Akhirnya Kawasan Tanah Abang Tak Macet Lagi

Posted on

Lahiya – Akhirnya menuai titik terang, rekayasa lalu lintas Tanah Abang, Jakarta Pusat, tahap dua oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah berjalan dengan sukses. Rekayasa ini sudah berjalan selama tujuh hari yang dimulai sejak Selasa (09/01/2018). Dengan demikian, kawasan Blok A Tanah Abang jadi bebas dari kemacetan.

Seperti dilansir dari reportase JawaPos.com, Jumat (19/01/2018), pada pukul 16.30 WIB lalu lintas kawasan Blok A Tanah Abang tampak lancar. Bahkan, kendaraan dari arah Jalan Jati Baru dapat melintas tanpa terhambat kemacetan. Padahal biasanya kawasan ini kerap macet parah, terutama di jam-jam tertentu saat pulang kantor.

Harlem Simanjuntak selaku Kepala Sudinhub Jakarta Pusat mengungkapkan, selama seminggu pemantauan lalu lintas terlihat lebih lancar dari biasanya. Ini dikarenakan sudah tak ada lagi kendaraan yang memutar arah balik di bagian sisi utara Blok A. Dengan demikian, arus lalu lintas bertambah lancar dan tidak membuat kemacetan.

“Kalau kita melihat tiap hari selama tahap dua, bisa memberikan kelancaran lalu lintas karena mengurangi krosing di blok A sisi Utara tidak ada lagi,” beber Harlem saat ditemui tim wartawan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/01/2018).

Baca juga: Tak Disangka! Sikap Menteri Susi Saat Temui Pendemo Jadi Sorotan

Lalu Lintas Lebih Tertib

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan, pengaktifan lampu merah di depan Blok A membuat pengendara dan pejalan kaki menjadi lebih tertib. Menurutnya, hal ini dapat dijadikan sebagai pelajaran agar tidak ada lagi saling menghalangi jalan.

“Kedua lampu merah biasanya cuma kedip, pengendara sama orang lewat berebut. Tapi sekarang teratur, itu kan memberikan pembelajaran sebetulnya, kalau merah berhenti, hijau jalan,” ungkapnya.

Harlem mengungkapkan, pihaknya juga memantau waktu lampu merah yang berada di Jalan Wahid Hasyim, Sarinah dalam pengaturan lampu lalu lintas ini. Pasalnya, dalam pengaturan lampu merah ini pihaknya telah memperhitungkan kemacetan yang terjadi di Sarinah bila lampu merah Tanah Abang diaktifkan.

“Kita juga lihat situasi Sarinah jadi bagaimana hijaunya tidak terlalu lama tapi seimbang, tapi kalau kelamaan ini hijaunya nanti macet Sarinah. Jadi normal ya sebetulnya hijaunya 75 detik, merahnya di bawah itu,” urai Harlem.

Kelak, setelah pantauan lapangan yang dilakukan petugas Dishub setiap hari membuahkan hasil yang spesifik, pihaknya berencana permanenkan uji coba ini. Portal akan menutupi jalan arah memutar balik di depan Blok A Tanah Abang.

Baca juga: Hati-Hati! Banyak Penipuan Mengatasnamakan Ustadz Abdul Somad di Sosmed

“Kita tinggal lihat tiap hari kita evaluasi, kalau kita lihat ini memberikan solusi dan kelancaran ini akan kita permanenkan dengan membuat portal. Nanti kita koordinasi sama Dinas Provinsi bagaimana kondisi yang kita lihat setiap hari,” tukasnya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan