Awas! Hobi Simpan Struk Belanja Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Posted on

Lahiya – Apakah Anda termasuk orang yang suka mengumpulkan struk belanja? Bagi beberapa orang, mengumpulkan struk belanja dapat mempermudah mereka mengatur kas keuangannya. Orang memilih kebiasaan ini untuk memantau pengeluaran sehari-hari, bulanan dan bahkan hingga tahunan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kebiasaan ini untuk membandingkan harga sehingga pengeluaran pun bisa menjadi lebih hemat. Tak jarang, struk belanja dikumpulkan untuk menukar barang yang cacat hingga meminta reimbursement untuk kepentingan asuransi.

Namun siapa sangka jika kebiasaan yang baik bagi keuangan ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Fakta mengejutkan ini diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Michigan The Ecology Center. Seperti dikutip dari reportase Style.Tribunnews.com, Minggu (21/01/2018), penelitian ini menyebutkan bahwa struk belanja bahkan bisa memicu datangnya autisme, obesitas, hingga gangguan reproduksi. Sama sekali tak terduga, bukan?

BPA dan BPS

Lantas bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? Dilansir dari laman doktersehat.com, bahan kimia yang ada dalam struk, seperti BPA dan BPS bisa memberikan dampak buruk bagi hormon, sistem metabolisme tubuh, dan berbagai sistem lainnya.

Dalam riset ini, 207 sampel struk belanja yang berasal dari berbagai tempat layaknya restoran, supermarket, dan minimarket ternyata memang memiliki kandungan berbahaya BPA (bisphenol A) dan BPS (bisphenol S).

Baca juga: Jokowi Effect! Pejabat Ikut Lirik Motor Chopperland Seharga Ratusan Juta

Kandungan ini umumnya lebih sering ditemukan di benda-benda yang berbahan plastik. Kedua bahan kimia ini bisa langsung memberikan efek buruk bagi kesehatan begitu kita menyentuhnya.

Baik BPA ataupun BPS bisa memicu beberapa datangnya penyakit seperti asma, kanker, hingga diabetes.

Organisasi di bidang lingkungan dan kesehatan Safer Chemical, Healthy Families pun menyerukan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memegang atau menyimpan struk belanja karena adanya hal ini.

Bahkan, para ahli menyebutkan sebaiknya sebelum kita berbelanja atau melakukan hal-hal lain yang berpotensi membuat kita akan menerima struk belanja, jangan gunakan hand and body lotion. Mengapa? Karena ini hanya akan membuat kulit kita lebih cepat menyerap bahan kimia berbahaya dari struk tersebut.

Baca juga: Ketahui Penyebab Penglihatan Anda Menjadi Buram

Selain itu, segeralah cuci tangan Anda setelah memegang struk tersebut. Sebagai alternatif lain, jika Anda ingin tetap menyimpannya dalam jangka waktu lama, Anda bisa memfoto struk tersebut. Struk digital tentu bisa bertahan lebih lama serta tidak akan memenuhi dompet.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan