Header Ad

7 Makanan yang Membantu Meningkatkan Suasana Hati

October 16, 2017
10 Views

Erabaru.net. Makanan tertentu, yang disertai dengan olahraga dan meditasi, akan memperbaiki suasana hati. Ini adalah neurotransmiter yang disebut “molekul kebahagiaan” untuk peran penting yang memainkan untuk menjaga suasana hati yang positif.

Serotonin adalah produksi sel saraf kimia, dan berdampak pada setiap bagian tubuh, mulai dari emosi hingga keterampilan motorik. Serotonin berfungsi untuk menstabilkan suasana hati secara alami.

Serotonin adalah zat kimia yang membantu tidur, makan, dan mencerna. Serotonin juga membantu:

• Mengurangi depresi
• Mengatur kecemasan
• Menyembuhkan luka
• Menjaga kesehatan tulang

Sebagian besar makanan yang mengandung serotonin sebenarnya terdapat dalam makanan yang mengandung triptofan, yaitu asam amino yang merupakan prekursor serotonin.

Sebagian besar makanan yang merupakan sumber protein yang baik juga merupakan sumber triptofan yang baik.

Berikut adalah 7 makanan yang mengandung serotonin yang merupakan pilihan yang sangat baik untuk memperbaiki suasana hati.

Pisang memberikan peningkatan suasana hati yang serius. (Foto: pixabay / CC0 1.0 )

Pisang

Pisang meningkatkan suasana hati, mengandung vitamin B6, vitamin A, dan vitamin C; serat; triptofan; kalium; fosfor; besi; protein; dan karbohidrat sehat.

Saat Anda makan pisang, Anda akan mendapatkan dorongan cepat dari fruktosa dan juga mempertahankan energi dari serat, yang mencegah lonjakan gula darah dan mencegah menurunnya energi dan suasana hati.

Karbohidrat membantu penyerapan triptofan di otak, dan vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, si penguat suasana hati.

Bayam

Bayam yang berdaun hijau penuh dengan berbagai macam nutrisi penguat suasana hati, mulai dari folat yang melawan depresi hingga magnesium yang mengurangi kecemasan.

Bayam juga mengandung banyak seng. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit seng terdapat di dalam tubuh, maka semakin besar kemungkinan untuk mengalami depresi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama kenari dan almond, mengandung banyak komponen yang bermanfaat untuk suasana hati yang baik, termasuk omega-3, vitamin B6, triptofan, protein, dan folat.

Kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik dan tingkat depresi yang lebih rendah, sementara kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dikaitkan dengan tingkat depresi dan suasana hati negatif yang lebih tinggi.

Kacang-kacangan, terutama kenari dan kacang almond, banyak mengandung komponen yang berkontribusi pada suasana hati yang baik. (Foto: Forwimuwi73via Pixabay / CC0 1.0)

Ikan

Ikan berminyak dan berlemak adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan suasana hati yang merupakan sumber nutrisi asam lemak omega-3 yang meningkatkan suasana hati.

Asam lemak omega-3 DHA hadir dalam minyak ikan dan memicu pelepasan hormon yang melepaskan kortikotropin yang mengendalikan dorongan emosional dan membantu mengendalikan kemarahan dan agresi, dan menyeimbangkan suasana hati.

Selain itu, asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang efektif untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kinerja kognitif.

Telur

Telur rebus mudah dibuat dan mudah dibawa. Telur banyak mengandung protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3 (dari ayam yang makan makanan kaya omega-3).

Telur juga merupakan sumber vitamin B12 (riboflavin) yang sangat baik dan sumber vitamin B2, vitamin B5, dan vitamin D yang baik.

Sebutir telur rebus mengandung lebih dari 20 persen jumlah kebutuhan tubuh akan triptofan yang dianjurkan setiap hari.

Telur adalah makanan yang baik untuk tubuh dan suasana hati. (Foto: pixabay / CC0 1.0)

Kacang merah

Kacang merah kaya akan asam folat dan merupakan nutrisi utama untuk mengobati depresi.

Seperti halnya vitamin B12, banyak penelitian telah menghubungkan kadar asam folat yang rendah dengan depresi.

Kadar vitamin B12 yang tinggi justru akan membantu obat anti-depresan bekerja lebih efektif.

Kacang merah kaya akan vitamin B, oleh karena itu, kacang merah berfungsi untuk menstabilkan konduksi saraf dan mengurangi kegelisahan.

Cokelat hitam mengandung sejumlah zat yang meningkatkan suasana hati. (Foto: pixabay / CC0 1.0)

Cokelat hitam

Sejumlah penelitian non ilmiah menyebutkan cokelat adalah makanan yang paling diminati di dunia Barat, adalah masuk akal karena jika menikmati cokelat akan membuat perasaan menjadi bahagia.

Cokelat hitam mengandung sejumlah zat yang meningkatkan suasana hati, termasuk lemak, gula, kafein, feniletilamin, flavonol, teobromin, dan triptofan.(vivi/yant)

Sumber: visiontimes.com

The post 7 Makanan yang Membantu Meningkatkan Suasana Hati appeared first on Erabaru.

sumber

You may be interested

Buzz
3 views

Mengintip Pendapatan dan Harta “Papa” yang Ternyata Bisa Buat Naik Haji Orang Tiga Kampung

Lahiya - November 17, 2017

Lagi, Setya Novanto menjadi topik perbincangan hangat oleh publik. Hal itu lantaran saat pemanggilan dirinya oleh KPK kemarin,  namun sayang…

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup

Lahiya - November 17, 2017

Menjadi orang Indonesia pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah stereotype atau generalisasi. Contohnya saja cara kita memandang seorang manajer…

Buzz
4 views

5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan

Lahiya - November 17, 2017

Selain mendaki gunung, cara untuk merasa lebih dekat dengan alam bisa dilakukan dengan berdiri di tempat tinggi, misalnya rumah pohon.…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan