5 Peraturan Unik PNS di Indonesia yang Kamu Nggak Bakal Kepikiran

Posted on

Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut dengan PNS adalah salah satu pekerjaan yang paling hits di Indonesia. Bagaimana tidak? Tinggal dilihat saja antusiasme masyarakat waktu lowongan CPNS dibuka, yang dibutuhkan cuma untuk puluhan orang tapi yang daftar bisa sampai ribuan. Hal itu sangat lumrah karena jaminan kehidupan yang bakal enak kedepannya, ya misalnya aja uang pensiun, tunjangan-tunjangan lain dan enteng jodoh pastinya.

Walaupun jadi PNS itu ‘keliatannya’ enak, ternyata banyak hal yang dibebankan kepada mereka dan kamu nggak pernah tahu. Contohnya ya aturan yang dibuat oleh pemerintah daerah masing-masing dan kadang terkesan ‘aneh’ di masyarakat umum. Misalnya aja waktu jam kerja harus pakai tas yang terbuat dari karung goni. Penasaran kan kenapa? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. PNS wajib pakai tas yang terbuat dari karung goni

Memakai tas karung goni menciptakan kecintaan pada produk buatan dalam negeri [image source]

Peraturan unik bin aneh ini ada di kota Purwakarta. Bukan tanpa alasan, tetapi untuk menciptakan masyarakat yang produktif. Selain itu biar para PNS juga nggak terlalu konsumtif untuk membeli tas buatan luar negeri. Secara nggak langsung, cara ini bisa membuat para pegawai menjadi lebih cinta produk buatan sendiri. Hmm… boleh juga idenya ya.

2. Kalau mau poligami, bayar satu juta dulu

Poligami harus bayar satu juta [image source]

Di daerah Lombok Timur ada peraturan PNS yang bakal disetujui sama wanita se-Indonesia dan setanah air. Aturannya adalah jika ada yang berpoligami, maka harus membayar sejumlah uang sebesar satu juta rupiah. Ini disebabkan agar para pegawai tidak melakukan pernikahan lebih dari satu kali secara sembarangan. Tetapi peraturan ini masih banyak diprotes beberapa pihak karena tidak membebaskan poligami. Hayo, yang nggak setuju sama peraturan ini kesetiaannya wajib diuji sepertinya..

3. Mau bahas batu akik? Tunggu pulang kerja aja

Dilarang membahas batu akik di tempat kerja [image source]

Akik sempat menjadi perbincangan hangat di Indonesia terutama di kalangan bapak-bapak. Dari hal itulah Kepala Inspektorat Pemda Bengkulu harus mengeluarkan peraturan bahwa yang membahas batu akik saat jam kerja akan ditangkap. Ini semua demi kebaikan para pegawai agar lebih fokus dalam bekerja. Sempat terjadi di kantor tersebut karena terlalu asyik membicarakan batu akik sampai mengasahnya di ruang kerja membuat pekerjaan menjadi tidak selesai. Itu kantor apa toko batu akik ya sampe ngasah segala?

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan