Header Ad

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

October 30, 2017
15 Views

Bumi biasa disebut sebagai planet biru karena sebagian besar daerah bumi merupakan perairan dan mempunyai dua macam gerak yaitu rotasi dan revolusi, bumi selalu bergerak mengelilingi matahari.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

akibat dan pengaruh yang disebabkan oleh gerak bumi mengakibatkan hal-hal yang tidak banyak kita ketaui misalnya gerak semu harian matahari, bukan matahari yang bergerak dari timur ke barat namun bumilah yang bergerak mengelilingi matahari.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

namun banyak dari kita yang belum tahu tentang itu, lalu apalagi pengaruh-pengaruh yang ditimbulkan dari gerak bumi? untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

1. Rotasi Bumi dan Pengaruhnya

Bumi yang kita tempati ini ternyata tidak diam, melainkan bergerak berputar pada porosnya atau sering kita kenal dengan istilah rotasi bumi.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

a. Periode Rotasi Bumi

Periode rotasi bumi ditentukan dengan gerak atau peredaran bintang, yaitu gerak semu harian sebuah bintang. Untuk satu kali rotasi, bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit atau sering dibulatkan menjadi 24 jam.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

b. Akibat-Akibat Rotasi Bumi

Bumi berotasi pada sumbunya dengan arah yang berlawan dengan arah jarum jam, yaitu dari barat ke timur. Gerak rotasi bumi menyebabkan berbagai peristiwa antara lain sebagai berikut.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

1. Pergantian siang dan malam
2. Gerak semu harian matahari
3. Perbedaan waktu

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

Waktu Indonesia Barat (WIB) memiliki selisih waktu dengan GMT sekitar 7 jam (WIB =  GMT +7 jam)
Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki selisih waktu dengan GMT sekitar 8 jam (WITA = GMT + 8 jam)
Waktu Indonesia Timur (WIT) memiliki selisih waktu dengan GMT sekitar 9 jam (WIT =  GMT + 9 jam)

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

4. Perbedaan Percepatan Gravitasi di Permukaan Bumi
5. Pembelokan Arah Angin
6. Pembelokan Arus Laut

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

2. Revousi Bumi dan Akibatnya

Revolusi bumi adalah gerak bumi pada orbitnya mengelilingi matahari.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

a. Periode Revolusi Bumi

Bumi beredar mengelilingi matahri menurut bidang orbit yang datar atau disebut ekliptika. Selama berevolusi, poros bumi membentuk sudut sebesar 23,5 terhadap sumbu vertikal ekliptika.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

Waktu yang dibutuhkan bumi untuk mengelilingi matahari satu kali putaran adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 sekon, yang disebut dengan 1 tahun pada penanggalan Masehi.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

Arah revolusi bumi adalah negatif tau berlawanan dengan arah jarum jam. Orbit planet-planet lain tidak sebidang dengan ekliptika. Sudut antara bidang orbit planet lain dan ekliptika disebut inklinasi.

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

b. Akibat-Akibat Revolusi Bumi

Revolusi bumi membawa beberapa pengaruh terhadap bumi antara lain sebagai berikut.

1. Pergantian Musim

Adanya kemiringan sumbu bumi 23,5 mengakibatkan kecondongan arah sumbu bumi berubah-ubah sehingga mengakibatkan terjadinya pergantian musim. Adapun pergantian musim di bumi sebagai berikut.

a. 21 Maret-21 Juni. Kutub utara bumi semakin condong ke arah matahari, sedangkan kutub selatan bumi semakin condong menjauhi matahari. Hal ini mengakibatkan belahan bumi utara mengalami musim semi (spring), sedangkan bagian bumi selatan mengalami musim gugur (autumn).

b. 21 Juni-23 September. Kutub utara bumi berhadapan langsung dengan matahari sehingga mendapat lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi selatan. Hal ini mengakibatkan belahan bumi utara mengalami musim panas (summer), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim dingin (winger).

c. 23 September-22 Desember. Kutub utara bumi semakin condong menjauhi matahari, sedangkan kutub selatan bumi semakin condong ke arah matahari. Hal ini menakibatkan belahan bumi utara mengalami musim gugur (autumn), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim semi (spring).

d. 22 Desember-21 Maret. Kutub utara bumi condong ke arah matahari, sedangkan kutub selatan  bumi condong menjauhi matahari. Hal ini mengakibatkan belahan bumi utara mengalami musim panas (summer), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim dingin (winter).

2. Gerak Semu Tahunan Matahari

Matahari tampak terbit dari tempat yang berbeda setiap periode tertentu dalam setahun, padahal matahari sebenrnya tidak mengalami perubahan posisi, kenampakan ini terjadi akibat revolusi bumi. Matahari seolah-olah bergerak atau berpindah tempat, maka gerak ini sering disebut gerak semu tahunan matahari.

3. Perbedaan Lamanya Siang dan Malam

Gerak semu tahunan matahari menyebabkan perubahan panjang waktu siang dan  malam. Ketika bulan maret atau september, matahari berada tepat di atas khatulistiwa. Hal ini berarti cahaya matahari terbagi sama rata di belahan bumi bagian selatan dan utara. Oleh karena kedua belahan bumi mendapat sinar matahari yang sama, panjang waktu siang sama dengan panjang waktu malam.

Berbeda keadaannya ketika bulan Juni, matahari berada di atas belahan bumi bagian utara, ini berarti belahan bumi bagian utara lebih banyak menerima sinar matahari. Hal ini mengakibatkan belahan bumi bagian utara waktu siang lebih lama daripada waktu malam. Akan tetapi, di bumi bagian selatan yang hanya sedikit menerima sinar matahari, waktu malam lebih panjang daripada waktu siang.

4. Terlihatnya Rasi Bintang yang Berbeda dari Bulan ke Bulan

Gerak revolusi bumi juga mengakibatkan rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan. Rasi bintang adalah kumpulan beberapa bintang yang membentuk pola tertentu.

5. Kalender Matahari

Matahari dikatakan menempuh satu lingkaran penuh ekliptika (360) jika matahari bertolak dari sebuah bintang sejati sampai di bintang itu lagi. Waktu yang dibutuhkan disebut satu tahun siderik, lamanya 365 hari 6 jam 9 menit 10 sekon.

Adapun peredaran semu matahari yang beredarnya matahari mengelilingi bumi dari titik Aries kembali ke titk itu lagi. Tititk Aries adalah titik perpotongan antara eekliptika dan ekuator. Peredaran semu matahari tersebut membututhkan waktu 365 hari 5 jam 48 menit 46 sekon, dan disebut satu tahun tropik.

Satu tahun Tropik degunakan sebagai dasar perhitungan tarikh Syamsiyah seperti tarikh Masehi atau tarikh Matahari.

Sekian penjelasan saya tentang akibat dan pengaruh yang disebabkan oleh gerak bumi semoga dengan membaca artikel ini dapat membuat anda lebih memahami tentang semesta raya ini yang masih banyak bagian-bagian yang belum anda ketahui, terimakasih dan sampai jumpa.

 

Google

 

Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 825000 hasil (0,40 detik)
Hasil Telusur
Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi | Belajar
wwwbelajarbiologixyz › biologi › pendidikan
Bumi biasa disebut sebagai planet biru karena sebagian besar daerah bumi merupakan perairan dan mempunyai dua macam gerak yaitu rotasi dan revolusi,
5 Akibat Terjadinya Revolusi Bumi – Ilmusiana
wwwilmusianacom › Ilmu Bumi
5 Okt 2015 – Nah, hal inilah yang menjadi inti pembicaraan kita dalam uraian ini Seperti apa akibat yang ditimbulkan dari adanya gerakan revolusi bumi?
3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi – Ilmusiana
wwwilmusianacom › Ilmu Bumi
Rotasi bumi memiliki akibat tersendiri yang dirasakan oleh semua kehidupan yang jauh pengaruh atau dampak yang ditimbulkan akibat adanya gerak rotasi tersebut, Gerak rotasi bumi tersebut mendatangkan beberapa akibat bagi bumi
Gerakan Bulan dan Akibatnya – Informasi-Pendidikancom
wwwinformasi-pendidikancom › Fisika › Pelajaran
8 Mar 2015 – Tahukah kamu gerakan apa saja yang dilakukan bulan ? Bulan merupakan adalah satelit alami yang dimiliki oleh bumi bulan tidak
12 akibat rotasi bumi – Pelajaran Paling Lengkap Se-Indonesia
pelajaran-lengkapblogspotcom › Astronomi
1 Apr 2012 – Gerak semu harian matahari diakibatkan oleh rotasi bumi disebabkan terganggunya jam biologis tubuh akibat dari perubahan terang (siang
jelaskan gerakan bumi serta akibat akibatnya! – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Geografi
Revolusi bumi (gerak bumi mengelilingi matahari) akibatnya: gerak semu tahunan matahari, perbedaan rasi bintang, pergantian musim rotasi bumi (gerak bumi
Rotasi Bumi #1: Terjadinya Siang dan Malam | Begawan Ariyanta
https://begawanariyantawordpresscom//rotasi-bumi-1-terjadinya-siang-dan-malam/
3 Feb 2013 – Terjadinya siang dan malam tersebut disebabkan oleh gerakan berputar ada 11 (sebelas) akibat lain yang dapat terjadi karena rotasi Bumi,
Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi « bacalah dengan kesungguhan
https://rahasiamawarwordpresscom/2008/05/15/pengaruh-rotasi-dan-revolusi-bumi/
15 Mei 2008 – Pengaruh akibat Revolusi Bumi 1 Pergantian musim 2 perbedaan lamanya siang dan malam 3 Gerak semu matahari 4 Terlihatnya rasi
Rotasi dan Revolusi pada Bumi dan Bulan berikut akibat yang
bejhkablogspotcom › IPA
1 Mar 2014 – Bumi berotasi dari barat ke timur, gerak rotasi Bumi menyebabkan berbagai Revolusi Bumi membawa beberapa pengaruh terhadap Bumi
Rotasi Bumi: Pengertian, Proses, Dampak dan Manfaat – IlmuGeografi
https://ilmugeograficom › Ilmu Bumi
10 Apr 2017 – Perputaran atau rotasi bumi ini akan semakin melambat karena pengaruh dari gaya gravitasi bulan (baca: gerhana bulan) Pelambatan gerak
Penelusuran yang terkait dengan Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi
akibat gerakan bumi terhadap matahari
planet dan satelit dalam tata surya
jelaskan perbedaan antara pasang perbani dengan pasang purnama
sebutkan lapisan atmosfer dan dimanakah terjadi peristiwa cuaca pada atmosfer bumi
akibat rotasi bulan
pengaruh kemiringan orbit bulan sebesar 5 2 adalah terjadinya
pengaruh kemiringan orbit bulan sebesar 5 2 derajat adalah terjadinya
akibat revolusi bumi

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

akibat gerakan bumi terhadap matahari

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 408000 hasil (0,28 detik)
Hasil Telusur
AKIBAT GERAKAN BUMI DAN BULAN TERHADAP MATAHARI
irawatiardiblogspotcom/2017/01/akibat-gerakan-bumi-dan-bulan-terhadaphtml
23 Jan 2017 – GERAKAN BUMI ROTASI DAN REVOLASI BUMI A ROTASI BUMI Rotasi bumi adalah gerakan perputaran bumi pada porosnya Akibat Rotasi
Pergerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari | DUNIA IPA
https://dediekohwordpresscom/8//pergerakan-bumi-dan-bulan-terhadap-matahari
Akibat Rotasi bumi adalah : Terjadinya siang dan malam,bumi berotasi, daerah-daerah di bumi yang terkena sinar matahari mengalami siang dan
Jelaskan gerakan bumi serta akibatnya | Tanya Tugas Sekolah Ke
gurupintarcom › Forums › Pelajaran › Geografi
8 Feb 2016 – Jelaskan gerakan bumi serta akibatnya ? melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,5 derajat terhadap matahari, sudut
jelaskan gerakan bumi serta akibat akibatnya! – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Geografi
Revolusi bumi (gerak bumi mengelilingi matahari) akibatnya: gerak semu tahunan matahari, perbedaan rasi bintang, pergantian musim rotasi bumi (gerak bumi
Menjelaskan Akibat Gerakan Bumi/Bulan Terhadap Matahari | Bank
https://banksoalcomblogspotcom › Bedah Kisi-kisi › IPA › Kelas 6 › Soal UN SD
7 Mar 2017 – Menjelaskan Akibat Gerakan Bumi/Bulan Terhadap MatahariSesuai dengan kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah IPA untuk SD di Tahun
8 Akibat Gerakan Bumi / Bulan Terhadap Kehidupan di Bumi – Aristoid
https://wwwaristoid/8-akibat-gerakan-bumibulan-terhadap-kehidupan-di-bumi/
10 Sep 2015 – 8 Akibat Gerakan Bumi / Bulan Terhadap Kehidupan di Bumi Bagian-bagian bumi akan mendapatkan sinar matahari secara bergantian
Akibat dan Pengaruh yang Disebabkan oleh Gerak Bumi | Belajar
wwwbelajarbiologixyz › biologi › pendidikan
Revolusi bumi adalah gerak bumi pada orbitnya mengelilingi matahari a Revolusi bumi membawa beberapa pengaruh terhadap bumi antara lain sebagai
akibat gerak bumi/bulan terhadap matahari dan tahun – tata surya dan
blog-tatatahunblogspotcom/2016/10/akibat-gerak-bumibulan-terhadaphtml
4 Okt 2016 – AKIBAT GERAKAN BUMI/BULAN TERHADAP MATAHARI blog-gerhanatatasuryablogspotcom AROTASI BUMI Rotasi bumi adalah
Gerakan Bumi dan Bulan – Media Belajar
wwwmediabelajarinfo › IPA
4 Nov 2012 – Akibat rotasi dan revolusi Bumi mengakibatkan beberapa peristiwa Gerakan Bumi mengelilingi Matahari disebut revolusi Bumi Untuk satu kali revolusi, Revolusi Bumi membawa beberapa pengaruh terhadap Bumi
5 Akibat Terjadinya Revolusi Bumi – Ilmusiana
wwwilmusianacom › Ilmu Bumi
5 Okt 2015 – Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5 Akibat revolusi bumi yang kedua adalah terjadinya gerak semu
Penelusuran yang terkait dengan akibat gerakan bumi terhadap matahari
bumi melakukan gerakan pada porosnya sebutkan akibat gerakan bumi itu brainly
peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat gerakan bumi dan bulan terhadap matahari
bagaimana hubungan antara gerakan bumi dan bulan terhadap matahari pada peristiwa gerhana
peristiwa rotasi dan revolusi bumi
mendeskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
gerakan bumi mengelilingi matahari disebut
akibat gerakan bulan terhadap matahari
sebutkan lapisan atmosfer dan dimanakah terjadi peristiwa cuaca pada atmosfer bumi

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

bumi melakukan gerakan pada porosnya sebutkan akibat gerakan bumi itu brainly

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 1900 hasil (0,67 detik)
Hasil Telusur
bumi melakukan gerakan pada porosnya, sebutkan akibat – Brainly
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Bahasa lain
2 Apr 2017 – bumi melakukan gerakan pada porosnya, sebutkan akibat gerakan bumi itu! – 10106721
jelaskan gerakan bumi serta akibat akibatnya! – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Geografi
akibatnya: gerak semu tahunan matahari, perbedaan rasi bintang, pergantian musim rotasi bumi (gerak bumi berputar pada porosnya) akibatnya: pergantian
bumi melakukan gerakan pada porosnya,Sebutkan akibat – Brainly
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Bahasa lain
14 Mei 2017 – bumi melakukan gerakan pada porosnya,Sebutkan akibat gerakan bumi itu – 10645306
sebutkan akibat dari bumi berputar pada porosnya – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Dasar › Fisika
26 Okt 2016 – Akibat gerak rotasi bumi dari barat ke timur maka Matahari terlihat bergerak terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat Pada
Bumi melakukan gerak pada porosnya, sebutkan akibat dari – Brainly
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Kimia
7 Jun 2017 – Akibat gerak porosnya/akibat Rotasi bumi; 1Pergantian Siang Dan Malam 2Gerak Semu Harian Matahari 3Pembelokan /Perubahan Arah
Jelakan gerakan bumi serta akibat akibatnya – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Geografi
Revolusi Bumi ( Bumi Mengelilingi Matahari ) Akibat : Pergantian musim Kalender masehi Rotasi Bumi ( Bumi berputar pada porosnya ) Akibat : Siang dan
Sebutkan tiga akibat bumi pada porosnya – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Dasar › Biologi
Perputaran bumi pada porosnya mengakibatkan : 1 gerak semu harian matahari 2 pergantian siang dan malam 3 perbedaan waktu di berbagai belahan dunia
jelaskan tiga gerakan bulan dalam peredarannya! – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Geografi
Bulan berotasi : bulang berputar pada porosnya Selain beredar mengelilingi bumi, bulan juga melakukan gerakan bersama bumi mengelilingi matahari
Rotasi dan Revolusi pada Bumi dan Bulan berikut akibat yang
bejhkablogspotcom › IPA
1 Mar 2014 – Bumi mempunyai dua macam gerakan, yaitu rotasi dan revolusi Akibat Perputaran Bumi pada porosnya disebut rotasi Bumi Untuk satu kali
Rotasi dan Revolusi Bumi,,, | Arem4ni4’s Blog
https://arem4ni4wordpresscom/rotasi-dan-revolusi-bumi/
Sedangkan pada gerak putar revolusinya, bumi bergerak putar dengan Waktu yang diperlukan Bumi untuk melakukan satu kali gerak rotasi adalah 24 jam
Penelusuran yang terkait dengan bumi melakukan gerakan pada porosnya sebutkan akibat gerakan bumi itu brainly
sebutkan lapisan atmosfer dan dimanakah terjadi peristiwa cuaca pada atmosfer bumi brainly
sebutkan lapisan atmosfer dan dimanakah terjadinya peristiwa cuaca pada atmosfer bumi
sebutkan lapisan atmosfer dan di manakah terjadi peristiwa cuaca pada atmosfer bumi
akibat gerakan bumi terhadap matahari
jelaskan gerakan bumi serta akibat-akibatnya
macam macam batuan sedimen dan contohnya
planet dan satelit dalam tata surya
sebutkan lapisan atmosfer dan dimanakah terjadi peristiwa cuaca brainly

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi
Buzz
5 views
Buzz
5 views

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi

Lahiya - November 19, 2017

Ada sebuah pepetah mengatakan, tua-tua keladi, makin tua tambah jadi. Entah itu sebuah kebetulan atau tidak, namun kiasan itu seolah…

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen

Lahiya - November 19, 2017

Menjamurnya artis tanah air membuat para audiens kadang-kadang memiliki cara pandang yang unik. Misalnya, artis cilik yang menggunakan make up…

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Lahiya - November 19, 2017

Kemenangan Bhayangkara FC dalam liga satu musim 2017 sempat mejadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang setuju karena memang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan