8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga

Posted on

Berbicara tentang keindahan alam, barangkali belum ada negara lain yang menandingi kekayaan bumi pertiwi. Kamu mau cari gunung, hutan, sawah, lautan, bahkan danau semua ada di tanah air kita. Khususnya danau alami, keindahan dan pesonanya benar-benar akan membuat mata hatimu takjub. Saking alami keindahannya, beberapa  bahkan masuk dalam jajaran paling cantik di dunia. Bikin bangga bukan?

Dari sekian jenis danau di negara kita, yang paling digandrungi adalah danau berwarna biru. Tak hanya satu, di tanah air bahkan memiliki delapan danau biru yang selalu jadi destinasi wajib pecinta danau di seluruh dunia.Yuk simak keindahan pesonanya berikut.

Telaga Semares, Papua

Telaga Semares [image: source]

Kalau kamu pengen tahu danau paling biru di Indonesia, datang saja ke Samares, Biak Timur, Papua. Ya, di sana kamu bisa mengunjungi Telaga samares yang keindahannya bisa bikin kamu lupa  pulang. Danau dengan air biru alami dikelilingi pohon tropis membuat tempat ini cocok banget buat ngadem. Pepohonan tumbang di dalam air pun memberi efek eksotis yang luar biasa. Kamu bisa banget nyebur ke danau ini, dijamin badanmu seketika bakalan seger buger deh.

Danau Tebing Makariki, Maluku

Danau Tebing Makariki [image: source]

Bak surga tersembunyi, danau yang berada di Kecamatan Tehoru, Pulau Seram, Maluku Tengah ini terbungkus hutan rimba. Nggak mudah untuk mencapai tempat ini sebab lokasinya yang cukup sulit. Tapi sekalinya sampai, kamu nggak bakal bisa nahan diri buat teriak saking kerennya tempat ini. Warna air biru cemerlang, suasana tenang, nyaman dan sepi karena jarang dikunjungi, serta danau yang diapit dua tebing membuat pesonanya makin wah. Nggak cuma itu guys, udara di sini pun dingin semriwing seger, sebab lokasinya berada di kaki Gunung Binaiya. Tapi untuk sampai di sini, butuh sekitar dua jam trekking yang menguras keringat untuk menggapai si surga tersembunyi ini

Danau Biru Walasiho, Sulawesi Tenggara

Danau Biru Walasiho [image: source]

Kamu yang suka banget ngaca, coba deh sambangi danau Biru Walasiho yang beningnya nggak kalah sama kaca. Danau biru yang ada di Kolaka Utara, Desa Walasiho ini memiliki kedalaman hingga 7 meter, karenanya kamu bisa berenang plus snorkeling manja menikmati indahnya biota bawah danau. Yang membuat menarik, lokasi danau seluas 164 meter persegi ini juga dekat dengan pantai pasir putih yang indah. Jadi, setelah menikmati pesona danau, kamu bisa juga mampir mantai. Enak banget kan?

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin [image: source]

Memuat kata ‘cermin’ dalam namanya, danau ini memang super bening kebiruan. Saking jernihnya, biota berukuran kecil pun jelas terlihat pergerakannya di air. Perahu yang berjalan pun seakan melayang sebab air yang terlampau jernih. Yang tak kalah unik, air di dasar danau ini rasanya asin seperti air laut. Kalau nggak percaya, kamu bisa langsung datang ke Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk membuktikannya langsung

Telaga Rambut Monte, Jawa Timur

Telaga Rambut Monte [image: source]

Jika di Jepang ada kolam biru para dewa Kaminoko Ike, negara kita juga punya Telaga Rambut Monte yang tak kalah eksotis dan legendaris. Danau biru tosca yang dikelilingi pepohonan teduh ini konon diciptakan oleh sosok sakti mandraguna bernama Mbah Monte. Di tempat ini, kita nggak boleh asal mengambil sesuatu terutara Ikan Sangkring hitam yang konon merupakan jelmaan dewa kutukan Mbah Monte. Tempat ini cocok banget buat kamu para pecinta wisata sejarah dan budaya. Sebab selain bisa menikmati indahnya danau, kamu bisa sekalian mengunjungi Candi Rambut Monte yang ada di Desa Krisik, Gandusari. Menuju tempat ini membutuhkan perjalanan sekitar satu jam dari Kota Blitar.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan