Arti Barakallah Fii Umrik dan Penjelasan Lengkap

Barakallahu Fii Umrik-Waktu menghadiri undangan pengantin kalimat barakallahu lakuma juga seringkali didapati, terlebih dengerin lagu Barakallah yang dilantunkan oleh penyanyi muslim Internasional Maher Zain. Lagu itu diisi hadits Rasul yang mempunyai tujuan untuk mendoakan ke-2 pasangan pengantin.

Saat ada rekan, teman dekat sesama muslim atau keluarga anda yang tengah milad tentu yang bakal terbenak dalam diri anda yaitu mengatakan kalimat barakallah fi umrik. Saat usia seorang bertambah bukanlah waktunya untuk bersenang-senang, namun semestinya anda bersedih. Lantaran pada intinya usia seorang bukannya makin tambah namun berkurang.

Seiring waktu berjalan, umumnya orang bakal berasumsi kalau usia sudah jadi tambah saat seorang masuk tanggal lahirnya itu adalah pemikiran yang kurang pas. sesungguhnya saat seorang masuk tanggal lahirnya lagi jadi umurnya bakal menyusut.

Oleh karena itu, supaya semua hidupnya memperoleh barakah dari Allah SWT sepatutnya kita mendoakan mereka yang milad dengan mengatakan barakallah fii umrik.

APA ARTI BARAKALLAH FII UMRIK

barakallah

Barakallah mempunyai makna yakni “semoga memperoleh barokah dari Allah”, ada pula yang mengartikan “semoga diberkahi Allah”.

Bermakna barakallah fii umrik ini berarti “semoga memperoleh barokah dari Allah dalam usiamu”. Dapat pula disimpulkan “semoga diberkahi Allah di usiamu waktu ini”.

Hakikatnya, disampaikannya kalimat barakallah adalah bacaan doa pada seseorang supaya memperoleh limpahan rahmat serta hidayah dari Allah SWT dalam semua segi kehidupan.

MAKSUD DIUCAPKANNYA BARAKALLAH FII UMRIK

milad barakallah

Dalam kata Barakallah terdapat arti ‘semoga memperoleh barokah dari Allah’, ada pula yang memaknai ‘semoga diberkahi Allah’. Sedang arti barakallah fii umrik ailah ‘semoga memperoleh barokah dari Allah dalam usiamu’. Dapat pula ditranslate ‘semoga diberkahi Allah di usiamu saat ini’.

loading...

Pada intinya pengucapan kalimat barakallah adalah doa untuk seseorang agar diberikan limpahan rahmat serta hidayah dari Allah SWT dalam semua pojok kehidupan.

Barakallah fii umrik adalah kalimat yang pas untuk disampaikan saat ada yang milad.

Tiap-tiap manusia mempunyai jalan kehidupannya semasing. Ada yang baik serta ada pula yang jelek. Ada yang perjalanan hidupnya lancar tanpa ada kendala serta ada pula yang perjalanan hidupnya yang penuh dengan ujian. Memanglah seperti tersebut hidup, mungkin saja anda beranggapa kalau ada seorang yang mempunyai hidup yang lancar tanpa ada kendala.

Sebenarnya orang yang menyebutkan hal itu belum tahu makna kehidupan sebenarnya. Lantaran kehidupan seorang akan tidak pernah luput dari ujian. Namun lantaran orang itu menjalaninya dengan sabar serta tawakkal pada Allah SWT, jadi ujian-ujian itu di buat Allah jadi gampang.

Bila anda mau memperoleh hidup yang nyaman sudah pasti mesti ada campur tangan dari Allah SWT. Mendoakan seseorang dengan mengatakan barakallah itu sudahlah cukup supaya kehidupan orang lain jadi baik. Namun ingatlah jangan sampai anda selalu mengharapkan untuk minta doa pada orang lain, minta doalah pada Allah SWT lantaran Dialah yang Maha Pemberi Keringanan.

JAWABAN JIKA DIBERI DOA BARAKALLAH FII UMRIK

Barakallah fii umrik adalah doa yang baik

Kadang-kadang orang lupa saat telah diberikan doa untuk membalas doa itu pada rekan, teman dekat atau keluarga yang telah mendoakannya. Seperti menjawab salam, saat ada orang yang memberi salam pada anda atau pada orang lain jadi keharusan anda yaitu menjawab salam itu. Lantaran salam yang di baca “Assalamu ‘alaikum” adalah doa supaya memperoleh keselamatan.

Saat ada orang yang mengatakan kata doa barakallah pada anda, maka anda mesti menjawab doa itu dengan mengatakan “wa fiikum barakallah”, yang berarti “dan padamu juga barokah Allah”. Hal semacam ini yang bikin tiap-tiap orang muslim jadi makin kuat, yakni dengan sama-sama mendoakan.

INTISARI

Bila ada rekan anda yang tengah milad, maka doakanlah dia dengan mengatakan barakallah fii umrik karenanya adalah doa supaya dalam kehidupan rekan anda jadi tambah baik. Percayalah dengan doa itu rekan anda bakal bahagia sepanjang melakukan hidupnya.

Demikian halnya saat anda tengah milad, tentunya rekan-rekan sekitarmu bakal mengatakan barakallah fii umrik. Lantaran rekan-rekan anda menginginkan anda hidup bahagia serta dapat menebarkan kebahagiaan itu pada orang lain.

barakallah fi umrik yaitu kata yang pas untuk disampaikan pada rekan anda yang lagi milad

Barangkali boleh-boleh saja dengan merayakannya dengan makan bersama keluarga atau bersama-sama kawan-kawan serta lakukan pesta kecil-kecilan (yang pasti pesta itu tak boleh dengan beberapa hal yg tidak diijinkan dalam islam) serta tak terlalu berlebih. Hal semacam itu mungkin saja dapat menjadi sinyal kalau anda masihlah diberikan kehidupan oleh Allah SWT jadi disyukuri dengan makan berbarengan.

Namun ingatlah, dengan datangnya milad bermakna usia anda sesungguhnya bukanlah jadi tambah namun menyusut. Perbanyaklah kesibukan yang berkaitan dengan Allah SWT jadi Allah SWT bakal mempermudah semua pekerjaan anda.

Mudah-mudahan anda dapat beristiqomah dalam mendoakan orang lain dengan mengatakan barakallah pada orang yang tengah milad.

Sebuah Video Barakallah Fii Umrik

 

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan