8 Band Ini Ditinggal Pergi Sang Vokalis, Ada yang Nasibnya Memilukan

Posted on

Sebuah lagu dari band yang sudah lama bubar, Peterpan, yang berjudul Tak Ada yang Abadi, tampaknya menjadi sebuah reminder bagi punggawa musik Indonesia. Dari sekian banyak band yang menjamur, satu per satu telah kehilangan karismanya. Hal tersebut biasanya terjadi setelah ditinggal oleh sang vokalis.

Pernahkah kalian menyadari fenomena ini? Aneh sih, tapi memang itulah kenyataannya. Oleh karena itu, Boombastis.com akan menyajikan band-band yang nasibnya pilu ketika ditinggal oleh sang vokalis. Check this one out!

1. Kerispatih, Pernah Mencoba Peruntungan Namun Gagal

Keputusan vokalis Kerispatih yaitu Sammy pergi meninggalkan bandnya untuk memulai solo karir memang tidak bisa diganggu gugat. Kala itu banyak pihak yang bersedih, terutama para mahapatih, alias fans dari band yang digawangi Badai dan kawan-kawan ini.

 

Setelah ditinggal Sammy, Kerispatih masih sempat membuahkan satu karya dengan posisi vokalis yang diisi oleh Badai sendiri. Namun, hal tersebut tampaknya tak membawa dampak positif dan Kerispatih pun kehilangan masanya. Hingga sekarang, nama band Kerispatih sudah jarang sekali terdengar di dunia hiburan.

2. Dewa 19, Sempat Melakukan Reuni

Sebelum bersama Once, Dewa 19 lebih dulu terdiri atas formasi Ari Lasso (vokalis), Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi (gitaris), Aksan Sjuman (drummer). Namun, formasi itu pun berganti-ganti hingga tahun 2000an tidak hanya di posisi vokal saja. Meski begitu, perginya Ari Lasso dari Dewa 19 cukup mengguncang.

 

Setelah Ari Lasso bersolo karir, posisinya digantikan oleh Once. Namun tampaknya dirinya juga tidak betah bekerja sama dalam sebuah band dan memilih untuk menjalani solo karir. Dilansir dari grid.id, ia pun mengaku lebih nyaman untuk bersolo karir. Kini, kabar Dewa 19 juga sudah tak pernah terdengar lagi, meski beberapa waktu lalu mereka sempat reuni sih dengan sebuah konser.

3. Drive, Benar-benar Tak Ada Jejak

Beberapa tahun silam lagu Drive yang berjudul Bersama Bintang terus terdengar di telinga kita. Hal tersebut dikarenakan lagu dari Anji dan kawan-kawan ini menjadi sebuah soundtrack sinetron laris kala itu. Namun, setelah mengeluarkan beberapa single dan bahkan album bersama, Anji memutuskan untuk keluar.

 

Melihat karir sang mantan vokalis yang sukses tidak membuat Drive menyerah. Mereka malah mencari pengganti Anji hingga ada dua orang yang mengisi posisi tersebut. Meski masih tergabung dalam sebuah band dan masih manggung, nama Drive benar-benar jarang terdengar setelah kehilangan Anji.

4. ST 12, Tak Terkenal di Negeri Sendiri

Pernah menjadi primadona anak remaja, band yang digawangi oleh Charyly, Pepeng dan Pepep ini redup ketika ditinggal sang vokalis. Apalagi setelah itu disusul oleh sang gitaris, Pepeng. Mereka lalu membuat band sendiri yang terdiri dari Charly dan Pepeng.

 

Tak mau nama ST 12 hilang, Pepep tetap mempertahankannya dengan menggandeng beberapa musisi lainnya. Namun, hingga sekarang warga Indonesia lebih familiar dengan Setia Band (Charly dan Pepeng), ketimbang ST 12 yang dijalankan oleh Pepep sendirian.

5. Jikustik, Sang Vokalis Asyik Berkarir Sendiri

Nama band Jikustik sempat booming pada akhir tahun ‘90an. Albumnya pun cukup laris dan bahkan lagunya sempat menduduki chart teratas selama berminggu-minggu. Namun tampaknya, hal tersebut tidak menjamin keutuhan sebuah band.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan