32 Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan juga Kecantikan

Posted on

Manfaat wortel begitu beragam, tidak hanya untuk kesehatan namun dapat juga dipakai untuk berbagai keperluan yang lain, Wortel adalah sayuran yang sangat bermanfaat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, nyatanya mempunyai segudang manfaat lainnya. Tentu saja jika sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara teratur. Sama seperti manfaat buah dan sayuran yang lainnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Wortel adalah salah satu sayuran yang sudah tak asing untuk kebanyakan orang di seluruh penjuru dunia. Dari bentuknya yang memanjang dan warnanya yang sebagian besar oranye atau merah mudah menjadikan wortel salah satu sayuran yang mudah dikenali. Sebagian besar dari kita pasti juga tahu kalau sayuran tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Jadi, makan wortel secara langsung atau dibuat jus dan sayuran sangat disarankan. Tetapi, nyatanya bukan itu saja manafaat wortel untuk tubuh anda. Wortel memiliki banyak sekali manfaat yang belum anda ketahui.

Wortel adalah salah satu sayuran yang mempunyai beraneka nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh seluruh organ tubuh anda. Berdasar pada kenyataan yang sudah terungkap, wortel adalah sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A dalam wortel sangat baik untuk menjaga serta mempertahankah kesehatan tubuh anda.

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dibudidayakan didataran tinggi. Memiliki rasa yang manis serta warnanya yang cerah membuat sayur yang satu ini mempunyai daya tarik tersediri untuk orang-orang. Tidak hanya itu, anda juga dapat membeli sayur ini dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai kandungan gizi didalam wortel juga adalah salah satu alasan orang-orang menyukai sayur wortel. Berbagai kandungan gizi tersebut dapat memberi manfaat pada kesehatan tubuh manusia.

Sebelum menyimak berbagai manfaat wortel, ada baiknya kita mengetahui tentang berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam wortel.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau setengah cangkir wortel cincang bisa dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel mempunyai kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula serta 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel yaitu makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium serta 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini mempunyai kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel mempunyai warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus serta diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Tips Memilih Wortel Yang Sehat

Bila anda sedang memilih wortel, tanyakan pada abang sayur langganan anda apakah wortel itu import atau tidak? pastikan wortel lokal. Wortel import tak menjamin terbebas dari bahan kimia atau lilin yang membuatnya awet dalam perjalanan selama berminggu-minggu. Kandungan zat kimia ini pasti akan merusak sistem yang ada di tubuh kita.

Penyajian Wortel Yang Enak

  • Jus Wortel – Jus beberapa wortel, masukkan susu serta gula dan air sesuai dengan selera, rasanya cukup enak.
  • Dimasak sebagai sayuran, banyak masakan yang memakai wortel seperti cap cai serta sop.
  • Masker – Haluskan wortel, lantas oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat.
  • Manfaat wortel begitu banyak, tak ada salahnya memakainya sebagai sayuran sehat yang perlu ada di kulkas anda.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupakan sayuran yang sangat bagus, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.
Selain tingginya nutrisi, tentu wortel juga adalah sumber kesehatan terpercaya, apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

jus-wortel

1. Mengurangi resiko kanker

Di dalam wortel mempunyai kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, diyakini ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan kanker. Riset menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, bisa menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Riset lain juga menunjukkan kalau wortel bisa mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol serta falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol yaitu pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel yaitu salah satu-satunya sumber sayuran yang mempunyai zat ini. Sebuah riset menunjukkan resiko kanker sepertiga lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

2. Menekan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam satu minggu, menurut penilitian universitas Harvard beberapa waktu terakhir, bisa mengurangi kemungkinan kolesterol jahat dalam tubuh, yang bisa menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab penyakit jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia

Sistem imun tubuh bisa diperkuat juga dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Riset menunjukkan mengkonsumsi wortel yang dicampur dengan ketumbar, bisa mencegah virus-virus berbahaya yang menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk dikonsumsi secara bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga serta membuang radikal bebas.

4. Mencegah Stroke

Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan kalau mengkonsumsi 6 wortel dalam satu minggu bisa menekan kemungkinan penyakit stroke di banding dengan orang yang cuma mengkonsumsi 1 buah per bulan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A dirubah didalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang dibutuhkan untuk membuat pengelihatan lebih baik pada malam hari.
Beta-karoten juga bisa melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu permasalahan kesehatan mata yang kerap terjadi pada orangtua. Suatu studi menunjukkan kalau orang yang mengkonsumsi beta-karoten mempunyai resiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

6. Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan serta menyaring ginjal. Walau ahli mengatakan kalau orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tak bisa minum jus, nyatanya lain perihal dengan wortel, sayuran ini begitu ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat wortel pada kulit terdapat pada kandungan vitamin A serta kandungan zat-zat pendukung yang lainnya, yang dapat menjaga kulit supaya tetap cantik serta bercahaya. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Pemakaianya bisa dengan cara langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara teratur, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Wortel adalah salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan akan mencegah radikal bebas yang terkena pada kulit. Manfaat antioksidan tersebut juga dipercaya dapat memperlambat efek penuaan dini.

9. Kualitas serta Kuantitas ASI.

Wortel bisa membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas air susu bagi ibu yang sedang menyusui

10. Menjaga Kesuburan.

Kesuburan adalah salah satu idaman semua pasangan, lebih baik mengkonsumsi jus wortel yang dicampur dengan apel lantaran bisa meningkatkan kesuburan kandungan.

11. Janin dalam kandungan.

Wortel berguna juga untuk janin dalam kandungan lantaran mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya supaya tetap tumbuh sehat.

12. Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil

Terlepas dari manfaat wortel di atas, nyatanya efek pada wortel juga sangat baik untuk ibu hamil.

13. Penglihatan Yang Lebih Baik.

Sumber betakaroten dalam wortel akan diganti oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Jadi tidak mengherankan, bila seseorang teratur mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

15. Sayuran Anti Kanker.

Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk mencegah beragam jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru dan usus besar. Hal ini karena didalam wortel terdapat kandungan falcarinol dan falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.

16. Jantung Yang Lebih Sehat.

Kandungan betakaroten, alfa karoten dan lutein menjadikan wortel begitu di perlukan oleh organ jantung. Hal ini karena berbagai kandungan zat itu akan membuat anda terhindar dari beragam masalah atau serangan jantung.

17. Gigi yang Lebih Sehat Dan Kuat.

Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi serta gusi anda. Ini karena, wortel mempunyai kandungan mineral tertentu yang bisa mencegah rusaknya gigi dari waktu ke waktu.

18. Pencegah Stroke Yang Ampuh.

Wortel mengandung berbagai macam vitamin didalamnya. Dengan teratur mengkonsumsi sayuran wortel diyakini bisa mengurangi serta mencegah penyakit stroke yang dapat mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap.

19. Tampak Lebih Awet Muda.

Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel bisa memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang tampak lebih awet muda walau usia terus bertambah.

20. Pembersih Racun Pada Tubuh.

Kandungan Vitamin A dalam wortel bisa membersihkan organ usus besar dan empedu serta lemak dalam organ hati anda secara alami dan efektif.
Manfaat serta khasiat wortel yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi hingga dapat melindungi mata dari beragam jenis ancaman penyakit. Oleh karena itu, jika anda ingin mempunyai mata yang sehat, perbanyaklah mengkonsumsi sayur wortel.

Manfaat Wortel untuk Kulit

kandungan-gizi-dan-manfaat-wortel-untuk-kesehatan

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan