7 Makanan yang Membantu Meningkatkan Suasana Hati

Posted on

Erabaru.net. Makanan tertentu, yang disertai dengan olahraga dan meditasi, akan memperbaiki suasana hati. Ini adalah neurotransmiter yang disebut “molekul kebahagiaan” untuk peran penting yang memainkan untuk menjaga suasana hati yang positif.

Serotonin adalah produksi sel saraf kimia, dan berdampak pada setiap bagian tubuh, mulai dari emosi hingga keterampilan motorik. Serotonin berfungsi untuk menstabilkan suasana hati secara alami.

Serotonin adalah zat kimia yang membantu tidur, makan, dan mencerna. Serotonin juga membantu:

• Mengurangi depresi

• Mengatur kecemasan

• Menyembuhkan luka

• Menjaga kesehatan tulang

Sebagian besar makanan yang mengandung serotonin sebenarnya terdapat dalam makanan yang mengandung triptofan, yaitu asam amino yang merupakan prekursor serotonin.

Sebagian besar makanan yang merupakan sumber protein yang baik juga merupakan sumber triptofan yang baik.

Berikut adalah 7 makanan yang mengandung serotonin yang merupakan pilihan yang sangat baik untuk memperbaiki suasana hati.

Pisang memberikan peningkatan suasana hati yang serius. (Foto: pixabay / CC0 1.0 )

Pisang

Pisang meningkatkan suasana hati, mengandung vitamin B6, vitamin A, dan vitamin C; serat; triptofan; kalium; fosfor; besi; protein; dan karbohidrat sehat.

Saat Anda makan pisang, Anda akan mendapatkan dorongan cepat dari fruktosa dan juga mempertahankan energi dari serat, yang mencegah lonjakan gula darah dan mencegah menurunnya energi dan suasana hati.

Karbohidrat membantu penyerapan triptofan di otak, dan vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, si penguat suasana hati.

Bayam

Bayam yang berdaun hijau penuh dengan berbagai macam nutrisi penguat suasana hati, mulai dari folat yang melawan depresi hingga magnesium yang mengurangi kecemasan.

Bayam juga mengandung banyak seng. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit seng terdapat di dalam tubuh, maka semakin besar kemungkinan untuk mengalami depresi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama kenari dan almond, mengandung banyak komponen yang bermanfaat untuk suasana hati yang baik, termasuk omega-3, vitamin B6, triptofan, protein, dan folat.

Kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik dan tingkat depresi yang lebih rendah, sementara kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dikaitkan dengan tingkat depresi dan suasana hati negatif yang lebih tinggi.

Kacang-kacangan, terutama kenari dan kacang almond, banyak mengandung komponen yang berkontribusi pada suasana hati yang baik. (Foto: Forwimuwi73via Pixabay / CC0 1.0)

Ikan

Ikan berminyak dan berlemak adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan suasana hati yang merupakan sumber nutrisi asam lemak omega-3 yang meningkatkan suasana hati.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan