5 Kelakuan Religius Driver Ojek Cukup “Menampar” Kita yang Sering Mengesampingkan Perintah Tuhan

Posted on

Kalau bicara soal driver online kita selalu disuguhi kisah percintaan atau kalau tidak ya aksi nyeleneh yang sering mereka lakukan. Mungkin itu pula yang menjadi daya tarik driver ojek sehingga sangat akrab dengan masyarakat.  Bisa dibilang kalau para driver online ini selalu dekat di hati.

Namun di balik semua itu, masih ada kisah lain yang mungkin jarang kita dengan dari para driver online. Ya, apalagi kalau bukan cerita mengenai sisi religius yang memang jarang sekali dibicarakan oleh khalayak umum. Mungkin dari sosok mereka yang sangat sederhana ini kita bakal belajar sesuatu darinya. Berikut ulasan lengkapnya.

Di mana pun dan kapan pun tidak akan pernah lupa dengan Al-Quran

Memang sejatinya kitab suci Al-Quran diturunkan ke dunia sebagai petunjuk bagi pemeluk agama Islam agar bisa mengikuti tuntunan-Nya. Namun sayang, jangankan diamalkan, kadang dibaca hanya satu lembar pun kita sering lalai melakukannya. Dengan dalih kesibukan dan segala macamnya, kitab suci malah diabaikan dengan kepentingan lain.

Ojek baca alquran

Namun beberapa waktu yang lalu driver ojek online rupanya melakukan hal yang  “menampar” kita mengenai memperlakukan Al-Quran itu. Ya, disela-sela kesibukannya dalam mencari nafkah, rupanya masih banyak dari mereka yang menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran. Sungguh dalam peristiwa seperti ini kita mungkin mesti lebih banyak belajar dari mereka.

Tidak pernah melupakan sholat di mana pun berada

Sejatinya yang namanya sholat adalah sebuah ibadah wajib yang memang harus dikerjakan oleh seorang muslim. Namun lantaran ada satu dan beberapa alasan, saat adzan berkumandang kadang kewajiban seperti itu jadi ditunda-tunda. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang dilakukan oleh beberapa driver ojek, alih-alih menunda, mereka bahkan sampai datang di awal waktu sebelum adzan berkumandang.

tidak lupa ibadah

Sedangkan driver lainnya, malah sholat di tempat umum lantaran waktu tidak memungkinkan. Ya, sebagai manusia yang baik beberapa driver ojek ini menunjukkan tauladan yang baik, lebih mendahulukan sang pencipta dari pada ciptaannya.

Menghormati mereka yang lebih tua dan berkebutuhan khusus

Zaman sekarang memang sepertinya yang namanya sopan santun dan tata krama seolah mulai hilang dari masyarakat. Ya, jangankan bertindak sopan, anak muda sekarang mengumpat pun adalah hal yang biasa. Nah rupanya kita mesti mencontoh para driver ojek online.

tata krama ojek

Ya, pasalnya beberapa netizen sempat mengabadikan gambar mereka saat menunjukkan tata krama dan kebaikan mereka pada orang yang membutuhkan. Sebelumnya sempat viral seorang driver ojek yang membantu pria yang duduk dengan kursi roda. Tidak selang lama, muncul lagi foto mengenai driver ojek yang membantu nenek tua berjalan. Sebuah pemandangan yang mungkin jarang lagi kita temui di zaman ini.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan