4 Fakta Timnas Korea Utara yang Diam-Diam Segahar Rudal Kim Jong Un

Posted on

Bila mendengar mengenai Korea Utara pastinya yang terbayang di pikiran kita ya Kim Jong Un dan segala alusistanya. Itu bukan hal yang aneh sih mengingatĀ  negara ini selalu terlibat konflik, entah itu dengan Korsel ataupun Amerika. Jadi wajar, saat ini Korut lagi gencar bangun kekuatan militer sebesar-besarnya.

Namun di balik segala kemiliterannya itu, kita mungkin lupa di negara ini juga punya timnas sepak bola. Ya, jarang ada yang mendengar bahwa timnas milik Kim Jong Un ini menjadi salah satu club yang paling disegani di dunia. Buktinya, timnas kita tidak pernah diberi kesempatan menang sekali pun oleh mereka, bahkan dibuat kalah telak. 4-0. Lalu seberapa gahar sih para pasukan Jong Un di lapangan hijau itu? Simak ulasan berikut.

Timnas lama Korut tidak segarang nuklir dan rudalnya

Meskipun timnas Korut saat ini masuk dalam jajaran klub sepak bola yang lumayan dipandang oleh dunia, namun ternyata dulu mereka memiliki masa lalu yang kelam. Bahkan, hampir tidak ada prestasi gemilang yang pernah ditorehkan dari timnas milik Kim Jong Un ini.

timnas korut [image source]

Bayangkan saja dalam salah satu ajang sepak bola di Afrika Selatan, bersama Jepang dan Korsel, timnas korut menduduki peringkat terendah 105 berdasarkan rangking yang dibuat oleh FIFA. Sedangkan untuk jenjang Piala Dunia, Korut sempat dua kali mengikutinya dan harus lengser dalam penyisihan grup awal saja. Jadi bukan hal yang aneh kalau timnas negara ini dulu sering dianggap remeh dunia.

Hukuman yang menanti para pemain serta timnas yang gagal

Bukan Korut namanya kalau tidak menerapkan aturan nyeleneh. Ya, rupanya saat ajang piala dunia 2010, kekalahan telak harus mereka terima. Bayangkan saja, dalam penyisihan grup saja, mereka sudah dibuat malu dengan menduduki peringkat terendah kelasemen. Belum lagi saat Korut dibantai habis-habisan oleh Brazil 7-0, pastinya sangat malu dibuatnya.

Kim Jong Un dan klub bola [image source]

Dilansir dari detik, alhasil para pemain dan pelatih yang gagal itu mendapatkan hukuman berupa penghinaan depan umumĀ  selama 4 jam. Belum lagi beberapa dari mereka akhirnya disuruh melakukan kerja paksa untuk menebus kesalahannya. Bahkan tak jarang para atlet ini sampai bertolak ke Jepang saking takutnya kembali ke negaranya.

Awal mula Korut menjadi sebuah mimpi buruk

MeskipunĀ  memiliki timnas lama yang dibilang ecek-ecek, ternyata club sepak bola yang ada di Korea Utara tidak bisa diremehkan. Diberi julukan 4.25 SC, club yang memiliki nama asli April 25 ini sempat dijuluki sebagai club kejutan karena berhasil menjadi kuda hitam di liga negaranya. Pasalnya, sudah sangat banyak prestasi yang mereka torehkan. Salah satunya adalah kemenangan mereka atas Mongolia 8-0 yang akhirnya membuat April 25 menjadi jawara di grup I AFC.

April 25 vs Bengalu [image source]

Uniknya para pemain April 25 ini bukanlah para atlet biasa melainkan para militer yang dikhususkan untuk menjadi pemain sepak bola. April 25 sendiri pernah berhadapan dengan club Indonesia Pelita Jaya meskipun mereka akhirnya mengalami kekalahan. Nah club April 25 ini juga dijuluki sebagai “miniatur” karena dari sanalah kebanyak pemain timnas diambil.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan