Arti Barakallah dan Penjelasan Lengkap Kapan Diucapkan

Arti Barakallah

“Barakallah bro!”

Kata barakallah sangatlah familiar di telinga anak muda jaman saat ini terutama di kelompok organisasi atau beberapa kelompok muda islam, ormas islam serta grup pengajian. Tiap-tiap ada di antara mereka yang tengah ulang tahun, menikah, yang penting memperoleh satu kebahagiaan tentunya beberapa rekannya kirim satu ucapan dengan isi “barakallah”.

Pertanyaannya, apa makna dari barakallah itu?

Ketahuilah kalau sebenarnya ungkapan barakallah tidaklah satu ungkapan simpel sebagai pemanis dalam satu perbincangan semata. Kata barakallah adalah satu ungkapan yang memiliki kandungan doa.

ARTI BARAKALLAH

barakallah

Barakallah sendiri mempunyai makna yakni “Semoga diberkahi Allah”. Umumnya lagi ada pula orang yang memberikan barakallah fiikum, yang berarti nyaris sama juga dengan yang pertama cuma ditambahkan kata “kepadamu” atau “kepada kalian”. Dengan adanya ini kita telah mengetahui sedikit mengenai makna dari kata barakallah.

Sang pengucap mengharapkan supaya orang yang memperoleh atau terima kalimat itu memperoleh kebahagiaan yang diberkahi oleh Allah SWT. Sang pengucap juga menginginkan supaya doanya itu juga dibalas juga padanya dengan bacaan “wa fiikum barakallah”, yang berarti “dan padamu juga barokah Allah”.

Barakallah sendiri mempunyai makna yakni ” Mudah-mudahan diberkahi Allah “.

Dalam satu hadits dijelaskan. “Aku (‘Aisyah) memberikan hadiah pada Rasulullah SAW seekor domba, lalu beliau menyampaikan, “Bagi dualah doba tersebut”. Telah jadi rutinitas ‘Aisyah R. A bila pembantunya telah kembali dari melaksanakan yang seumpama maka ia bertanya, “Apa yang mereka katakan? ”. Pembantunya menjawab, “Barakallah fiikum (Mudah-mudahan Allah memberkahi kalian). ” ‘Aisyah menyampaikan : “Wa fiihim barakallah (mudah-mudahan Allah memberkahi mereka) ”. Kita sudah membalas doa mereka dengan doa yang sama serta tetaplah memperoleh pahala atas perbuatan baik yang sudah kita kerjakan (menghadiahkan seekor domba).

loading...

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGUCAPKAN KATA BARAKALLAH?

ULANG TAHUN

milad barakallah

Ini merupakan waku yang pas untuk mengatakan kalimat barakallah, lantaran dengan menambahnya umur makin pendek juga saat untuk hidup didunia ini. Dengan berikan doa padanya supaya memperoleh barokah kehidupan pada Allah SWT dalam tiap-tiap jalan kehidupan orang itu. Barakallah untuk orang yang saat ini tengah ulang tahun biasanya diucapkan dengan barakallah fii umrik

PERNIKAHAN

apa dan bagaimana proses taaruf

Pernikahan adalah sejarah untuk orang yang mengawali dunia percintaan. Dengan memperoleh seorang pendamping hidup hingga akhir hayat kelak, jadi butuh doa yang bisa membuat lancar kehidupan tempat tinggal tangganya. Dalam satu lirik musik populer Maher Zain terkutip satu kalimat doa pernikahan :

Barakallahu lakuma – Mudah-mudahan barokah Allah dilimpahkan padamu.
Wa baraka ‘alaikuma – serta mudah-mudahan barokah Allah dilimpahkan atas kalian berdua.
Wa jama’a baina kuma fii khair – Serta mengumpulkan engkau berdua dalam kondisi baik (bahagia).

ORANG MUALLAF

makna barakallah

Orang yang baru masuk islam layak untuk memperoleh doa barakallah.

Untuk orang yang baru masuk agama islam pantaslah untuk memperoleh doa dari kita yang sesama muslim serta rekannya, supaya dia selale memperoleh ridho serta barokah dari Allah SWT. Mudah-mudahan amalan serta taubat dia di terima oleh Allah SWT.

Demikian doa yang umum kita lantunkan pada keluarga, rekan, teman dekat, serta saudara kita sesama muslim saat rasakan bebrapa saat bahagia. Saat pertambahan usia ada dua perasaan yang di dapat oleh seseorang, yang pertama yaitu rasa suka lantaran jadi tambah dewasa serta yang ke-2 yaitu rasa sedih kalau saat untuk hidup makin menyusut. Jadi cuma barokah Allah SWT yang bisa menyingkirkan rasa sedih itu.

Meskipun kadang-kadang bingung, bingung bagaimana caranya memberi kalimat paling baik untuk rekan-rekan terbaik disaat-saat yang paling baik menurut ajaran islam. Bukannya supaya tampak islami, namun lewat cara islami artinya sama juga membawakan benih-benih islam supaya jadi barakah. Perkataan Barakallah juga adalah pilihan yang pas, terkecuali maknanya yang baik, barakallah juga adalah doa.

Kadang-kadang juga kata barakallah disampaikan pada beberapa peristiwa yang kurang pas hingga tak cocok hal yang islami disampaikan pada hal yang kurang syari. Seperti pada rekan yang memperoleh pacar, apakah layak untuk diberikan kata barakallah? Mungkin saja mereka memiliki hak memperoleh kata barakallah saat cinta mereka telah disetujui serta dengan sistem yang benar serta halal, barulah layak untuk diberikan kata barakallah.

Nikah yaitu jawaban dari satu cinta sejati dari sepasang kekasih. Supaya cinta itu senantiasa diberkahi oleh Allah SWT, doalah yang senantiasa menaungi mereka. Perjuangan seseorang muallaf juga harus juga dalam limpahan barokah supaya dia istiqomah dalam melaksanakan ibadah pada Allah SWT.

KETIKA MENDENGAR KABAR ADA YANG MELAHIRKAN

membersihakn-2Btubuh-2Bbayi

Mengatakan barakallah pada bayi yang baru lahir.

Saat ada satu diantara rekan anda yang melahirkan, jadi sepantasnya supaya di beri doa supaya sang anak jadi anak yang sholeh sholehah serta berbakti pada bapak ibunya. Anak yang lahir juga adalah barakah dari Allah SWT, supaya lebih barokah lagi doakanlah.

ORANG YANG MENDAPATKAN KESUKSESAN ATAU KEBERHASILAN

sukses

Orang yang sukses melakukan suatu hal pantaslah untuk memperoleh perkataan barakallah.

Siapa coba yg tidak suka saat sukses dalam lakukan suatu hal atau saat memperoleh keberhasilan dalam bertugas? Sudah pasti rasa suka sekalian haru menemani perjalanannya. Alangkah sebaiknya lagi supaya diberikan doa berbentuk kata barkallah supaya perjuangannya jadi barokah serta memperoleh ridho Allah SWT.

KESIMPULAN

Barakallah adalah doa yang layak diberikan saat beberapa peristiwa bahagia. Tak ada batasan dalam pengucapan kata barakallah lantaran kata ini adalah doa yang layak diberikan pada siapapun. Kita mendoakan mereka yang baru menikah, muallaf, memperoleh kesuksesan serta memperoleh satu hadiah dari Allah berbentuk seseorang anak supaya senantiasa dalam naungan Allah serta senantiasa istiqomah dalam melaksanakan ibadah kepada-Nya.

Dari ini semuanya jangan pernah salah ucap kata barakallah. Barakallah adalah doa, serta doa cukup beberapa hal yang baik serta untuk kebaikan. Jangan pernah memberi kata barkallah untuk hal yg tidak sehubungan dengan hal-hal yang syar’i, lantaran memang tak layak hal yang baik diberikan pada hal yang jelek.

Mudah-mudahan dengan cuplikan ini semuanya berguna untuk kita semua Amiin.

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan