7 Cara Ampuh Menaklukkan Rasa Malas | @Strategi_Bisnis

cara tidak malas dan semangat kerja

Tips Hilang Rasa Malas dan Jadi Semangat Kerja

Acapkali rasa malas dan daya resiliensi yang rapuh yang membuat bnyk orang gagal mewujudkan harapan dan impiannya. Lalu apa cara ampuh menaklukkan rasa malas dan melentingkan daya juang yang menyala. Berikut 7 tipsnya. Based on science.

Tips #1
Write down your goals and actions yang ingin Anda  wujudkan, disertai deadlines. Study after study menunjukkan, MENULISKAN goal/action yang ingin Anda  raih, efektif memotivasi Anda , daripada hanya menyimpan goal di dalam angan-angan.

Catatan tertulis goal atau action akan jadi pengingat kuat untuk membuat Anda  bergerak. Lakukan sesuatu. Bukan hanya bengong. Dan plonga plongo.

Tips #2
Lakukan actions-mu yang paling berat dan kritikal, di pagi hari antara jam 7 sampai dengan jam 10. Kenapa? Studi menulis, itulah golden time. Ya, studi menemukan fakta bahwa puncak produktivitas dan konsentrasi orang mayoritas terjadi pada pukul 7 – 10 pagi (ariely, 2014).

Temukan “critical tasks” yang amat kunci, dan lakukan dalam golden time di pagi hari itu. Waktu saat semangat Anda  tengah ada di puncak. Critical tasks adalah aktivitas kunci yang amat besar dampaknya bagi proses mewujudkan impian. Contoh, critical tasks bagi internet marketer adalah menciptakan konten yang wow (artikel, podcast, video blog). Ini aktivitas kunci.

Kalau “non critical tasks” misal cek email, browsing, cek status, meeting useless, baca-baca kultwit, dst. Anehnya, orang melakukan non critical tasks di saat pagi hari, saat golden time tadi. Prioritas yang keliru.

Sekali lagi, waktu emas Anda  adalah pagi antara jam 7 – 10. Inilah waktu yang paling ampuh bagi Anda  untuk mengalahkan rasa malas.

Temukan your critical tasks yang amat kunci bagi pencapaian impianmu. Lalu berjibakulah di pagi hari demi menaklukkan critical tasks tersebut.

Tips #3
Tips ketiga yang ampuh untk melentingkan motivasi dan daya resiliensi itu adalah rajin olahraga. (Bukan ikut seminar-seminar motivasi). Semua oran tahu olahraga bagus bagi kesehatan. Yang belum banyak diketahui adalah tekun olahraga amat powerful dampaknya untuk meningkatkan daya resiliensi.

Studi menulis, orang yang rajin olahraga terbukti menjadi tidak mudah stress, lebih gigih dalam berjuang hidup, dan otak pun lebih kreatif. Jika Anda  suka galau, malas, otak terasa beku, bingung cara mengubah nasib; mungkn karena Anda  jarang olahraga. Ndusel thok nang kamar.

loading...

Studi menyebutnya “efek yang menular”. Begitu Anda  tekun olahraga, Anda  juga menjadi lebih tekun dalam berbagai aspek lain dalam kehidupan Anda . Mulai habit olahraga, mudah. Mulailah dengan jalan kaki 5 menit per hari, keliling rumah. Sangat sederhana. Pelan-pelan akan membesar. Trust me. It works.

Begitu powerfulnya efek olahraga rutin, semua peneliti human performance mengatakan, Anda  mau hidup lebih sukses? Mulailah rajin exercise now.

Tips #4
Tips keempat untuk mengatasi rasa malas dan melentingkan daya actions, temukan mentor yang supportif. Indah kalau Anda  bisa menemukan mentor yang tepat, yang mau mengapresiasi impian2mu, dan juga menggedor Anda  untk terus bergerak dan berjuang.

Kadang ingin juga jadi mentor bagi anak-anak muda yang mau maju dan berjuang mewujudkan impiannya. Kita bisa bertemu dua minggu sekali. Ya kita bertemu di kafe. Mendiskusikan impian-impianmu, rencana dan action plan-mu. Sambil ditemani cappucino hangat dan senja sore hari
Ya, kapan kita bisa bertemu di senja sore hari itu. Dalam naungan awan biru yang mempesona. Demi impianmu. Demi masa depanmu.

Tips #5
Tips kelima mengatasi rasa malas adalah banyak makan buah dan sayur! Kenapa? Studi menemukan fakta menarik bahwa orang menjadi malas karena terlalu banyak makan junk food dan makanan penuh lemak serta kolesterol jahat. Nah lho!

Karena terlalu banyak makan junk food dan lemak, tubuh Anda  jadi menggelambir. Dan lalu Anda menjadi makin malas bergerak. Dan lalu makan makin banyak. Doh.

Maka hindari rawon, sop buntut, restoran padang, fast food, gorengan. Eat more apples, bananas, ubi rebus, karedok, godong pepaya, pecel. You are what you eat. Anda  makin malas berpikir dan otakmu tidak kreatif karena terlalu banyak makan lemak dan jarang olahraga.

Tips #6
Untuk mengalahkan rasa malas dan melentingkan daya resiliensi, rutin membaca tulisan-tulisan yang menginspirasi, menggedor dan provokatif. Contoh bacaan yang inspiring dan menggedor otak, Anda  sudah tahu. Ya, benar. Kultwit yang sedang Anda  baca ini dan blog strategi + manajemen.

Tips #7
Untuk menguatkan daya resiliensi Anda  adalah ini, hindari informasi atau berita yang negatif, penuh kebencian dan sarat aroma permusuhan. Beragam studi menulis, membaca info negatif, apalagi sarat kebencian, amat ampuh dalam menggerus daya resiliensi dan optimisme-mu.

Daya juangmu untuk mengubah nasib perlahan hancur dan kreativitasmu macet, jika selalu terekspose dengan berita-berita negative atau kebencian. Maka hampir semua peneliti human performance punya saran : lakukan “diet informasi” – kurangi asupan informasi negatif atau kebencian atau permusuhan.

Maka tdak perlu ikuti, tidak perlu berteman dengan akun atau orang yang hanya menyebarkan informasi negative serta info sampah, yang diam-diam hanya akan menggerus daya resiliensimu.
Basahi sekujur sel otakmu dengan berita dan info yang mengambarkan harapan, perdamaian, kebahagiaan, peluang, dan manfaat bagi alam semesta.

Oke, demikianlah 7 tips untk melawan rasa malas dan melentingkan daya juang serta daya resiliensi. Semua tips based on research.

Kultwit business + strategy @Strategi_Bisnis 21/07/2015