Andai Perang Dunia Ketiga Meletus, 10 Negara Akan Aman. Indonesia Masuk?

Posted on

Lahiya – Presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu mengumumkan sesuatu yang begitu kontroversial. Trump memberikan pengakuan kepada Yerussalem sebagai ibu kota Israel. Kebijakan Trump itu pun dinilai kontroversial, sebab dapat memicu di kawasan Timur Tengah.

Kalau konflik tersebut terus meluas, maka tak cuma Timur Tengah saja, bisa jadi Perang Dunia ketiga akan meletus. Akibatnya negara-negara ada yang  bakal masuk ke dalam berbagai macam kubu perang. Ini akan mengacaukan kondisi serta tatanan dunia.

Tetapi, kalau perang itu memang benar terjadi, bukannya umat manusia tak mempunyai harapan. Karena ada sejumlah negara yang bisa dibilang masih aman untuk ditinggali. Layaknya dalam sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Daftar Populer pada 1 September 2017.

Baca juga: Ajaib! Ponsel Lama Jadi Baru Mengkilap karena Benda Ini

Dilansir dari Tribunnews.com, menurut akun tersebut ada setidaknya 10 negara yang terbilang aman ketika Perang Dunia ketiga meletus.

1 Swiss

Swiss selama ini dikenal sebagai negara yang relatif tenang. Dengan lokasi yang dikelilingi oleh pegunungan, membuat negara ini relatif aman. Setiap perang besar terjadi , Swiss juga mempunyai tradisi untuk mengambil posisi netral.

2 Tuvalu

Lokasi negara ini amat sangat jauh di tengah Samudera Pasifik. Namun, ada bahan makanan melimpah di negara ini. Dengan jumlah penduduk kecil, negara ini pun menjadi kurang diperhitungkan ketika terjadi konflik militer dengan negara mana pun di dunia.

3 Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara yang berkembang. Lokasi negara ini di bagian selatan membuatnya cukup terpencil, sehingga dari berbagai ancaman militer negara ini relatif aman.

Baca juga: Pria Tiongkok Berbaju Tentara Berkeliaran di Pasar, Kapolsek dan Danramil Langsung Menemuinya. Hasilnya?

4 Bhutan

Negara ini dikelilingi oleh Pegunungan Himalaya. Sehingga membuat negara ini memiliki benteng alami. Selain itu, dalam urusan konflik dunia Bhutan juga selalu mengambil sikap netral.

5 Chili

Terletak di Amerika Selatan, Chili memiliki riwayat negara yang jauh dari kata “kelam” soal perang. Itu yang membuat negara ini relatif stabil dalam konflik dunia.

6 Islandia

Negara Islandia letaknya berada di belahan bumi utara. Menempati urutan pertama dalam daftar indeks perdamaian global 2016, Islandia menjadi salah satu negara netral yang tak berbagi perbatasan dengan negara manapun di dunia.

7 Denmark

Denmark sesungguhnya merupakan anggota Pakta Militer NATO. Akan tetapi, di Denmark ada satu wilayah yang dianggap aman ketika terjadi perang. Yakni, wilayah Greenland. Alasannya lantaran lokasi itu letaknya cukup terpencil.

Baca juga: Waduh! Dikira Korban Kecelakaan, Fakta di Balik Foto Remaja Ini Malah Bikin Netizen Kesal

8 Malta

Jika bercermin dari sejarah, pada masa lampau sejumlah negara selalu saja gagal untuk menganeksasi wilayah itu. Wilayah tersebut memang kecil, sehingga segala perang yang mungkin terjadi di sana akan menjadi sia-sia.

9 Repulik Irlandia

Tak terlibat dalam konstelasi politik negara manapun, negara ini cukup netral. Karena itulah, Republik Irlandia akan bisa aman seandainya konflik antar negara di dunia yang terjadi semakin memanas.

10 Fiji

Terletak di lokasi yang cukup terpencil, negara ini berada di Samudera Pasifik. Fiji yang netral membuat posisi negara ini aman apabila terjadi perang dunia ketiga.

Sementara, Indonesia terbilang masih belum cukup aman. Namun, Indonesia dapat menerapkan langkah-langkah supaya negara ini tetap aman. Seperti dengan bersikap netral, serta turut berperan aktif dalam menghentikan perang itu agar tak sampai terjadi.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan