Home Ragam 6 Warisan Budaya Indonesia ini Diakui Dunia karena Kemegahannya

6 Warisan Budaya Indonesia ini Diakui Dunia karena Kemegahannya

SHARE
Waktu telah mencatat begitu banyak air mata keringat, kerutan dahi, bahkan tetes darah yang telah berkontribusi terhadap pembentukan Indonesia. Zamrud khatulistiwa, ialah nama yang mahsyur untuk indahnya keanekaragaman budaya Indonesia.
Negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Hijau pohon bergoyang anggun, lanskap perawasahan yang anggun mampu menampilkan kuning sawah dan padang rumput hijau yang subur. Flora dan fauna yang kaya, beragam makhluk hidup di lautan juga sungai-sungai yang melewati dan melintang dari darat menuju laut, Semua terangkum dalam indahnya Indonesia.
Diantara begitu banyaknya kekaguman atas Indonesia atas pemberian Tuhan. Ada banyak pula kekayaan Indonesia berupa warisan budaya peninggalan kedigdayaan masyarakat Nusantara dahulu kala. Sebagai anak bangsa, tentu wajib kita mengenal warisan peradaban nenek moyang Indonesia ini.
Berikut kami hadirkan 5 warisan kebudayaan yang wajib kamu ketahui sebagai anak bangsa.

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

borobudur keanekaragaman indonesia
Borobudur
Salah satu dari banyak keajaiban dunia berdiri pernah begitu bangga di Indonesia, monumen kuno yang juga dikenal sebagai candi Buddha, candi terbesar di dunia dan diakui sebagai sebuah mahakarya kebudayaan manusia. Keunikan Candi Borobudur sungguh tak tertandingi. Terletak di Jawa Tengah, 40 kilometer dari Yogyakarta. Bangunan dengan gaya arsitektur khas dan terinspirasi oleh ide mikro-kosmos atau replika dari alam semesta ini telah membuat banyak ilmuwan dan sejarawan bertanya-tanya dengan takjub. Bagaimana, dan siapa yang membangun permata budaya yang megah ini?

2. Benteng Belgia, Banda, Maluku

kekayaan budaya indonesia di banteng belgia
https://www.Flickr.com/Photos/p3nnylan3
Pohon tua besar warna pintu gerbang yang ramah. Mekar bunga-bunga mekar di oranye dan merah muda seperti tarian ramai yang indah di tepi Laut Banda. Dari gerbang, 113 langkah tangga menunggu untuk naik ke sebuah bangunan kokoh mirip gedung Pentagon, mirip dengan Pentagon di Amerika. Juga seperti Pentagon, fungsi utama dari bangunan ini adalah untuk bertindak sebagai pusat untuk pertahanan.

3. Keraton Yogyakarta

keragaman budaya indonesia
Keraton Yogya
Kraton atau Karaton berasal dari kata Kadaton, yang berarti “raja” dan Ratu. Keraton Yogyakarta, Pusat Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (Kesultanan Yogyakarta), masih berdiri megah hingga sekarang dan telah menjadi simbol budaya Yogyakarta dan sudut pandang pemerintah Yogyakarta.

4. Keraton Solo

keraton solo dan warisan peradaban nusantara
foto oleh rizkipradana
Solo tidak terlepas dari Istana ini, Kraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sejarah kota ini dimulai ketika Sunan Paku II memerintahkan Tumenggu Honggowongso, Tumenggu Mangkuyudo dan J.A.B Van Hohendorff, Komandan tropps Belanda, untuk menemukan lokasi yang tepat untuk ibukota kerajaan Mataram Islam baru.

5. Jam Gadang, Bukittinggi

jam gadang keindahan indonesia
jam gadang

 

Jam Gadang menjulang tinggi dan berangin sepoi-sepoi di pusat Bukittinggi, Sumatera Barat, menantang latar belakang panorama Bukit Barisan. Jam Gadang, yang secara harfiah berarti menara jam, adalah hadiah dari Ratu Belanda untuk pembuat benteng. Denah Jam Gadang adalah 13 × 4 meter sementara tinggi 26 meter, dan terdiri dari empat muka jam yang menghadapi empat titik arah dengan diameter 80 cm untuk setiap jam.

6. Candi Prambanan, Jawa Tengah

prambanan peninggalan kebudayaan indonesia
Candi Prambanan
Candi Prambanan adalah sebuah bangunan yang sangat indah yang dibangun pada abad ke-10 masa pemerintahan dua raja, dan Rakai Rakai Pikatan Balitung. Bangunan ini memiliki ketinggian 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuat, menunjukkan kejayaan Hindu di Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota.
SHARE