SHARE

Bullying merupakan perilaku kasar terhadap seseorang untuk mempermalukan orang lain. Kebiasaan buruk itu tentu akan merugikan semua orang jika tidak segera ditangani dengan baik.

Biasanya bullying ini dilakukan untuk mempersepsikan dirinya lebih kuat. Dengan maksud mengerjai, membahayakan fisik, mental atau emosional melalui pelecehan dan penyerangan.

Tak sedikit kasus bullying di Tanah Air yang menimbulkan trauma, luka, bahkan hingga merenggut nyawa.

Terkadang para bullies ini tak sadar kalau perilakunya ini memberikan dampak buruk bagi perkembangan jiwa korbannya. Tentunya hal ini sangat meresahkan para orang tua. Karena kasus bullying ini umumnya anak-anak dibawah umur yang masih sekolah.

Berikut aksi bullying yang paling kontroversial di Indonesia.

1. Siswi SMPN 273 Jakarta – Juli 2017

Kasus bullying yang baru-baru terjadi adalah siswi SMPN 273 Jakarta pada Juli 2017. Diketahui kejadian bullying itu terjadi di Thamrin City, Jakarta Pusat, dilansir dari akun Instagram @lambe_turah.

Dalam video yang tengah viral di media sosial tersebut tampak sekelompok siswa dan siswi mengenakan seragam sekolah SMP yang sedang membully seorang siswi.

Siswi yang mengenakan seragam putih-putih tampak terpojok dikelilingi siswa dan siswi lainnya. Seorang siswi tiba-tiba menjambak rambut korban hingga terjatuh. Siswa lain juga ikut menjambak dan memukul kepala siswi tersebut.

Bukannya memisahkan, sejumlah siswa-siswi yang menonton malah meminta agar korban mencium tangan dua orang yang mem-bully dia. Lebih parahnya siswi yang dibully tersebut disuruh untuk mencium kaki para pembully.

2. Siswa SDN 07 Pagi Kebayoran lama -September 2015

Siswa SD Negeri 07 Pagi Kebayoran Lama Utara di Kebayoran Lama berinisial NAA meninggal dunia di tangan teman sekelasnya berinisial R pada Jumat (18/09/2015). Bocah berusia 8 tahun itu tewas akibat beberapa luka di bagian kepala dan dada setelah perkelahian terjadi dengan R.

Diketahui pelaku memukul di bagian dada dan menendang bagian kepala hingga korban terjatuh. Sehingga mengakibatkan luka di kepala bagian belakang dan dada.

3. Siswi SMP N 4 Binjai, Sumut Siksa Teman – September 2015

Pada tahun 2015 silam juga beredar video seorang siswi SMPN 4 Binjai yang membully temannya. Dalam video tersebut tak hanya kekerasan fisik saja, tapi juga terdapat kata-kata makian yang sangat kasar dan tak pantas.

4. Ulang Tahun Berakhir Petaka

Diketahui seorang pemuda yang berusia 28 tahun tengah mendapat kejutan ulang tahun rekan-rekannya. Awalnya pemuda yang bernama Sandy digiring menuju lapangan. Ternyata Sandy malah diikat di tiang lampu yang mengandung aliran listrik. Tak hanya itu, pemuda ini juga diguyur dengan air.

Sontak hal itu pun membuat tubuh Sandy kejang-kejang karena kesetrum. Namun sayang, nyawanya tak bisa diselamatkan.

5. Junior SMAN 3 Setiabudi Jakarta – April 2016

Pada tahun 2016 terdapat enam siswi kelas XII menjadikan kepala adik kelas sebagai asbak rokok, dan menumpahkan minuman. Tak hanya itu, mereka juga memerintahkan junior merokok dengan bra di luar seragam.

Loading...
Loading...