Bamsoet Disorot Hartanya Kekayaanya, Fahri Hamzah Membela

Posted on

Lahiya – Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat dilantik menjadi Ketua DPT menjadi sorotan karena harta kekayaanya yang dimilikinya. Akan tetapi Fahri Hamzah memiliki pandangan lain, Wakil Ketua DPR tersebut mengatakan jika koleganya itu sudah kaya sejak awal.

Sebelumnya Bamsoet banyak dibicarakan publik lantaran dianggap punya banyak koleksi mobil mewah serta jet pribadi.

“Publik harus diberi tahu bahwa Pak Bambang itu memang sudah kaya sejak awal. Dan saya dengar itu foto-fotonya, foto-foto lama,” kata Fahri dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (19/1/2018), dikutip dari cnnindonesia.com.

Fahri bahkan memberikan apresiasi terhadap sikap Bamsoet yang bersedia terbuka soal hartanya. Ia menduga jika keterbukaan tersebut dilatarbelakangi oleh profesi Bamsoet sebelumnya, yakni sebagai wartawan.

“Tidak ada salah menjadi mantan orang kaya atau bekas orang kaya, karena justru yang masalah adalah orang yang miskin lalu menjadi kaya karena kekuasaan,” ujarnya.

Baca Juga: Bamsoet Jadi Ketua DPR, Posisi Fahri Hamzah Terancam?

Dia juga mengajak publik mulai membiasakan diri untuk menilai sesuatu secara adil dan tidak menonjolkan untuk berfikir negatif.

Fahri juga menyarankan koleganya itu tidak berubah lantaran mendapat sorotan dari masyarakat. Bamsoet dianggapnya akan lebih baik jika berterus terang serta mengingatkan politisi Golkar itu untuk sadar jika semakin tinggi jabatan maka semakin banyak angin yang menggoyang.

“Dan dia harus tegar terutama dalam memimpin DPR ini, kan kelihatan juga masyarakat lihat pemimpin yang tegar, tidak mudah goyang,” katanya.

“Saya mengharapkan Pak Bambang tidak perlu berubah, yang penting dia tetap terbuka dan sadar bahwa sebagai pejabat publik memang kita selalu dalam sorotan,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya jika berdasarkan data LHKPN tahun 2016, Bambang tercatat memiliki sejumlah kendaraan bermotor mewah yang nilainya mencapai Rp18 miliar. Di antaranya, dua motor Harley Davidson, mobil Hummer H2, Land Rover, Toyota Vellfire, Bentley, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls Royce, Mercedez Benz, dan Toyota Fortuner.

Baca Juga: Pantang Mundur, PKS Kembali Berusaha Congkel Fahri Hamzah dari Kursinya

Ia juga tercatat memiliki kekayaan senilai Rp62.741.853.941 dan US$211.026. Jumlah tersebut meroket dua kali lipat dibandingkan total kekayaanya pada tahun 2010 yang dalam laporan LHKPN tahun tersebut, kekayaan Bamsoet tercatat Rp24.116.034.728 dan US$20.095.

Naiknya kekayaan itu bersumber dari nilai tanah dan bangunan. Pada tahun 2010 jumlah harta tak bergerak (tanah dan bangunan) milik Bambang hanya Rp8,7 miliar. Enam tahun kemudian, nilai tanah dan bangunan itu naik menjadi Rp38,7 miliar.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan