SHARE

Ahli bedah menemukan 27 lensa kontak menempel di mata seorang pasien perempuan berusia 67 tahun saat akan melakukan operasi katarak. Lensa yang menyerupai ‘blueish mass’ di mata pasien itu menyebabkan perempuan tersebut tidak nyaman, karena membuat mata di usia tuanya terasa kering. Kasus tersebut terjadi pada November 2016 lalu. Namun, baru saja dilaporkan di British Medical Journal.

“Tidak seorang pun dari kita pernah melihat ini sebelumnya. Massa itu sangat besar. Semua 17 lensa kontak itu saling menempel. Kami benar-benar terkejut pasien tidak menyadarinya, padahal kondisi itu akan menyebabkan iritasi,” kata Rupal Morjaria, spesialis mata yang menangani kasus ini di Rumah Sakit Solihull dekat Birmingham, mengatakan kepada Optometry Today.

Awalnya, spesialis mata menemukan 17 kontak lensa sebelum pemeriksaan lebih lanjut. Namun, setelah itu mereka mengungkapkan bahwa 10 lensa lainnya menempel di mata pasien tersebut.

Pasien tersebut mengatakan, dia telah memakai lensa kontak sekali pakai bulanan selama 35 tahun, namun tidak mengangkatnya kembali secara reguler. Dari hasil dari temuan tersebut, perempuan itu mengaku tidak menyadari lensa-lensa itu hilang dari matanya. Dia pun membiarkan operasinya ditunda karena risiko pengembangan endophthalmitis, peradangan pada bagian dalam mata, akan meningkat.

“Dia sangat terkejut. Ketika dia melihat dua minggu setelah saya melepas lensa yang dia katakan, matanya terasa lebih nyaman,” sambung Morjaria.

Perempuan tersebut tidak melaporkan gejala apapun dalam penilaian sebelum operasi. Demikian seperti dilansir dari Metro.

Loading...
Loading...