Bandingkan Kemiskinan di Jakarta dan Pelosok, Anies Bilang Begini

Posted on

Lahiya – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mengungkapkan pendapat dan pengalamannya soal kemiskinan di Jakarta. Menurutnya, terjadi ketimpangan yang sangat besar di Ibu Kota.

Anies mengaku pernah melihat gambaran kemiskinan dari berbagai pelosok Indonesia saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan mengelola program Indonesia mengajar.

Menurutnya, meski terjadi kemiskinan di pelosok, kemiskinan di Jakarta malah lebih parah.

“Jadi sudah sempat keliling ke pelosok yang jauh-jauh. Sudah lihat kesmikinan. Tapi waktu tahun lalu kampanye di Jakarta, rasanya seperti baru lihat kemiskinan,” katanya saat memberi sambutan dalam deklarasi Rumah Kebangkitan Indonesia di Is Plaza, Minggu (7/1/2018) kemarin, seperti dilansir kompas.com.

Baca juga: Gempar! Ahok Dikabarkan Gugat Cerai Veronica Tan. Apa Sebabnya?

Anies melanjutkan, kemiskinan di pelosok Indonesia menjadi tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kemiskinan di Jakarta.

“Kemiskinan yang saya lihat di pelosok itu menjadi nothing dibandingkan dengan kemiskinan di sini,” ujar Anies.

Mesnurutnya, di pelosok Indonesia, meski miskin warga bisa menghirup udara bersih, lahan yang ditinggali luas, serta sumber daya tersedia. Bahkan, mereka masih bisa menangkap ikan untuk dikonsumsi.

“Sampai di sini, miskin dalam kesempitan. Miskin dalam udara kotor, miskin dalam ketidakpastian pekerjaan, miskin dalam ketimpangan yang luar biasa,” lanjutnya.

Terkait ketimpangan dan kemiskinan yang terjadi di Jakarta itu, Anies mengajak mereka yang hadir untuk turut serta merubah Jakarta.

Baca juga: Heboh! Politikus PKS Ini DIlaporkan Istri ke-4 ke MUI

Hal ini disampaikannya di depan sejumlah tokoh pemrakarsa Gerakan Kebangkitan Indonesia. Diantaranya adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto dan Jenderal TNI (purn) Djoko Santoso. Anies berharap apa yang telah dimulai gerakan ini bisa diterapkan bersama di Jakarta.

“Saya ajak ke kita semua harus merumuskan bahwa perubahan yang pernah dirancang pendiri Republik ini harus jadi kenyataan di kota,” tukas Anies.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan