kucing-abyssinian-a

14 Jenis Ras Kucing dari Asia dan Afrika

Posted on

Ada banyak jenis-jenis kucing di dunia ini, setidaknya ada 152 ras kucing di seluruh dunia. Dari ras kucing ini tentu memilki banyak turunan. Ada yang akhirnya tetap menjadi kucing liar di hutan, kucing kampung, dan bahkan menjadi kucing peliharaan.

Ras kucing ini menyebar di seluruh benua, ada di Asia, Eropa, Afrika, Amerika. Paing banyak tersebar di Amerika, sebagian lagi di Asia Afrika.

Nah, berikut ini adalah 14 ras kucing yang tersebar di Asia dan Afrika

1. Kucing Abyssinian (Ethiopia)

ras abyssinian

Kucing ras Abyssinian adalah salah satu jenis kucing berbulu pendek yang paling populer di Amerika Serikat. Abyssinia juga salah satu kucing tertua yang pernah dikenal. Abyssinia ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir kuno. Kucing ini dulunya masuk area perdagangan sampai akhirnya dilarang oleh bangsa Mesir. Selain itu, Mesir juga mendirikan Kuil khusus untuk penyembahan Abyssinian. Mumi  Abyssinian banyak ditemukan di kuburan-kuburan orang Mesir kuno. Pada saat Mesir ditaklukkanRoma, Abyssinian pernah dibawa ke Inggris, dengan tujuan untuk melindungi lading gandum dari tikus. Harga dari Abyssinian sangat mahal, yakni antara $700-$ 1500 atau sekitar 8-17,5 juta dolar.

2. Kucing Arabian Mau (Arab)

kucing arab

Arabian  Mau adalah keturunan alami kucing kucing domestik yang berasal dari padang pasir di Jazirah Arab. Kucing ini diakui sebagai resmi resmi oleh beberapa organisasi pendaftaran dan peternak kucing, yaitu Wolrd Cat Federation (WCF) dan Midle East Cat Society (MECATS).

Tubuh Arabian Mau berukuran sedang, dengan struktur tubuh yang agak besar dan berotot, tetapi tidak terlalu kurus. Kakinya terhitung dengan cakar berbentuk oval. Kepalanta bulat, tapi sedikit lebih panjang. Hidung sedikit cekung dan melengkung. Dagunya dapat dilihat dengan jelas. Matanya sedikit oval, besar dan landai. Arabian Mau ini biasanya memiliki mata hijau yang terang. Memiliki telinga yang besar dan sedikit ke depan juga ke samping. Secara umum panjang ekornya standar meruncing sampai ujung. Bulunya pendek dan sangat mengkilap, tapi tidak halus.

3. Kucing Burmese (Myanmar)

jenis kucing myanmar
Burmese adalah saah satu ras kucing asli Myanmar atau Burma. Burmese dibagi menjadi dua kelompok, yaitu British Burmese dan American Burmese. Harapan hidup ras Birma dapat mencapai 16-18 tahun. Sekarang banyak keturunan Birma adalah keturunan dari perempuan kucingbernama Wong Mau, yang dibawa ke Inggris Serikatpada tahun 1930-an.

4. Ceylon (Sri Lanka)

Ceylon (juga dikenal sebagai kucing Sri Lanka)  adalah salah satu ras kucing yang dating dari Sri Lanka yang dikembangbiakkan oleh klub kucing  Sri Lanka. Kucing ini adalah seekor kucing yang populer di dunia, walaupun baru saja dikembangkanbiakkan pada tahun 1988. Salian adalah seekor kucing yang memiliki pola bulu berdetak (spot) yang merupakan ciri khas dari khas Abyssinian. Oleh karena itu kucing ini juga sangat mirip dengan ras Abyssinian

5. Chinese White

Chinese White adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari Tiongkok.

6. Dragon Li

Dragon Li atau Li Hua Mau adalah salah satu ras domestik kucing yang berasal dari Cina dan ras kucing alami. Dargon  Li hanya mendapatkan pengakuan dari cat Fanciers Association (CFA) dan Asosiasi pecinta kucing (CAA).