Home Kesehatan 32 Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan juga Kecantikan

32 Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan juga Kecantikan

SHARE

Manfaat wortel begitu beragam, tidak hanya untuk kesehatan namun dapat juga dipakai untuk berbagai keperluan yang lain, Wortel adalah sayuran yang sangat bermanfaat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, nyatanya mempunyai segudang manfaat lainnya. Tentu saja jika sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara teratur. Sama seperti manfaat buah dan sayuran yang lainnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Wortel adalah salah satu sayuran yang sudah tak asing untuk kebanyakan orang di seluruh penjuru dunia. Dari bentuknya yang memanjang dan warnanya yang sebagian besar oranye atau merah mudah menjadikan wortel salah satu sayuran yang mudah dikenali. Sebagian besar dari kita pasti juga tahu kalau sayuran tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Jadi, makan wortel secara langsung atau dibuat jus dan sayuran sangat disarankan. Tetapi, nyatanya bukan itu saja manafaat wortel untuk tubuh anda. Wortel memiliki banyak sekali manfaat yang belum anda ketahui.

Wortel adalah salah satu sayuran yang mempunyai beraneka nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh seluruh organ tubuh anda. Berdasar pada kenyataan yang sudah terungkap, wortel adalah sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A dalam wortel sangat baik untuk menjaga serta mempertahankah kesehatan tubuh anda.

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dibudidayakan didataran tinggi. Memiliki rasa yang manis serta warnanya yang cerah membuat sayur yang satu ini mempunyai daya tarik tersediri untuk orang-orang. Tidak hanya itu, anda juga dapat membeli sayur ini dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai kandungan gizi didalam wortel juga adalah salah satu alasan orang-orang menyukai sayur wortel. Berbagai kandungan gizi tersebut dapat memberi manfaat pada kesehatan tubuh manusia.

Sebelum menyimak berbagai manfaat wortel, ada baiknya kita mengetahui tentang berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam wortel.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau setengah cangkir wortel cincang bisa dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel mempunyai kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula serta 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel yaitu makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium serta 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini mempunyai kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel mempunyai warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus serta diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Tips Memilih Wortel Yang Sehat

Bila anda sedang memilih wortel, tanyakan pada abang sayur langganan anda apakah wortel itu import atau tidak? pastikan wortel lokal. Wortel import tak menjamin terbebas dari bahan kimia atau lilin yang membuatnya awet dalam perjalanan selama berminggu-minggu. Kandungan zat kimia ini pasti akan merusak sistem yang ada di tubuh kita.

Penyajian Wortel Yang Enak

  • Jus Wortel – Jus beberapa wortel, masukkan susu serta gula dan air sesuai dengan selera, rasanya cukup enak.
  • Dimasak sebagai sayuran, banyak masakan yang memakai wortel seperti cap cai serta sop.
  • Masker – Haluskan wortel, lantas oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat.
  • Manfaat wortel begitu banyak, tak ada salahnya memakainya sebagai sayuran sehat yang perlu ada di kulkas anda.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupakan sayuran yang sangat bagus, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.
Selain tingginya nutrisi, tentu wortel juga adalah sumber kesehatan terpercaya, apa sajakah manfaatnya?

loading...

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

jus-wortel

1. Mengurangi resiko kanker

Di dalam wortel mempunyai kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, diyakini ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan kanker. Riset menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, bisa menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Riset lain juga menunjukkan kalau wortel bisa mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol serta falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol yaitu pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel yaitu salah satu-satunya sumber sayuran yang mempunyai zat ini. Sebuah riset menunjukkan resiko kanker sepertiga lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

2. Menekan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam satu minggu, menurut penilitian universitas Harvard beberapa waktu terakhir, bisa mengurangi kemungkinan kolesterol jahat dalam tubuh, yang bisa menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab penyakit jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia

Sistem imun tubuh bisa diperkuat juga dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Riset menunjukkan mengkonsumsi wortel yang dicampur dengan ketumbar, bisa mencegah virus-virus berbahaya yang menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk dikonsumsi secara bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga serta membuang radikal bebas.

4. Mencegah Stroke

Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan kalau mengkonsumsi 6 wortel dalam satu minggu bisa menekan kemungkinan penyakit stroke di banding dengan orang yang cuma mengkonsumsi 1 buah per bulan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A dirubah didalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang dibutuhkan untuk membuat pengelihatan lebih baik pada malam hari.
Beta-karoten juga bisa melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu permasalahan kesehatan mata yang kerap terjadi pada orangtua. Suatu studi menunjukkan kalau orang yang mengkonsumsi beta-karoten mempunyai resiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

6. Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan serta menyaring ginjal. Walau ahli mengatakan kalau orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tak bisa minum jus, nyatanya lain perihal dengan wortel, sayuran ini begitu ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat wortel pada kulit terdapat pada kandungan vitamin A serta kandungan zat-zat pendukung yang lainnya, yang dapat menjaga kulit supaya tetap cantik serta bercahaya. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Pemakaianya bisa dengan cara langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara teratur, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Wortel adalah salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan akan mencegah radikal bebas yang terkena pada kulit. Manfaat antioksidan tersebut juga dipercaya dapat memperlambat efek penuaan dini.

9. Kualitas serta Kuantitas ASI.

Wortel bisa membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas air susu bagi ibu yang sedang menyusui

10. Menjaga Kesuburan.

Kesuburan adalah salah satu idaman semua pasangan, lebih baik mengkonsumsi jus wortel yang dicampur dengan apel lantaran bisa meningkatkan kesuburan kandungan.

11. Janin dalam kandungan.

Wortel berguna juga untuk janin dalam kandungan lantaran mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya supaya tetap tumbuh sehat.

12. Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil

Terlepas dari manfaat wortel di atas, nyatanya efek pada wortel juga sangat baik untuk ibu hamil.

13. Penglihatan Yang Lebih Baik.

Sumber betakaroten dalam wortel akan diganti oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Jadi tidak mengherankan, bila seseorang teratur mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

15. Sayuran Anti Kanker.

Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk mencegah beragam jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru dan usus besar. Hal ini karena didalam wortel terdapat kandungan falcarinol dan falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.

16. Jantung Yang Lebih Sehat.

Kandungan betakaroten, alfa karoten dan lutein menjadikan wortel begitu di perlukan oleh organ jantung. Hal ini karena berbagai kandungan zat itu akan membuat anda terhindar dari beragam masalah atau serangan jantung.

17. Gigi yang Lebih Sehat Dan Kuat.

Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi serta gusi anda. Ini karena, wortel mempunyai kandungan mineral tertentu yang bisa mencegah rusaknya gigi dari waktu ke waktu.

18. Pencegah Stroke Yang Ampuh.

Wortel mengandung berbagai macam vitamin didalamnya. Dengan teratur mengkonsumsi sayuran wortel diyakini bisa mengurangi serta mencegah penyakit stroke yang dapat mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap.

19. Tampak Lebih Awet Muda.

Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel bisa memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang tampak lebih awet muda walau usia terus bertambah.

20. Pembersih Racun Pada Tubuh.

Kandungan Vitamin A dalam wortel bisa membersihkan organ usus besar dan empedu serta lemak dalam organ hati anda secara alami dan efektif.
Manfaat serta khasiat wortel yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi hingga dapat melindungi mata dari beragam jenis ancaman penyakit. Oleh karena itu, jika anda ingin mempunyai mata yang sehat, perbanyaklah mengkonsumsi sayur wortel.

Manfaat Wortel untuk Kulit

kandungan-gizi-dan-manfaat-wortel-untuk-kesehatan

Manfaat serta khasiat wortel yang berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan gigi. Wortel mengandung kandungan semacam mineral yang dapat melindungi kesehatan gigi kita. Kandungan itu akan membantu anda mencegah serta mengatasi munculnya plak pada gigi.

1. Membuat kulit terlihat bercahaya

Kulit bersih sekaligus bercahaya adalah salah satu dambaan setiap orang, terutama wanita. Penampilan seolah sempurna apabila diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Tetapi, untuk mempunyai kulit seperti yang Anda idamkan, perlu perawatan ekstra serta teratur supaya membuahkan hasil yang manis.

Lakukanlah perawatan dengan cara membuat masker wajah dari wortel yang dicampurkan dengan madu. Jangan lupa ditambah dengan mengkonsumsi wortel, Anda dapat makan begitu saja atau dijadikan jus, keduanya sama-sama bermanfaat. Mengkonsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. Alasannya lantaran wortel sarat akan vitamin C serta antioksidan yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya.

2. Bisa menenangkan kulit wajah selepas bekerja

Membiarkan wajah sangat lama terkena paparan sinar matahari adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, tentu Anda pernah merasa kulit wajah seolah tak nyaman tidak lama sesudahnya. Perasaan itu ada karena kulit wajah tegang, kotor, berdebu, serta lelah akibat sepanjang hari dibiarkan terkena pancaran sinar matahari.

Selepas bekerja, sempatkan sedikit waktu Anda untuk memberi perhatian lebih pada wajah. Manfaatkanlah facial spray yang terbuat dari wortel, berikut ini langkahnya :

  • Ambilah satu buah wortel, bersihkan dengan mengiris sedikit bagian kulitnya sampai kotoran yang melekat terangkat.
  • Blender hingga jadi pasta yang cukup kental, jangan lupa berikanlah sedikit air sebelum diblender.
  • Campurkan pasta wortel ke dalam air mawar secukupnya, aduk sampai larut.
  • Masukkan ke dalam botol semprot yang telah dibersihkan.
  • Semprotkan langsung cairan yang telah Anda buat dengan mencampurkan wortel serta air mawar.

3. Dapat melembabkan wajah

Manfaat wortel untuk kulit wajah, yaitu dijadikan pelembab alami. Anda belum tahu bagaimana caranya membuat masker wortel untuk melembabkan wajah? Dibawah ini panduan membuatnya.
Bahan yang perlu disiapkan :

  • Parut satu wortel bersih, ambil sebanyak 2 sendok teh.
  • Madu murni dan susu krim satu sebanyak 1 sendok teh.
  • Minyak zaitun secukupnya, karena hanya digunakan beberapa tetes.

Proses pembuatan krim wajah :

  • Letakkan parutan wortel ke dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan semua bahan, lalu lumatkan dengan satu tangan yang telah dilapisi plastik steril.

Cara menggunakan :

  • Basahi permukaan kulit wajah dengan air hangat, sedikit dipijat supaya pori-pori terbuka. Keringkan sebentar dengan menepuk pakai tangan.
  • Aplikasikan masker wortel yang telah jadi secara rata, diamkan 10-15 menit.
  • Bersihkan dengan cara memercikkan air dingin sedikit demi sedikit sambil dibersihkan masker yang menempel pada wajah.
  • Keringkan dengan cara menepuk kedua tangan secara lembut.

4. Memberi efek penyembuhan luka

Wortel menawarkan dampak mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Hal ini karena sifat anti-inflamasi pada wortel dapat merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit. Anda dapat memarut wortel mentah, lalu tutupi luka dengan parutan wortel. Lakukan pengobatan ini dengan teratur supaya Anda tahu kalau wortel memang dapat dimanfaatkan sebagai penyembuhan luka.

5. Mengobati berbagai penyakit kulit

Wortel bisa dipakai untuk mencegah sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit yang menyerang kulit, seperti jerawat, ruam merah, dermatitis atau radang kulit, serta penyakit kulit lain yang terjadi lantaran defisiensi vitamin A.

Kandungan antioksidan yang bertugas menangani semua penyakit itu. Namun Anda tak diperbolehkan untuk makan wortel berlebihan karena justru akan membahayakan kesehatan kulit, seperti permukaan kulit yang warnanya berubah menjadi oranye kekuningan.

6. Mengatasi kulit kering

Kulit kering adalah permasalahan klasik yang umum dihadapi oleh kaum pria, tetapi tak menutup kemungkinan kaum wanita juga merasakannya. Kekurangan kalium adalah salah satu faktor penyebab kulit menjadi kering.

Wortel menjadi solusi yang menawarkan kalium untuk kulit. Dengan asupan kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab serta kenyal. Bila Anda mengalami dehidrasi, jus wortel juga dapat menghidrasi tubuh dengan efektif.

7. Berguna sebagai pemblokir sinar matahari

Banyak produk sun-block yang memakai wortel sebagai campuran bahan atau komposisinya. Dari sini Anda tentu sangat yakin kalau wortel secara alami memberi dampak sebagai pemblokir sinar matahari.

Bila Anda ingin merasakan manfaat wortel yang satu ini, jangan gunakan pemakaian luar. Sebelum beraktivitas, buat secangkir jus wortel segar. Kandungan antioksidan dan beta-karotennya akan diubah menjadi vitamin A dan hal ini yang akan membantu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari.

8. Memelihara elastisitas kulit

Vitamin C dalam wortel bisa mengoptimalkan produksi kolagen yang sangat dibutuhkan tubuh. Kolagen sendiri adalah sejenis protein yang berperan untuk melindungi elastisitas kulit. Dengan terjaganya elastisitas kulit, maka permasalahan seperti keriput akan dapat dicegah.

9. Menyingkirkan noda pada wajah

Noda pada wajah dapat muncul disebabkan jerawat yang membekas atau sering juga disebut flek hitam. Masalah kecantikan ini bisa disingkirkan dengan bantuan wortel yang secara efektif dapat membersihkan noda yang menempel pada kulit. Caranya dapat dengan menerapkan bubur wortel pada wajah, lakukan secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu.

10. Mengurangi rambut rontok

Wortel sarat akan vitamin A serta karotenoid sebagai agen penyubur rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar lantaran semua vitamin yang terdapat dalam wortel bekerja sama memberi efek menyehatkan untuk rambut.

11. Merangsang pertumbuhan rambut

Hormon akan mempengaruhi pertumbuhan rambut setiap orang. Sayangnya, tak semua orang memiliki hormon yang secara sempurna mendorong pertumbuhan rambut yang stabil, ada beberapa orang yang mengalami ketipisan rambut serta bahkan juga kebotakan.

Wortel dapat merangsang pertumbuhan rambut serta buat rambut jadi tebal sekaligus lebat. Hal ini karena kandungan vitamin A dan E pada sayuran menyehatkan ini bisa membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Konsumsilah sayur atau jus wortel dengan teratur supaya rambut Anda menjadi sehat serta terbebas dari beragam permasalahan.

12. Mengembalikan kilau rambut

Vitamin A dalam wortel memiliki berperan dalam mengilaukan rambut, caranya yaitu membuat rambut berwarna hitam pekat supaya terlihat lebih bercahaya. Karena Vitamin A menjadi vitamin penting untuk rambut, Anda dapat memenuhi kebutuhan itu dengan mengkonsumsi wortel. Dengan begini, Anda tak harus mengkonsumsi suplemen vitamin A

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan