Home Ragam 9 Jenis Keju di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

9 Jenis Keju di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

SHARE

Siapa tak suka keju? Ya, makanan ini selalu menjadi sajian menarik jika dihidangkan bersama makanan lain seperti roti, pizza, spagetti, atau berbagai kreasi makanan lainnya.

Tapi, apakah penikmat keju di Indonesia sudah tahu kalau ada berbagai macam jenis keju di dunia ini. Atau tahu tidak jenis keju apa yang selama ini dinikmati? Nah, berikut setidaknya ada 9 jenis keju di dunia yang perlu kamu ketahui.

Camembert

Keju yang terbuat dari bahan susu sapi ini memiliki tekstur lemmbut dengan warna creamy yellow.

Ricotta

Berasal dari italia, keju memiliki ciri khas dengan tekstur yang sangat rapuh. Keju ini memiliki kenduangan lemak hampir 65% dari komposisi keju.

Brie

Keju ini berasal dari Perancis. Ciri khas warna putih serta bagian dalam yang meleleh ini memiliki kandungan lemak sebanyak 45%.

Cream cheese

Keju ini punya dua pilihan , yaitu double cream cheese dengan kandungan lemak 65 persen dan cream cheese dengan kandungan lemak lebih sedikit sekitar 45%. Tapi, keduanya sama-sama memiliki rasa yang sedikit masam.

Mozzarella

Berasal dari bahan susu kerbau liar. Keju asal Italia ini memiliki kandungan lemak 40 sampai 50 persen. Dan keju akan meleleh jika dipanggang. Mozzarella cukup populer sebagai bahan campuran makanan seperti pizza. Ya, sesuai, pizza dari Itali dan keju ini pun dari Italia.

Edam

Keju ini memiliki aroma kacang dan tekstur yang keras. Untuk kadar lemak, kaju asal Belanda ini memiliki kandungan lemak mencapai 40 persen.

Parmesan

Satu-satunya keju yang berasal dari luar daratan Eropa, yaitu Panama. Keju khas Panama ini bertekstur keras dengan bentuk silinder dan warna kuning muda. Ada sekitar 61 persen kandungan lemak yang terkandung di dalam keju ini.

Cheddar

Boleh dibilang keju ini paling populer karena begitu akrab dengan lidah banyak orang dalam setiap santapan. Keju ini berasal dari Inggris dan begitu populer di masyarakat Indonesia karena rasanya yang tidak menyengat. Kandungan lemaknya pun hanya sekitar 48 persen.

Emmethal

Pernah lihat film kartun Tom and Jerry? Tokoh kartun si tikus itu sangat gemar dengan keju dan keju dalam kartun itu berlubang-lubang. Ya, keju berlubang itu adalah keju emmethal. Keju asli Swiss ini memiliki bentuk berlubang karena proses fermentasi.

SHARE