuran sedang, dengan struktur tubuh yang agak besar dan berotot, tetapi tidak terlalu kurus. Kakinya terhitung dengan cakar berbentuk oval. Kepalanta bulat, tapi sedikit lebih panjang. Hidung sedikit cekung dan melengkung. Dagunya dapat dilihat dengan jelas. Matanya sedikit oval, besar dan landai. Arabian Mau ini biasanya memiliki mata hijau yang terang. Memiliki telinga yang besar dan sedikit ke depan juga ke samping. Secara umum panjang ekornya standar meruncing sampai ujung. Bulunya pendek dan sangat mengkilap, tapi tidak halus.

3. Kucing Burmese (Myanmar)

jenis kucing myanmar
Burmese adalah saah satu ras kucing asli Myanmar atau Burma. Burmese dibagi menjadi dua kelompok, yaitu British Burmese dan American Burmese. Harapan hidup ras Birma dapat mencapai 16-18 tahun. Sekarang banyak keturunan Birma adalah keturunan dari perempuan kucingbernama Wong Mau, yang dibawa ke Inggris Serikatpada tahun 1930-an.

4. Ceylon (Sri Lanka)

Ceylon (juga dikenal sebagai kucing Sri Lanka)  adalah salah satu ras kucing yang dating dari Sri Lanka yang dikembangbiakkan oleh klub kucing  Sri Lanka. Kucing ini adalah seekor kucing yang populer di dunia, walaupun baru saja dikembangkanbiakkan pada tahun 1988. Salian adalah seekor kucing yang memiliki pola bulu berdetak (spot) yang merupakan ciri khas dari khas Abyssinian. Oleh karena itu kucing ini juga sangat mirip dengan ras Abyssinian

5. Chinese White

Chinese White adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari Tiongkok.

6. Dragon Li

Dragon Li atau Li Hua Mau adalah salah satu ras domestik kucing yang berasal dari Cina dan ras kucing alami. Dargon  Li hanya mendapatkan pengakuan dari cat Fanciers Association (CFA) dan Asosiasi pecinta kucing (CAA).

7. Egyptian Mau

Egyptian mau merupakan salah satu kucing tertua yang pernah juga termasuk kucing ras alami. Karakteristik Egyptian Mau adalah, bulu dan kulit corak macan tutul. Ras ini dikenal sebagai kucing domestik yang dapat berjalan sangat cepat, yaitudengan kecepatan 36 mph (58 km/h).

Kucing Egyptian Mesir ini langka. Pada tahun 2006, jumlah yang tercantum cat Fanciers Association (CFA) berjarak hanya sekitar 6.741 ekor. Organisasi EMRO (Egyptian mau Rescue) juga telah membentuk satuan tugas untuk menjaga stabilitas populasi Egyptian Mau.

loading...

8. Kucing Khao Manee

Khao Manee ini dikenal sebagai kucing bermata berlian. Ras ini adalah salah satu ras kucing langka yang berasal dari Bangkok, Thailand. Khao Manee sangat populer di daerah aslinya. Dan kucing ini pun telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

9. Kucing Korat

Korat  adalah ras kucing yang berasal dari Provinsi Nakhon Rat chasimadi Thailand. Kucing ini telah dikenal sejak ratusnan tahun lalu. Dan Kucing Korat sangat dihormati oleh penduduk setempat (Thailand). Harga ras Korat dapat mencapai 1-5juta, tergantung kualitas.

10. Kucing Raas

Raas, atau dikenal sebagai Kucing Maudra dan Busok. Ras ini bersifat endemic dan kucing domestik yang datang Pulau Raas Indonesia.  Jenis Ini adalah  kucing ras murni dan asli, tanpa percampuran gen dari kucing lain. Ini termasuk kucing sangat langka dan memiliki sebuah variasi genetik yang tinggi.

Informasi tentang keberadaan kucing domestik ini telah menarik perhatian dari beberapa klub pecinta kucing di Indonesia. Klub kucing ini ingin kontinuitas, kucing Raas dapat dipertahankan dan kucing ini dapat diakui di dunia internasional. Kucing yang diyakini berasal dari Indonesia sayangnya sulit diakui ini sulit karena kepercayaan masyarakat setempat. Sampai sekarang masih tidak diakui sebab belum memiliki standar.

Pengembangan kucing ini hanya terjadi di Pulau Raas. Dan Raas sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Penduduk setempat juga melarang  kucing ini keluar pulau. Biasanya hanya kucing yang telah dikebiri yang hanya dapat diambil dari pulau. Hal ini dimaksudkan untuk membiarkan kucing Raas selalu dipertahankan kemurniannya.

Selain itu, kelahiran anak kucing dengan abu-abu selalu ditunggu oleh penduduk setempat. Anak kucing akan diberikan kepada orang-orang tertentu sebagai hadiah, seperti pecinta kucing.

11. Kucing Siam

Siam adalah salah satu kucing pertama diakui sebagai kucing-oriental. Sesuai dengan namanya, Siam berasal dari Siam (sekarang Thailand), jadi ras kucing ini sangat mudah ditemukan di Thailand.
Siam adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing ini adalah ras kucing keturunan garis murni, seperti kucing keturunan lain. Kemunculan  awalSiam di Eropa pada saat kucing ini menjadi hadiah untuk Duta Besar Inggris di Thailand, dan akhirnya semakin populer Eropa pada sekitar abad ke-18.

12. Kucing Singapura

Singapura adalah salah satu kucing keturunan yang terkecil, dan terkenal karena mata juga telinganyaa yang besar; memiliki bulu cokelat bintik-bintik  dan ekor tumpul. Pernah ada laporan bahwa ada tiga ekor “kucing Tiriskan” diimpor dari Singapura pada tahun 1970. Kemudian, dari sanalah terungap bahwa, kucing ini awalnya dikirim ke Singapura dariAmerika Serikat sebelum kucing diekspor kembali ke Amerika Serikat. Penyelidikan yang dilakukan oleh CFA telah menyimpulkan bahwa,Singapura adalah keturunan kucing alami.

13. Kucing Sokoke

Sokoke adalah hibrida kucing saturas dibentuk yang secara alam dani ditemukan di hutan Arabuko Sokoke Arabuko, Kenya. Di Kenya, orang Giriamamemangggil kucing ini dengan nama “Khadzonzo”, yang berarti “terlihat seperti kayu”

14. Kucing Somalia

ras somalia

Somalia adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara tidak sengaja. Somalia adalah versi bulu panjang ras Abyssinian.

15. Kucing Templecat

jenis kucing kuil di myanmar
Templecat adalah saturas kucing domestik yang berasal dari MyanmarNah, itulah 14 jenis-jenis kucing dari ras yang ada di Asia dan Afrika. Semoga bermanfaat ya pengetahuan tentang kucing.

 

1