7 Sisi Lain Tio Pakusadewo di Usia Senja, Aktor Peraih Piala Citra yang Harus ‘Terciduk’ karena Narkoba

Posted on

Irwan Susetyo Pakusadewo atau yang biasa dikenal dengan nama Tio Pakusadewo adalah aktor yang namanya sering disebut akhir-akhir ini. Hal itu disebabkan karena ia ditangkap oleh pihak yang berwajib karena keterlibatannya dalam kasus narkoba. Artis senior itu mengaku bahwa sudah 10 tahun terakhir telah menjadi ‘budak’ narkoba.

Kendati hidup Tio Pakusadewo banyak dinilai orang dengan respon positif karena kesuksesannya dalam berperan di banyak sekali film hingga meraih banyak penghargaan, tetapi banyak sisi lain kehidupan Tio Pakusadewo yang jarang sekali dilihat masyarakat umum. Penasaran?

1. Sering dianggap nakal oleh orang tua

Tio Pakusadewo saat kecil sering membuat onar (image source)

Tio Pakusadewo di masa kecilnya ini menjadi sosok yang nakal. Orang tuanya pun menganggap bahwa aktor kawakan ini sebagai pembuat onar di keluarganya. Di sekolah pun juga begitu. Pada waktu ia berada di jenjang SMA selalu mendapat hukuman dari sekolah. Selain karena selalu membuat keributan sekolah, ia juga dikenal sebagai siswa yang suka terlibat dalam tawuran. Dari hal itu menyebabkan aktor kelahiran 2 September 1963 ini menjadi berpindah-pindah sekolah dan akhirnya SMA 34 di Pondok Labu, Jakarta adalah sekolah terakhirnya.

2. Memendam cita-cita jadi aktor sejak SMA

Tio bercita-cita menjadi aktor sejak dulu (image source)

Semua orang pasti mempunyai cita-cita. Tetapi tidak semuanya beruntung untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Berbeda dengan pria yang lahir di Jakarta ini, ia sedari dulu mempunyai cita-cita menjadi aktor. Dimulai dengan mengikuti kegiatan grup teater semasa SMA menjadikan hal itu sebagai bekal untuk ia menjadi aktor sukses nantinya. Sangat terbukti ia sekarang menjadi aktor yang sering mendapatkan piala di beberapa penghargaan film.

3. Tio Pakusadewo muda adalah model ganteng yang bikin remaja ’80an jejeritan

Tio Pakusadewo muda [image source istimewa]

Mewujudkan cita-cita memang tak semudah memanjat pohon. Sama halnya dengan nasib pemeran Bilur-bilur Penyesalan ini yang memulai karirnya dengan terjun ke dunia modelling. Meski batu loncatan, nasib baik mengikuti Tio Pakusadewo waktu muda yang memiliki paras ganteng khas kesukaan remaja ’80-an. Karir sebagai model inilah yang memuluskan jalannya menuju dunia seni peran.

4. Sempat jualan minyak saat dunia perfilman sepi job

Menyambung hidup dengan berjualan pada saat industri film sedang sepi (image source)

Tio Pakusadewo sempat mengalami yang namanya sepi job di tahun 1991. Dunia perfilman tidak memberinya jalan pekerjaan, namun ia harus menyambung hidup dengan melakukan apapun selama itu menghasilkan uang. Ia berjualan di salah salah satu kios yang berlokasi di Palmerah. Awalnya yang ia jual adalah oplosan minyak jelantah. Tetapi karena sangat beresiko, ia akhirnya beralih jualan minyak sayur.

5. Bruce-Lee adalah salah satu inspirasinya dalam berkarya

Kesuksesannya saat ini tidak terlepas dari tokoh inspirasinya yaitu Bruce Lee (image source)

Bruce Lee, he is my idol. My imaginary mentor.” Itulah yang Tio Pakusadewo katakan di acara Indonesian Film Festival. Beliau sangat terinspirasi dengan tokoh seni bela diri tersebut karena kalimat dan sikap jantan dari Bruce Lee. Selain itu ia juga belajar untuk tetap kokoh terhadap apa yang kita impikan karena semua tidak akan terlaksana jika kita tidak melakukan sebuah aksi.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan