20 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat ubi-ubian untuk kesehatan, ubi jalar salah satunya.

Ubi jalar sebagai sumber makanan tentu sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemudahan mendapatkan ubi membuat masyarakat suka dengan makan makanan berbasis ubi jalar ini. Rasanya pun enak.

Di beberapa daerah, ubi jalar sering dijadikan sumber makanan pokok atau camilan yang menyertai saat minum teh, kopi, atau minuma bajigur minuman. Untuk makanan ringan, ubi jalar dapat dikukus, digoreng, atau dibuat berbagai macam penganan, tentu rasanya sangat lezat. Sayangnya, menu ubi jalar bukanlah makanan favorit kebanyakan orang. Masih ada banyak orang yang berpikir buruk tentang ubi jalar.

Namun, di balik itu, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari ubi ini. Salah satu contoh, ubi jalar kaya antioksidan. Kandungan ini semakin tinggi ketika ubi jalar memiliki konsentrasi warna yang pekat.

Di pasar kita dapat menemukan ubi jalar berbagai warna, mulai dari putih, kuning pucat, oranye dan ungu. Dengan warna beragam ini, ditambah manfaat bagi kesehatan, tidak ada salahnya menjadikan ubi jalar sebagai pengganti makanan ringan Anda.

Jika masih enggan untuk makan ubi jalar, mencoba untuk memeriksa sejumlah manfaat lainnya yang diperoleh dari ubi jalar.

manfaat ubi jalar

1. Membantu kekebalan tubuh

Selain kaya betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin C, B kompleks, besi dan fosfor juga. “Hal ini membuat ubi jalar menjadi besar imun booster,” kata Emilia Achmadi, MSc.

2. Mengatasi peradangan

Meskipun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan, ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi atau antiperadangan. Didukung betakaroten, vitamin C dan magnesium, ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan internal dan eksternal.

3. Memperbaiki bronkitis dan asma

Menurut Emilia, yang juga adalah seorang ahli dalam nutrisi, vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya dalam ubi jalar efektif membantu mengatasi bronkitis. Tidak hanya itu, ubi jalar yang dipercaya untuk membantu menghangatkan tubuh juga memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi bronkitis. Aroma khas ubi jalar efektif dalam mengatasi hidung tersumbat dan membantu meringankan asma.

loading...

4. Meredakan sakit Arthritis

Komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar untuk dipilih dalam mengatasi radang sendi atau artritis. Bagaimana caranya? Kompres bagian-bagian yang mengalami nyeri akibat rematik dengan air rebusan ubi jalar.

5. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat dalam ubi jalar ini juga relatif tinggi. Lebih tinggi daripada jenis kentang. Meskipun relatif tingginya kandungan serat, ubi jalar memiliki sumber makanan yang mudah dicerna. “Jadi baik untuk perut dan usus,” kata Emilia. Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium dan kalsium pada ubi jalar yang sangat efektif dalam membantu untuk meringankan radang perut.

“Serat yang terkandung ubi jalar adalah juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan membangun asam,” ditambahkan Emilia. Oleh karena itu akan membantu menurunkan kemungkinan dari radang perut. Anti-inflamasi dan kandungan zat penenang di ubi jalar juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan di lambung.

6. Membantu mengatasi kanker

Kehadiran betakaroten, yang merupakan antioksidan dan membuat warna pada ubi jalar, serta vitamin C, menjadi komponen penting dalam membantu mengatasi kanker. Terutama untuk kanker usus besar, usus, ginjal, prostat, dan kanker lainnya.

7. Menjaga keseimbangan air

Serat ini ditemukan di ubi jalar akan membantu menahan air. Ini akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

8. Sumber karbohidrat diabetesi

Diabetesi biasanya memiliki aturan yang ketat dalam mengelola makanan. Memilih makanan yang baik dan sejauh mungkin mengurangi makanan manis. Sejumlah sumber karbohidrat juga penting akhirnya untuk dipahami.
Yah, ubi jalar, sejauh ini masih dapat dikonsumsi oleh diabetesi karena dalam hal ini efektif dalam mengatur kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Ubi jalar dapat digunakan sebagai pilihan pengganti beras atau sumber karbohidrat lain. Tapi tidak berarti diabetesi bisa makan ubi jalar yang Anda inginkan tanpa aturan. Asupannya harus tetap seimbang.

9. Menambah berat badan

Hal ini sangat mudah untuk memahami dengan melihat kandungan unsur hara didalamnya. Karbohidrat yang terkandung dalam ubi jalar dapat digunakan sebagai sumber energi.

10. Menghilangkan kecanduan

Pada kenyataannya, ubi jalar ini juga efektif dalam membantu untuk menghentikan ketergantungan pada Rokok, minuman, serta beberapa jenis narkotika. Selain itu, hal ini juga sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi tinggi betakaroten dan fosfor sangat baik untuk kesehatan mata dan kardiovaskular.

11. Menjaga kesehatan mata

Jika Anda melihat warna mencolok pada buah atau sayuran, itu berarti ada kandungan penting yang tinggi pada buah atau sayuran. Warna kuning daging buah di ubijalar contohnya. Itu menunjukkan bahwa ada kandungan vitamin a yang tinggi dalam bentuk beta karoten. Vitamin A yang ditemukan di ubi jalar bahkan dapat memenuhi sampai harian 1.033 persen kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan!

12. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Selain vitamin A, ada vitamin lain yang tidak kalah penting pada ubi jalar, yaitu vitamin c. Vitamin C yang dimiliki oleh ubi jalar sendiri memenuhi 70 persen RDA atau asupan nutrisi Anda setiap hari. Vitamin C yang ditemukan di ubi jalar dapat bertindak sebagai pencegah pendarahan gusi gigi yang longgar.

13. Memperkuat tulang

Manfaat dari ubi berikutnya adalah memperkuat tulang. Ubi jalar juga memiliki kandungan mineral, salah satu yang dapat membantu Anda melawan berbagai penyakit tulang dan sendi. Ubi jalar mengandung Mangan yang dapat memberikan hingga 44 persen dari RDA Anda. Mangan itu adalah salah satu mineral yang mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan sendi. Jadi, jika Anda ingin mencegah osteoporosis, Makan ubi jalar sekarang!

14. Mengatur kadar kolesterol

Ubi jalar memiliki untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal inikarena ubi jalar mengandung serat atau serat yang dapat memenuhi RDA Anda ke 33persen. Serat itu adalah jenis karbohidrat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, dapat mencoba ubi jalar sebagai terapi.

15. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari ubi berikutnya adalah mampu mempertahankan kesehatan jantung. Mengapa? Karena ubi jalar mengandung vitamin. Vitamin B6 milik ubi jalar dapat memenuhi hingga 27 persen dari AKG (Angka Kebutuhan Gizi). Vitamin B6 ini berfungsi untuk mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, itu dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

16. Mengatur tekanan darah

Selain mengatur tingkat kolesterol, ubi jalar dapat juga mengatur tekanan darah. Ini berasal dari kandungan kalium dalam ubi jalar yang dapat memenuhi AKG untuk potassum sampai 22 persen. Manfaat dari satu ini sangat cocok untuk Anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

17. Mengobati stres

Ternyata bahwa ubi jalar dapat mengatasi rasa stres yang Anda alami, lho! Kandungan vitamin B dalam bentuk Asam Pantotenat milik ubi jalar dapat membantu produksi hormon stres, sehingga tubuh tidak kekurangan hormon yang digunakan ketika tubuh terasa stres.

18. Mencegah keriput

Selain manfaat kesehatan dari ubi jalar, juga berguna untuk kecantikan Anda. Salah satu adalah untuk mencegah kerutan atau penuaan. Ini diperoleh dari kandungan vitamin E dari ubi jalar. Vitamin E dapat bertindak sebagai penutrisi kulit untuk mencegah penuaan atau oksidasi pada kulit.

19. Menstabilkan kadar gula dalam darah

Magnesium dari ubi jalar dapat membantu Anda untuk mengontrol kadargula dalam darah. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi diet tinggi magnesium, persentase sangat jarang terkena diabetes tipe 2.

20. Menghasilkan energi

Zat besi pada ubi jalar dapat memberikan tambahan energi dalam tubuh Anda, sehingga tubuh tidak merasa lesu atau lelah. Hal ini karena zat besi dapat meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Ya, iyulah 20 manfaat ubi jalar bagi kesehatan. Makanan ini mudah didapat. Jadi, mari hidup sehat!