Header Ad

5 Negara Ini Cinta Mati dengan Teh, Ada yang Sampai Punya Ritual Loh

November 10, 2017
15 Views

Minum teh, merupakan sebuah kebiasaan bagi sebagian orang di dunia. Tak bisa dipungkiri, aroma wangi dan perpaduan pahit serta manis dalam teh memang memiliki daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu, kadang seseorang bisa merasa “kecanduan” dan tidak bisa lepas sehari pun dengan menyeruput satu gelas teh.

Masih bicara soal teh, ternyata ada beberapa negara di dunia ini yang bisa dibilang sangat cinta mati dengan teh. Buktinya, mereka sampai melakukan impor besar-besaran dari luar negeri, bahkan ada yang sampai dijadikan ritual khusus tersendiri. Lalu negara mana sajakah yang tidak bisa dipisahkan dengan teh itu? Simak ulasan berikut.

Jepang sangat mensakralkan yang namanya teh

teh di jepang [image source]

Menjadi sebuah rahasia umum bahwa negeri bunga sakura yang cinta mati dengan teh. Buktinya hampir sebagian penemuan teh rasa baru berasal dari negara tersebut, mulai dari milk tea, teh rasa buah dan lain-lain. Namun terlepas dari semua teh modern itu, kecintaan masyarakat Jepang pada minuman yang satu ini ternyata sudah ada sejak dulu. Buktinya, di negara tersebut ada sebuah upacara minum teh yang sangat sakral dan hampir berlangsung selama 4 jam yaitu Chanoyu/Sado. Mereka yang ada di ritual tersebut pun tidak boleh sembarangan, pasalnya ada aturan-aturan khusus dalam menikmati teh di sana. Tuh kan saking cintanya, sampai segitunya orang Jepang ini.

Turki yang tidak bisa lepas dari teh

Teh Turki [image source]

Mungkin jika bicara mengenai Turki, kita lebih mengenal mengenai keindahan alamnya dan kecantikan para gadis di sana. Namun  siapa sangka, di negara dua benua ini terdapat sebuah kebiasaan unik yang jarang ditemui di daerah lain. Ya, ternyata orang Turki tidak bisa lepas dari namanya teh. Kalau di Indonesia mungkin yang namanya minum teh biasanya dilakukan setelah makan, tetapi di Turki baik pagi, siang dan malam, mereka selalu menyempatkan diri untuk meminumnya lho. Jadi bukan hal yang aneh kalau negara cantik yang satu ini jadi konsumen keempat teh terbesar di dunia.

Negara Inggris sang pencinta teh sejati

Teh di Inggris [image source]

Siapa sangka negara  Ratu Elizabeth ini juga merupakan salah satu pencinta teh sejati di dunia. Dulu, minum teh dijadikan sebuah upacara khusus yang dilakukan oleh para bangsawan dan raja-raja. Makin hari, rakyat biasa pun juga ikut-ikutan punya acara minum teh sendiri. Biasanya kebiasaan minum teh ini sering dilakukan siang hari, dan tentu ada aturan-aturan khusus di dalamnya. Sampai sekarang pun kebiasaan yang disebut “Afternoon Tea” ini masih sering dilaksanakan oleh sebagian orang. Sebagai tambahan, rupanya negara ini menjadi konsumen teh terbesar nomor lima di dunia dalam mengonsumsi teh. Kebayangkan betapa cintanya warga Inggris terhadap produk teh.

 Indonesia dengan teh asli nusantara

Teh Nusantara [image source]

Kebudayaan teh di nusantara sejatinya sudah ada sejak zaman penjajahan dulu, setelah Belanda menunjukkan cara yang benar mengolah teh. Nah sejak itu juga mulai bermunculan beberapa cara unik dalam menikmati teh dan yang paling terkenal adalah memasukan tanaman bau harum ini pada sebuah wadah atau poci. Akhirnya minum teh ini menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat, bahkan di beberapa daerah seperti Tegal, Solo dan Padang, ada tradisinya sendiri. Namun di era yang makin maju ini, kadang teh dibuat dengan asal-asalan. Sehingga nggak sedikit teh-teh yang memiliki cita rasa agak aneh ketika kita minum. Nah tapi berbeda halnya dengan FRESTEA yang memiliki aroma menyegarkan dan rasa tehnya khas banget, jadi sudah pasti sensasi teh legendaris orang-orang zaman dulu masih bisa kalian rasakan pada saat meminum FRESTEA. Sudah minum FRESTEA mu hari ini?

Negara minyak yang rela menukar apapun demi teh

Negara arab dan Teh [image source]

Tidak ada yang mengira kalau negara yang terbukti rela menukar apapun demi teh adalah Kuwait. Ya, negara penghasil minyak ini rupanya menjadi pengimpor nomor satu teh dunia. Bayangkan saja, total konsumsi teh perkapita negara ini bisa sampai 2,9 ton per tahunnya. Jelas kalah dengan Indonesia yang hanya 0,25 ton per tahun. Uniknya, di negara super kaya ini hampir tidak ditemukan upacara minum teh seperti negara lain, sebuah rekor unik bagi negara yang tidak punya sejarah tehya.  Hal ini menjadi sebuah bukti kalau memang Kuwait tidak bisa dipisahkan dengan minuman harum yang satu itu.

Ya, itulah negara-negara dunia yang rupanya memang cinta mati dengan yang namanya teh. Namun demikian tidak semua teh yang ada bisa memberikan kenikmatan sejati. Hanya FRESTEA yang paling berkomitmen untuk menyajikan teh asli dan berkualitas, mulai dari proses pemetikan awal sampai pengemasan dalam botolnya. Memang cuma FRESTEA yang aromanya menyegarkan dan rasa tehnya khas!

sumber

You may be interested

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi
Buzz
5 views
Buzz
5 views

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi

Lahiya - November 19, 2017

Ada sebuah pepetah mengatakan, tua-tua keladi, makin tua tambah jadi. Entah itu sebuah kebetulan atau tidak, namun kiasan itu seolah…

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen

Lahiya - November 19, 2017

Menjamurnya artis tanah air membuat para audiens kadang-kadang memiliki cara pandang yang unik. Misalnya, artis cilik yang menggunakan make up…

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Lahiya - November 19, 2017

Kemenangan Bhayangkara FC dalam liga satu musim 2017 sempat mejadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang setuju karena memang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan