5 Kelakuan Terpuji Pejabat Indonesia yang Harusnya Dicontoh oleh Petinggi Lainnya

Posted on

Dewasa ini, image negatif selalu melekat pada diri pejabat negeri ini. Generalisasi tersebut berawal dari banyaknya pejabat yang korupsi atau menghabiskan uang negara untuk kepentingan pribadi tapi tetap saja dibiarkan lolos. Padahal, mereka sebagai wakil rakyat harusnya menjadi contoh yang baik bagi rakyatnya.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak juga kok boombers pejabat kita yang memiliki hati nurani. Mereka benar-benar bekerja sedemikian rupa sehingga uang yang diterimanya pun sepadan. Bukan hanya Presiden Jokowi yang sudah kita kenal saja loh. Siapa sajakah mereka? Lihat daftarnya dalam ulasan berikut.

1. Naik Motor Patwal Hingga Nyebur ke Laut NTT Dilakukan Menteri Susi

Pada awal dilantiknya Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja Jokowi-JK, banyak yang menolak sosok satu ini. Hal tersebut dikarenakan dirinya hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat SMA dan juga merokok seusai pelantikan.

Menteri Susi [image source]

Namun, tanpa melihat latar belakangnya, apa saja yang telah ia lakukan untuk Indonesia? Banyak, hingga dirinya selalu banjir pujian. Aksi nekatnya seperti berenang di laut NTT untuk menghormati dan merayakan festival adat di sana, serta menembus kemacetan dengan motor patwal pun dilakoninya. Meski begitu, terlihat kan kerja Menteri Susi selalu beres tanpa ada gimik macam-macam?

2. Seret PNS Nakal Ala Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

Selain menteri Susi, apapun yang dilakukan bu Risma, sang punggawa Surabaya ini juga selalu disoroti publik. Bukan tanpa alasan, aksinya yang tanpa cas cis cus dan kadang membuat para warganya geleng-geleng kepala saking hebatnya pemimpinnya itu pun patut dijadikan panutan.

Masih ingat kan ketika dirinya sedang berpidato memarahi para stafnya atas kerjanya yang kurang untuk negeri ini? Ia pun juga mengungkapkan malu karena sudah dibayar negara tapi kerjanya tidak becus. Hal tersebut malah dianggap remeh oleh salah satu stafnya yang tertawa-tawa di barisan belakang, alhasil, dirinya turun dan menyeret PNS tersebut maju ke depan. Pejabat model begini memang yang dibutuhkan Indonesia.

3. Kecermatan dalam Setiap Langkah yang Diambil Menteri Sri Mulyani

Meski sempat terseret kontroversi hingga pindah ke luar negeri beberapa tahun silam. Kecerdasan Menteri Keuangan, Sri Mulyani ini memang masih dibutuhkan tanah air. Terbukti ketika Presiden Jokowi meletakkan namanya dalam kabinet, perekonomian Indonesia bisa dibilang sedikit berubah.

Menteri Sri Mulyani [image source]

Masih ingat jasa Sri Mulyani soal Freeport kemarin? Bukan itu saja, ia juga sangat gercep ketika menggagalkan smartphone dan drone selundupan yang akan merugikan Indonesia. Selain itu, ia juga pernah terlihat asyik bermain bola di GBK loh.

4. Manfaatkan Sosial Media dengan Benar Seperti Ridwan Kamil

Kang Emil—sapaan akrabnya, merupakan pejabat yang dekat dengan anak muda. Hal tersebut dikarenakan aktifnya walikota Bandung ini di sosial media serta tak segan untuk membalas komentar yang masuk dalam akunnya.

Kang Emil [image source]

Pencapaian ini dimanfaatkan Kang Emil untuk lebih banyak menggandeng anak muda untuk berperan aktif dalam kegiatan pemerintahan. Terlihat dari bagaimana ia dan warganet Bandung berhasil mengumpulkan Rp. 4,3 miliar untuk disumbangkan ke para pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

5. Pantang Naik Mobil untuk Tinjau Permasalahan Ciri Khas Herman Sutrisno

Bagi sebagian boombers pasti belum mengenal sosok satu ini. Herman Sutrisno merupakan seorang walikota Banjar, Jawa Barat. Ia pun diberi penghargaan oleh Tempo pada tahun 2012 atas pencapaiannya.

Herman Sutrisno [image source]

Herman memiliki cara yang tidak biasa dalam meninjau permasalahan yang terjadi di kotanya. Pak Dokter ini selalu bersepeda setiap pagi untuk melihat keadaan kota yang dipimpinnya itu. Setiap hari rutenya pun berganti. Dilansir dari tempo.co, ia mengungkapkan “saya bisa tahu kalau ada jalanan yang rusak, kalau naik mobil belum tentu kerasa.”

Jika Indonesia memiliki lima kali lipat dari para pejabat di atas mungkin tak ada lagi image negatif bagi mereka. Namun rasanya susah sekali mewujudkan hal tersebut, sekali pun pemimpin negaranya sudah sangat sederhana seperti Presiden Jokowi. Ya, meskipun begitu, kita tetap berharap saja, semoga 10 atau 20 tahun ke depan sosok yang jujur dan bersih akan segera menduduki posisi pejabat tinggi di tanah air.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan