4 Perayaan Super Aneh di Dunia yang Diselenggarakan Agar Hasil Panen Melimpah

Posted on

Bagi negara agraris, hasil panen yang melimpah adalah hal yang ditunggu-tunggu. Gimana enggak? Para rakyatnya sudah pasti bergantung pada hasil bercocok tanam sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya hidup. Kalau hasil panen mereka kacau, wah berabe jadinya.

Namun, semuanya tetap kehendak Tuhan. Sekeras apapun manusia berusaha, kalau Tuhan berkata tidak ya mau gimana lagi. Ada masanya manusia mengalami gagal panen oleh karena beberapa hal, tapi Tuhan nggak mengubah nasib manusia tanpa usaha sebelumnya. Beberapa orang bahkan rela melakukan hal yang konyol agar panen melimpah. Salah satunya adalah dengan menikahi buaya. Widih. Selain itu apa lagi ya?

1. Wali Kota Meksiko Rela Menikah dengan Buaya

Tradisi menikahi buaya ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Berawal dari 2 kubu suku yang bertentangan, yaitu Chontales dan Huaves. Mereka menganggap kelompok masing-masing mampu mendatangkan hasil yang melimpah saat musim panen.

Menikahi buaya [image source]

Tak dinyana putra dan putri raja kedua suku tersebut saling jatuh cinta dan menikah. Hingga saat ini wali kota kota San Pedro dianggap mewakili putra raja suku Chontales dan buaya dianggap perwujudan putri raja Huaves.

2. Berburu Nyale Atau Cacing di Sumba, Indonesia

Berburu rusa atau hewan lainnya di hutan merupakan kegiatan yang sangat menantang, tapi bagaimana kalau berburu nyale atau cacing di tepi pantai? Kayaknya nggak cuma menantang aja, tapi juga sebagai penentu panen tahun ini gagal ataukah sukses. Berburu nyale ini dilakukan di Sumba.

Menangkap nyale [image source]

Penduduk Sumba berkumpul di tepi pantai saat bulan purnama, di mana ketika cacing di pantai bermunculan. Pemuka suku atau Rato akan menangkap beberapa cacing dan kemudian bentuk cacing yang didapat akan dibahas pada majelis Rato. Jika cacing yang didapat gemuk-gemuk, makan panen tahun tersebut akan melimpah, jika kurus-kurus yang terjadi adalah sebaliknya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan