Header Ad

5 Fakta Uang Salah Cetak dan Nomor Seri Cantik yang Harganya Melejit

November 10, 2017
12 Views

Kita mungkin sudah akrab dengan jual beli uang kuno yang bisa dihargai jutaan rupiah. Memang sih terlihat menguntungkan, namun masalahnya adalah mencari uang tersebut yang susahnya bukan main. Meskipun dapat, mungkin saja keadaannya sudah tidak karuan, sehingga kolektor mungkin enggan untuk membelinya.

Jangan berkecil hati, pasalnya kadang uang baru pun mempunyai nilai jual yang luar biasa mahal. Namun tidak sembarangan, melainkan ada aturan khusus, semisal nomor yang berurutan hingga cetakan yang salah. Lalu uang seperti apa saja sih yang buat para kolektor jadi rela merogoh kocek puluhan juta itu? Simak ulasan berikut.

Merebaknya pemburu nomor seri cantik di kalangan Numismatis

Jarang diketahui, namun hobi mengumpulkan uang kuno unik atau sering disebut numismatis ini memang ada di masyarakat. Biasanya para numismatis juga merupakan seorang filateli atau pengumpul perangko lama.  Nah, bicara mengenai para pengumpul uang ini, beberapa waktu yang lalu mereka menjadi viral kembali di dunia maya.

Hal ini lantaran menyebarnya beberapa video di youtube yang mengatakan kalau mereka sedang berburu uang dengan nomor seri yang cantik. Tidak tanggung-tanggung, para kolektor ini berani membayar puluhan juta rupiah untuk perlembarnya. Entah benar atau tidak, namun pemilik akun sudah memberikan nomor pribadi untuk dihubungi.

Angka cantik mempengaruhi nilai jual dari sebuah uang

Percaya atau tidak, namun para kolektor ini sedang berburu uang dengan nomor seri yang unik. Semisal, seri dengan digit angka sama atau huruf sama bisa laku berkali-kali lipat dari biasa. Atau kalah tidak  huruf dan digit angka yang berurutan juga mempengaruhi harga jual dari uang tersebut. Nah apalagi kalau baik huruf serta pun digit dari uang tersebut keduanya berurutan atau sama semua.

angka cantik uang [image source]

Semisal, uang dengan seri ABC123456 atau AAA111111 pastinya bisa dijual dengan harga jutaan rupiah. Keunikan angka yang ada dalam nomor seri uang ini biasa disebut dengan “Solid number” oleh para kolektor.  Meskipun begitu, perlu diperhatikan masalah kualitas uang yang ada. Pasalnya jika memang memenuhi semua kriteria itu namun sudah tidak jelas terlihat karena lecek, pastinya bakal menurunkan nilai jualnya.

Makin lama dan langkah, bisa tambah mahal dijualnya

Masalah nomor seri cantik  ini ternyata berlaku pada semua uang baik lama atau pun baru. Namun demikian, ada perbedaan harga dari masing-masing uang tersebut. Ya, untuk uang yang baru mungkin harganya tidak semahal yang lama lantaran ragamnya masih banyak ditemukan zaman sekarang mungkin bisa sampai dua atau sepuluh kali lipat harga asli.

uang lama bisa mahal [image source]

Namun bakal lain lagi buat uang-uang lama yang mungkin bisa sampai puluhan juta lantaran memang sudah langkah dan tidak dicetak lagi. Tapi kembali lagi, para kolektor bakal memberikan pertimbangan lain berdasarkan kualitas uang yang rusak atau tidak.

Kesalahan dalam percetakan uang dianggap barang mahal

Umumnya dalam produksi suatu barang, jika terjadi kesalahan dalam pembuatannya maka akan mengurangi harga dari produk tersebut. Namun hal itu justru terjadi berkebalikan pada masalah uang ini. Pasalnya salah cetak ataupun potong uang adalah hal yang langkah.

uang salah cetak [image source]

Oleh sebab itu beberapa kolektor siap membayar mahal untuk alat pembayaran yang sering dianggap “cacat” tersebut. Bahkan di Inggris, satu koin uang salah cetak diburu kolektor dalam pelelangan dengan harga sampai 150 juta rupiah. Kesalahan yang malah bikin untung.

Uang unik Indonesia yang laku  90 juta rupiah

Siapa sangka rekor yang Indonesia dengan nomor seri unik ini pernah laku dengan harga luar biasa mahal. Tepatnya di salah satu situs jual beli online dunia e-Bay, salah satu penjual  online menawarkan uangnya dengan harga sampai 90 juta. Hal ini dikarenakan memang dalam uang seribuan bergambar pahlawan Indonesia Patimura ini memiliki kombinasi angka dan huruf cantik.

uang seribu mahal [image source]

Ya di sana bertuliskan QQQ888888, yang akhirnya berkali-kali ditawar oleh pelanggan di situs tersebut. Sayangnya siapa sangka kalau pemilik akun ini malah bukan orang Indonesia sendiri, melainkan berasal dari negara tetangga Singapura.

Ya, kita tidak pernah menyangka kalau uang yang mungkin selalu ada di sekitar kita bisa saja dijual dengan  harga yang luar biasa. Mungkin dengan ini kita jadi bisa lebih awas, siapa sangka dalam transaksi sehari-hari ada uang unik seperti itu. Lumayan kan bisa bikin tajir.

 

sumber

You may be interested

Buzz
2 views

Mengintip Pendapatan dan Harta “Papa” yang Ternyata Bisa Buat Naik Haji Orang Tiga Kampung

Lahiya - November 17, 2017

Lagi, Setya Novanto menjadi topik perbincangan hangat oleh publik. Hal itu lantaran saat pemanggilan dirinya oleh KPK kemarin,  namun sayang…

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup

Lahiya - November 17, 2017

Menjadi orang Indonesia pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah stereotype atau generalisasi. Contohnya saja cara kita memandang seorang manajer…

Buzz
4 views

5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan

Lahiya - November 17, 2017

Selain mendaki gunung, cara untuk merasa lebih dekat dengan alam bisa dilakukan dengan berdiri di tempat tinggi, misalnya rumah pohon.…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan