Header Ad

5 Kelakuan Religius Driver Ojek Cukup “Menampar” Kita yang Sering Mengesampingkan Perintah Tuhan

October 25, 2017
21 Views

Kalau bicara soal driver online kita selalu disuguhi kisah percintaan atau kalau tidak ya aksi nyeleneh yang sering mereka lakukan. Mungkin itu pula yang menjadi daya tarik driver ojek sehingga sangat akrab dengan masyarakat.  Bisa dibilang kalau para driver online ini selalu dekat di hati.

Namun di balik semua itu, masih ada kisah lain yang mungkin jarang kita dengan dari para driver online. Ya, apalagi kalau bukan cerita mengenai sisi religius yang memang jarang sekali dibicarakan oleh khalayak umum. Mungkin dari sosok mereka yang sangat sederhana ini kita bakal belajar sesuatu darinya. Berikut ulasan lengkapnya.

Di mana pun dan kapan pun tidak akan pernah lupa dengan Al-Quran

Memang sejatinya kitab suci Al-Quran diturunkan ke dunia sebagai petunjuk bagi pemeluk agama Islam agar bisa mengikuti tuntunan-Nya. Namun sayang, jangankan diamalkan, kadang dibaca hanya satu lembar pun kita sering lalai melakukannya. Dengan dalih kesibukan dan segala macamnya, kitab suci malah diabaikan dengan kepentingan lain.

Ojek baca alquran

Namun beberapa waktu yang lalu driver ojek online rupanya melakukan hal yang  “menampar” kita mengenai memperlakukan Al-Quran itu. Ya, disela-sela kesibukannya dalam mencari nafkah, rupanya masih banyak dari mereka yang menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran. Sungguh dalam peristiwa seperti ini kita mungkin mesti lebih banyak belajar dari mereka.

Tidak pernah melupakan sholat di mana pun berada

Sejatinya yang namanya sholat adalah sebuah ibadah wajib yang memang harus dikerjakan oleh seorang muslim. Namun lantaran ada satu dan beberapa alasan, saat adzan berkumandang kadang kewajiban seperti itu jadi ditunda-tunda. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang dilakukan oleh beberapa driver ojek, alih-alih menunda, mereka bahkan sampai datang di awal waktu sebelum adzan berkumandang.

tidak lupa ibadah

Sedangkan driver lainnya, malah sholat di tempat umum lantaran waktu tidak memungkinkan. Ya, sebagai manusia yang baik beberapa driver ojek ini menunjukkan tauladan yang baik, lebih mendahulukan sang pencipta dari pada ciptaannya.

Menghormati mereka yang lebih tua dan berkebutuhan khusus

Zaman sekarang memang sepertinya yang namanya sopan santun dan tata krama seolah mulai hilang dari masyarakat. Ya, jangankan bertindak sopan, anak muda sekarang mengumpat pun adalah hal yang biasa. Nah rupanya kita mesti mencontoh para driver ojek online.

tata krama ojek

Ya, pasalnya beberapa netizen sempat mengabadikan gambar mereka saat menunjukkan tata krama dan kebaikan mereka pada orang yang membutuhkan. Sebelumnya sempat viral seorang driver ojek yang membantu pria yang duduk dengan kursi roda. Tidak selang lama, muncul lagi foto mengenai driver ojek yang membantu nenek tua berjalan. Sebuah pemandangan yang mungkin jarang lagi kita temui di zaman ini.

Menginjakkan kaki di tanah suci menjadi impian utama

Kadang memang dalam hidup kita dituntut untuk kerja keras supaya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau kalau tidak memang karena ada barang yang ingin dibeli. Oleh sebab itu terkadang kita dibuat lupa dengan salah satu ibadah bernilai tinggi semisal ibadah haji. Ya mau bagaimana lagi, ibadah itu hanyalah diperuntukkan bagi mereka yang mampu.

ojek naik haji [image source]

Namun rupanya driver ojek yang satu ini menampik kalau ibadah haji hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya uang tiga kontainer atau semacamnya. Ya buktinya dirinya sendiri sekarang sudah menginjakkan tanah suci. Kalau beliau bisa, kenapa kita nggak?

Mengingatkan penumpang untuk berdoa

Dalam memulai sesuatu memang sejatinya semua harus diawali dengan doa. Namun sayang kadang kita terlena sehingga menganggap enteng masalah itu. Nah, salah driver ojek online rupanya sadar dengan hal penting yang sering kita lupakan itu.

doa untuk penumpang [image source]

Alhasil saat dirinya sedang narik, tak pernah lupa dirinya sertakan doa keselamatan untuk dibaca penumpang. Agar perjalanan kita selalu dilindungi serta tidak pernah lupa untuk selalu mengingat sang Maha Pencipta.

Siapa sangka dari para driver ojek yang biasanya lalu lalang itu banyak kelakuan yang seharusnya kita contoh. Yang memang namanya ilmu bisa datang dari mana saja, kalau para driver tidak pernah lupa untuk mengingat Tuhan, kita juga bisa dong.

sumber

You may be interested

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang
Buzz
2 views
Buzz
2 views

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang

Lahiya - November 24, 2017

Rupanya, belakangan ini bukan hanya pelabrakan Jedun atas isu pelakor atau pencapaian AgnezMo yang akan diajak berduet oleh Chris Brown…

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Lahiya - November 24, 2017

Belum habis euphoria warga Indonesia tentang isu pelakor akhir-akhir ini. Hal ini juga dimanfaatkan oleh salah satu stasiun televisi dengan…

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri

Lahiya - November 24, 2017

Merasa dicurangi wasit saat pertandingan berlangsung mungkin hal yang sering ditemui. Ada beragam alasan mengapa hal itu terjadi, entah wasitnya…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan