belajar-2Bberenang2

5 Cara Belajar Berenang dengan Baik dan Benar

Posted on

Belajar cara berenang bagusnya memang sudah mulai usia 3-7 tahun, lalu pada usia 10-12 tahun adalah usia untuk spesialisasi atau pandai dalam berenang. Lalu jika ingin menjadikan renang sebagai profesi, capaian puncak ada direntang usia 16-18 tahun.

Tapi setidaknya kita ingin pandai berenang sebagai keahlian. Dan usia 3-7 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Renang adalah kegiatan yang dilakukan dalam air. Melakukan kegiatan air tentu berbeda dengan kegiatan di darat. Belajar berenang pun membutuhkan cara yang berbeda terutama untuk pemula atau yang baru belajar renang, baik anak-anak maupun dewasa.

Sebelum belajar berenang dengan berbagai macam gaya, pertama kali yang perlu dilakukan adalah mempelajari dasar-dasar renang, yaitu bagaimana cara mengatur napas ketika di dalam air; bagaimana mengapung; dan meluncur di atas air.

Menghirup udara adalah bagaimana mengatur proses pengambilan udara (menghisap udara di atas permukaan air), dan mengeluarkan udara di udara atau di dalam air. Proses pernapasan ini bukanlah hal yang mudah. Dalam proses pembelajaran, latihan seringmembosankan. Latihan pernapasan dapat ditingkatkan dengan jalan mengatur iramapernapasan. Waktu menghirup udara yang dilakukan dengan cepat dan pengeluarandapat dilakukan dengan irama lambat mengambil udara.

Keterampilan selanjutnya adalah cara mengapung. Mengapung di air adalah modal dasar untuk bisa berenang dengan baik. Membuat posisi tubuh mengapung di atas air perlu terus-menerus dilakukan. Posisi tubuh mengapung dapatdibedakan menjadi tiga jenis posisi. Posisi tegak, tengkurap, dan telentang. Dan kemampuan tubuh terapung ini berkaitan dengan kandungan lemak. Orang yang memiliki banyak lemak di tubuh akan memiliki daya apung lebih baik.

Meluncur dengan cepat merupakan faktor penting yang harus dikuasai selanjutnya dalam belajar berenang. Cara berenang dengan gerakan meluncur dapat dilakukan secara baik jika hambatan ke depan semakin kecil. Hambatan meluncur tergantung pada posisi tubuh yang membentuk sudut dengan permukaan air. Semakin besar sudut (mendekati 90 derajat), semakin besar rintangan yang ada. Kemampuan berenang tidak hanya untuk meluncur, tetapi juga mempertahankan daya apung.

Pada taap akhir belaar berenang adalah belajar gaya-gaya berenang. Dan masing-masing gaya memiliki perbedaan pada teknik gerakan. Karena unsur gerak dikolam  sangat kompleks. Oleh karena itu, belajar berenang perlu memperhatikan pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik individu.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang dasar-dasar yang perlu dilakukan dalam belajar berenang untuk pemula:


1. Mengenal kolam renang


cara belajar berenang
  • Rendam tubuh sampai leher, kemudian pelan-pelan basuh dan basahi  wajah dengan kedua tangan berulang kali.
  • Duduk di bagian bawah kolam, dengan kepala di atas permukaan air,  kedua telapak tangan berada di samping kiri kanan paha.
  • Lakukan lompatan kecil menggunakan kedua kaki yang rapat, lakukan berulang-ulang.

2. Berjalan