Home Ragam 5 Cara Belajar Berenang dengan Baik dan Benar

5 Cara Belajar Berenang dengan Baik dan Benar

SHARE

Belajar cara berenang bagusnya memang sudah mulai usia 3-7 tahun, lalu pada usia 10-12 tahun adalah usia untuk spesialisasi atau pandai dalam berenang. Lalu jika ingin menjadikan renang sebagai profesi, capaian puncak ada direntang usia 16-18 tahun.

Tapi setidaknya kita ingin pandai berenang sebagai keahlian. Dan usia 3-7 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Renang adalah kegiatan yang dilakukan dalam air. Melakukan kegiatan air tentu berbeda dengan kegiatan di darat. Belajar berenang pun membutuhkan cara yang berbeda terutama untuk pemula atau yang baru belajar renang, baik anak-anak maupun dewasa.

Sebelum belajar berenang dengan berbagai macam gaya, pertama kali yang perlu dilakukan adalah mempelajari dasar-dasar renang, yaitu bagaimana cara mengatur napas ketika di dalam air; bagaimana mengapung; dan meluncur di atas air.

Menghirup udara adalah bagaimana mengatur proses pengambilan udara (menghisap udara di atas permukaan air), dan mengeluarkan udara di udara atau di dalam air. Proses pernapasan ini bukanlah hal yang mudah. Dalam proses pembelajaran, latihan seringmembosankan. Latihan pernapasan dapat ditingkatkan dengan jalan mengatur iramapernapasan. Waktu menghirup udara yang dilakukan dengan cepat dan pengeluarandapat dilakukan dengan irama lambat mengambil udara.

Keterampilan selanjutnya adalah cara mengapung. Mengapung di air adalah modal dasar untuk bisa berenang dengan baik. Membuat posisi tubuh mengapung di atas air perlu terus-menerus dilakukan. Posisi tubuh mengapung dapatdibedakan menjadi tiga jenis posisi. Posisi tegak, tengkurap, dan telentang. Dan kemampuan tubuh terapung ini berkaitan dengan kandungan lemak. Orang yang memiliki banyak lemak di tubuh akan memiliki daya apung lebih baik.

Meluncur dengan cepat merupakan faktor penting yang harus dikuasai selanjutnya dalam belajar berenang. Cara berenang dengan gerakan meluncur dapat dilakukan secara baik jika hambatan ke depan semakin kecil. Hambatan meluncur tergantung pada posisi tubuh yang membentuk sudut dengan permukaan air. Semakin besar sudut (mendekati 90 derajat), semakin besar rintangan yang ada. Kemampuan berenang tidak hanya untuk meluncur, tetapi juga mempertahankan daya apung.

Pada taap akhir belaar berenang adalah belajar gaya-gaya berenang. Dan masing-masing gaya memiliki perbedaan pada teknik gerakan. Karena unsur gerak dikolam  sangat kompleks. Oleh karena itu, belajar berenang perlu memperhatikan pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik individu.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang dasar-dasar yang perlu dilakukan dalam belajar berenang untuk pemula:


1. Mengenal kolam renang


cara belajar berenang
  • Rendam tubuh sampai leher, kemudian pelan-pelan basuh dan basahi  wajah dengan kedua tangan berulang kali.
  • Duduk di bagian bawah kolam, dengan kepala di atas permukaan air,  kedua telapak tangan berada di samping kiri kanan paha.
  • Lakukan lompatan kecil menggunakan kedua kaki yang rapat, lakukan berulang-ulang.

2. Berjalan


cara berenang
  • Kaki dengan lutut ditekuk dan lengan diayun di dalam air. Lakukan ke arah depan secara berulang-ulang
  • Berjalan biasa menuju bagian depan dan belakang, lakukan berulang-ulang dengan berpasangan.
  • Berjalan dengan langkah panjang dan pendek ke depan dan ke belakang. Lakukan ini sediri secara berulang-ulang.
  • Berjalan ke depan dengan gerakan kaki menendangkan, lakukan berulang-ulang.

3. Bernapas


belajar napas belajar berenang
  • Bungkukkan badan ke depan, lalu dagu berada di bawah permukaan air, tiup udara dengan mulut sehingga ada seperti riakan di air hasil dari tiupan
  • Tiup bola pingpong di permukaan, lakukan terus menerus saat dengan berjalan membungkuk
  • Hirup udara sedalam-dalamnya dengan mulut terbuka ¾, lalu masukkan wajah ke bawah permukaan air, tiupkan udara di dalam air dengan membuka mulut setengah, lakukan berulang kali
  • Lakukan gerakan bernapas naik turun ke atas dan ke bawah permukaan air sebanyak 5-10 kali dengan mata setengah dibuka.
  • Tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan melalui mulut dan hidungsedikit demi sedikit sambil menyelam selama  5 detik. Lalu bagaimana untuk menghilangkan udara di air? Ada dua cara, yaitu dengan sedikit sedikit atau secara bersamaan (eksplosif).

4. Belajar berenang dasar – mengapung


mengapung berenang
Hukum mempelajari berkaitan dengan Archimides mengapung
  • Float diri penyelamatan keterampilan latihan sangat penting di dalam air. Kemampuan untuk mengapung di dia kembali dan wajah-down dalam posisi yang sangat penting dalam pembentukan rasa percaya diri.
  • Saling berhadapan dengan mitra, condong badan maju perlahan-lahan membuka kedua kaki dan lengan, sehingga itu mengapung seperti bentuk bintang. Mitra kami menyediakan bantuan dengan menyambut telapak tangannya ketika mengalami masalah, maka lakukan latihan seperti itu.

 


5. Meluncur


belajar berenang meluncur
  • Badan berdiri tegak dan kedua tangan lurus dirapatkan ke atas
  • Bungkukkan badan ke depan dan dada sampai mengenai permukaan air
  • Tolakkan satu kaki ke dinding tembok kolam renang, jaga sikap meluncur sampai berhenti
  • Ulangi latihan ini delapan kali. Lakukan  terus-menerus sampai lancer dan mahir
  • Pada saat tubuh meluncur, keseimbangan tubuh terjadi ketika titik gaya berat dan gaya apung berada pada satu garis lurus

 

SHARE