Home Inspirasi 5 Keuntungan Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)

5 Keuntungan Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)

SHARE

Bagi kamu yang berstatus mahasiswa pasti familiar dengan sistem belajar yang satu ini. Apalagi kalau kamu terlalu sibuk dengan ekskul kampus dan lupa kalau sebentar lagi UAS menghadang.

Yap, SKS alias Sistem Kebut Semalam merupakan cara belajar yang sangat dikenal oleh para mahasiswa. Sistem ini seakan sudah mendarah daging di setiap kampus.

Sebetulnya, belajar pakai sistem SKS itu tidak baik lho. Meskipun begitu, tetap saja ada yang bilang SKS punya manfaat. Memang apa saja ih manfaat belajar SKS?

Lebih Serius

ideaonline.co.id
ideaonline.co.id

Melihat jadwal ujian yang semakin dekat dan kamu belum ada persiapan, pada akhirnya kamu belajar lebih serius dalam waktu singkat, dengan materi yang banyak.

Lebih Bersemangat

sigitkataqita.wordpress.com
sigitkataqita.wordpress.com

Kamu lebih bersemangat dalam belajar, karena kamu sadar sudah bukan waktunya lagi main-main. Belum lagi, materi yang harus dipelajari tidak sedikit.

Lebih Mudah Hapal Materi

aboutlearn.wordpress.com
aboutlearn.wordpress.com

Anehnya, meskipun banyak, materi yang kamu baca dalam semalam lebih mudah dihafalkan, lho. Sebab motivasi untuk bisa mencerna materi lebih besar karena kamu dituntut untuk paham dalam waktu semalam.

Lebih Bisa Menghargai Waktu

sleepbusiness.wordpress.com
sleepbusiness.wordpress.com

Kamu lebih bisa menghargai waktu belajar yang kamu sadari betul bahwa waktunya memang sangat singkat. Tak ada adegan malas-malasan lagi, alhasil kamu akan lebih bijak dalam menyikapi kondisi.

Waktu malam yang mungkin saja biasa kamu habiskan untuk hal yang kurang bermanfaat, akhrinya berubah total menjadi waktu yang berguna.

Meningatkan Kesadaran

understood.org
understood.org

Tapi lama kelamaan kamu akan sadar kalau terus menerus belajar pakai sistem SKS tak akan baik hasilnya.

Awalnya memang tidak apa-apa, tapi jika terlalu lama, otak dan tubuhmu tidak akan kuat karena terus dipaksakan.

loading...

Akhirnya kamu pun tersadar bahwa jauh lebih baik belajar dengan mencicil perlahan ketimbang mengerjakannya sekaligus dalam semalam.

understood.org
understood.org

Meskipun ada beberapa manfaat yang bisa dipetik, kamu sebaiknya tidak sering-sering menggunakan sistem SKS dalam belajar.

Karena selain materi yang terlalu dipaksa masuk ke otak, tubuhmu juga mudah sakit dan lelah lantaran sering begadang. Jadi pakailah sistem SKS kalau sedang kepepet saja ya?

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan