kesamaan-borobudur-eiffel-dan-tembok-china

Mengejutkan, Inilah Persamaan Eiffel, Candi Borobudur, dan Tembok Cina?

Posted on

Ketiganya adalah bangunan yang dibuat dengan tingkat kesulitan dan jumlah pekerja yang tidak sedikit. Namun, dengan konsistensi dan kebersamaan, tiga pemandangan megah ini bisa kita nikmati hingga sekarang.

Lahiya! Semegah apakah ketiganya?


Menara Eiffel


menara eiffel

Kita mulai pertama kali dari Menara Eiffel. Nama menara ini diambil dari nama perancangnya, Eiffel. Niat awalnya, Eiffel ingin struktur bangunan miliknya didirikan di Barcelona untuk nantinya menjadi bagian dari Pameran Universal pada tahun 1888.

Niat ini tidak tercapai karena desain Eiffel, bagi panitia acara, dipandang aneh, sekaligus mahal dan tidak pas dengan kota. Diceritakan, Eiffel tetap berhasil mendirikan menaranya untuk sebuah pameran, meski bukan pameran di Barcelona. Tepatnya untuk Exposition Universelle, pameran level internasional sekaligus perayaan 100 tahun Revolusi Perancis.

Tingkat kesulitan dan resiko yang diambil saat pembangunan menara ini benar-benar bukan main. Pengerjaan menara ini membutuhkan setidaknya 300 pekerja. Tugas-tugas mereka adalah menggabungkan 18 ribu lebih bagian besi benam, dan “memakan” 2.5 juta paku dalam bentuk struktural.

Mereka harus berhati-hati selama pengerjaan, terutama ketika menggunakan rel bantu, layar, dan takal gerak. Meski tingkat kerumitannya cukup menyita kehati-hatian dan kesabaran, menara Eiffel berhasil diselesaikan dan diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka pada 6 Mei 1889.

Lucunya, pengerjaan menara Eiffel dianggap sebagai “masalah”. Media nasional Perancis memuat berbondong kritik dari berbagai lapisan di masyarakat Paris. Eksistensi menara yang berdiri tepat di tepi sungai Seine, Champ de Mars ini diprotes karena mengganggu kepentingan publik.

Nah, situasinya menjadi lebih lucu setelah izin pendiriannya expired, menara ini tetap tak dirobohkan, tetap tegap berdiri, dan malah mendatangkan keuntungan bagi negara karena menjadi salah satu bangunan paling terkenal yang pernah ada.

Baca juga:


Candi Borobudur


Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan