Begini Penampakan Tanggul Baswedan di Jatipadang yang Baru Diperbaiki

Posted on

Lahiya – Setelah sebelumnya jebol, tanggul di Kampung Air RT 003 RW 006 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, akhirnya beres diperbaiki. Seorang warga yang bernama Cepi menyebutkan tanggul tersebut telah rampung diperbaiki pada pekan lalu.

“Sebelum tahun baru sudah selesai,” ujar Cepi ditemui di rumahnya, Rabu (03/01/2018). Demikian seperti dikutip dari laporan Kompas.com, Rabu (03/01/2018).

Dengan tinggi sekitar 2 meter dari jalan dan tebalnya kurang lebih 30 sentimeter, tanggul yang oleh warga dinamai dengan “Tanggul Baswedan” tersebut jauh lebih kokoh bila dibandingkan dengan tanggul yang sebelumnya.

Meski demikian, terdapat sisa tanggul lama yang tidak dirobohkan. Tanggul lama tersebut dibiarkan menggantung di tengah aliran sungai.

Baca juga: Mengungkap Perintah Rahasia Bung Karno dan Kisah Cikal Bakal Paspampres 72 Tahun Lalu

Sepetak jalan di samping tanggul dikembalikan setelah sebelumnya jalan tersebut tak berfungsi karena ada perbaikan.

Tanggul Baswedan tak terlihat seperti tanggul pada umumnya. Pasalnya, tanggul itu dicat warna biru dan kuning seperti warna Dinas Sumber Daya Air.

Meski tanggul tersebut sudah cukup lama rampung, Tanggul Baswedan ini belum teruji kekuatannya. Ini dikarenakan hujan lebat belum turun dalam beberapa pekan terakhir.

“Iya ini belum hujan jadi belum teruji. Mudah-mudahan enggak ada jebol lagi,” harap Cepi.

Tanggul di Kampung Air jebol pada Oktober 2017. Tanggul tersebut jebol beberapa kali lantaran hanya diturap dengan karung pasir. Pada Desember kemarin, tanggul akhirnya diturap permanen dengan pengerjaannya dikebut 24 jam sehari.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa warga Kampung Air, Jatipadang, Jakarta Selatan, harus hidup dalam bayang-bayang banjir. Hingga kemudian mereka menjadi agak lega setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi permukiman itu dan berkomitmen ingin mengatasi banjir di sana.

Setelah kunjungan Anies yang kelima kalinya pada Sabtu (16/12/2017) lalu, warga kini berencana berterima kasih kepada Anies dengan menamai tanggul yang kerap jebol itu sesuai nama Anies.

“Ini kan namanya Kampung Air, nah nanti kalau sudah enggak banjir lagi kami namai tanggulnya Tanggul Baswedan,” ujar Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Jatipadang Kohar, Senin (18/12/2017) lalu.

Baca juga: Sigap! Begini Cerita Paspampres Saat Dapat Kabar Pesawat Gus Dur Akan Dihadang Massa

Kohar menambahkan, tanggul yang jebol berkali-kali sejak Oktober lalu ini yang membuat Kampung Air menjadi perhatian pemerintah untuk pertama kalinya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan