SHARE
Loading...

Fenonema bullying di lingkungan sekolah masih saja terjadi hingga saat ini. Termasuk baru-baru ini terjadi aksi bullying terhadap seorang mahasiswa berkebutuhan khusus di sebuah universitas swasta Tanah Air. Dari tahun ke tahun, kasus bullying bahkan mengalami peningkatan. Bukan saja menjadikan mental korban trauma, pada beberapa kasus bullying juga bisa memicu tindakan bunuh diri. Sungguh miris dan memprihatinkan.

Ternyata kasus bullying di lingkungan sekolah juga pernah dialami oleh sederet selebriti ternama lho. Mulai dari cibiran hingga perlakuan kasar seperti dipukul dan ditendang. Kendati demikian, mereka berhasil bangkit dan meraih kesuksesan.

Nah, berikut ini rangkuman dari berbagai sumber, 10 seleb yang pernah menjadi korban bully semasa sekolah, Selasa (18/7).

1. Tulus.

Pelantun lagu fenomenal ‘Pamit’, Muhammad Tulus Rusydi atau yang akrab disapa Tulus mengakui semasa kecilnya dulu ia pernah menjadi sasaran kekerasan teman-temannya. Salah satu lagunya yang bertajuk ‘Gajah’ yang diciptakannya ternyata menyimpan kisah bullying yang ia alami.

2. Tatjana Saphira.

Pemain film hits ‘Sweet 20’, Tatjana Saphira semasa sekolah juga memiliki pengalaman menjadi korban bully. Ia mengaku pernah disuruh-suruh dan dipalak. Tak hanya itu, di awal kariernya menjadi artis saat masih berusia 13 – 14 tahun pun ia mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari teman-temannya.

3. Jackie Chan.

Di balik sosoknya yang berkarisma dan menjadi salah satu aktor film action ternama di dunia, Jackie Chan memendam cerita kelam semasa sekolah. Aktor asal Hong Kong ini dulu pernah diolok sebagai seorang yang penakut. Banyak teman yang mengejeknya sebagai orang lemah dan tak bisa mempertahankan diri.

4. Prilly Latuconsina.

Memiliki tubuh mungil rupanya membuat Prilly Latuconsina menjadi korban bully saat di bangku sekolah. Di usianya yang menginjak remaja kala itu, pemain film ‘Danur’ ini terbilang tak memiliki banyak teman.

5. Citra Scholastika.

Penyanyi asal Yogyakarta ini mengaku pernah dibully selama hampir tiga tahun lamanya saat di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan pada saat itu Citra merasa takut untuk pergi ke sekolah.

6. Jennifer Lawrence.

Aktris yang tenar lewat karakter Katniss Everdeen di film seri Hunger Games ini rupanya semasa remaja pernah menjadi korban bully di sekolah. Ia dikucilkan dan tak diundang saat teman-teman sekolahnya mengadakan acara seperti pesta ulang tahun.

7. Christian Bale.

Menjadi aktor sejak remaja tak serta merta membuat Christian Bale mempunyai banyak teman. Bahkan teman-temannya tak ingin bergaul dengannya. Tak hanya itu saja, ia juga pernah dihina, dipukul, dan ditendang oleh teman-temannya di sekolah karena menganggapnya tak pantas menjadi selebriti.

8. Afgansyah Reza.

Berbagai intimidasi pernah dialami oleh Afgan selama tiga tahun menjalani pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Dia harus menjalani hari-hari sebagai korban bullying di sekolah. Afgan pun sempat mengalami tekanan mental. Saat masuk SMA, pelantun “Jodoh Pasti Bertemu” ini pun lantas bertekat untuk bangkit dari keterpurukannya.

9. Justin Timberlake.

Semasa kecilnya Justin Timberlake tinggal di lingkungan yang sebagian besar anak-anak dibesarkan dengan kegiatan olahraga. Namun, pria 36 tahun ini dulu memilih menghabiskan waktunya dengan musik dan drama. “Mereka menganggapku aneh dan berbeda. Mereka juga mengejekku dengan kata-kata yang tak pantas,” ungkap Justin Timberlake.

10. Rihanna.

Menempuh pendidikan di lingkungan sekolah yang mayoritas siswanya berkulit putih membuat Rihanna menjadi korban bully rasisme. Wanita yang akrab disapa Riri ini akhirnya tumbuh dengan rasa tidak percaya diri dan selalu menyendiri. Namun, kini ia bangkit dan menjadi salah satu selebriti yang menentang rasisme.