Inilah Macam-macam Bencana Alam di Indonesia yang Sering Terjadi

Bencana alam di Indonesia-Berlokasi di Cincin Api Pasifik (satu ruang dengan banyak kesibukan tektonik), Indonesia mesti menyesuaikan dengan kemungkinan letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir, dan tsunami yang kerap berlangsung.

Pada lebih dari satu momen sepanjang 15 th. paling akhir, Indonesia jadi headline di media-media dunia lantaran bencana-bencana alam yang mengerikan serta mengakibatkan kematian beberapa ratus ribu manusia serta hewan, serta menghancurkan lokasi daratannya (termasuk juga banyak infrastruktur hingga menyebabkan kerugian ekonomi).

Musim hujan atau kemarau yang ekstrim dapat menghancurkan panen bahan makanan, menyebabkan terjadinya inflasi serta mengakibatkan desakan finansial yang berat untuk kelompok kurang dapat di orang-orang Indonesia.

Paling akhir, bencana-bencana alam akibat tingkah manusia (seperti kebakaran rimba yang karena sebab kebudayaan pembakaran ladang) dapat mengakibatkan beberapa efek yang begitu besar untuk lingkungan hidup.

Satu diantara catatan utama yaitu fakta kalau infrastruktur Indonesia yang terkenal lemah – akibat manajemen yang salah, kurangnya ketrampilan serta korupsi – jadi parah bebrapa efek jelek yang berlangsung sesudah bencana alam. Karena oleh hal semacam ini, ada semakin banyak korban serta rusaknya akibat bencana-bencana alam di Indonesia dari yang semestinya berlangsung.

Nyaris setiap belahan dunia rasakan ancaman bencana, dari langit, tanah ataupun air senantiasa setia untuk hampiri kita, ini dia beberapa macam bencana alam di sekitaran kita :

BANJIR

bencana banjir jakarta

Bencana banjir adalah bencana tahunan yang berlangsung di Indonesia.

Banjir yaitu bencana alam yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dengan tak diimbanginya saluran-saluran pembuangan air yang ideal, hingga banjir merendam beragam jenis lokasi yang cukup luas.

Banjir biasanya berlangsung lantaran luapan sungai yg tidak dapat menahan derasnya air yang datang hingga mengakibatkan jebolnya system perairan di satu daerah. Ada pula lantaran tingkah manusia sendiri lantaran buang sampah asal-asalan serta menebang pohon-pohon yang ada, pohon berguna sebagai penyerap air saat hujan. Lantaran telah banyak pohon yang ditebang, jadi telah di pastikan akibat yang bakal di derita.

loading...

Musim hujan di Indonesia (yang berlangsung dari Desember hingga Maret) dapat mengakibatkan curah hujan yang tinggi. Digabungkan dengan pengundulan rimba serta saluran-saluran air yang terhalang oleh sampah, ini dapat mengakibatkan sungai-sungai meluap serta berlangsung banjir.

Banjir serta tanah longsor berlangsung di banyak lokasi di Indonesia serta dapat mengakibatkan jatuhnya beberapa ratus korban, hancurnya beberapa tempat tinggal serta infrastruktur lain, serta kerugian untuk bisnis-bisnis lokal.

Bahkan juga di megapolitan seperti Jakarta, banjir berlangsung dengan cara reguler lantaran lemahnya manajemen air. Umpamanya pada Januari 2013, satu lokasi yang begitu luas dari Jakarta terserang banjir. Hal semacam ini membawa efek pada lebih dari 100. 000 tempat tinggal serta mengakibatkan hilangnya nyawa lebih dari 20 orang.

GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah bencana alam di Indonesia yang tidak bisa diperkirakan peristiwanya.

Gempa bumi adalah bencana yang tidak bisa di perkiraan terlebih dulu namun bisa diukur kekuatannya. Tingkat kerusakannya bergantung kemampuan gempa itu, bila gempa bumi berlangsung dengan kemampuan yang kecil, maka kerusakan yang dihadapi tidaklah kronis.

Tidak sama bila gempa bumi dengan kekuatan besar, hal yang bakal berlangsung yaitu banyak bangunan yang rubuh lantaran tak mampu menahan kerasnya goncangan yang diakibatkan oleh gempa. Gempa sendiri berlangsung lantaran gerakan magma yang ada didalam perut bumi, hingga menyebabkan gerakan lempengan bumi. Lantaran gerakan lempengan tersebut membuahkan satu daya pelepasan berbentuk guncangan yang kuat.

Umumnya gempa bumi berlangsung di beberapa daerah yang dekat dengan patahan lempengan bumi. Lantaran datangnya gempa tidak bisa diprediksikan, jadi gempa adalah bencana yang paling beresiko. Beberapa hal yang bisa kurangi kerugian yang disebabkan gempa, dari mulai bangun bangunan yang bisa meredam getaran gempa, menguatkan pondasi bangunan serta ada banyak yang lain.

Gempa bumi mungkin saja merupakan ancaman bencana alam paling besar di Indonesia lantaran berlangsung mendadak serta dapat menyerang lokasi padat penduduk, seperti kota-kota besar.

Gempa bumi dengan kemampuan kurang lebih 5 atau 6 skala Richter berlangsung nyaris sehari-hari di Indonesia tetapi umumnya tak mengakibatkan atau cuma sedikit mengakibatkan kerugian. Bila kemampuan gempa melalui 7 taraf Richter, satu gempa dapat mengakibatkan banyak rusaknya.

Tiap-tiap tahunnya, dua atau tiga gempa bumi dengan 7 taraf Ritcher (atau lebih) berlangsung di Indonesia serta mengakibatkan jatuhnya korban jiwa serta rusaknya infrastruktur ataupun lingkungan hidup. Berikut ini ada daftar gempa bumi-gempa bumi yang baru berlangsung serta mengakibatkan kerusakan parah :

  Pulau           Tanggal
   Kekuatan   Korban Jiwa
  Sumatra    25 Oktober 2010          7.7            435
  Sumatra    30 September 2009          7.6          1,117
  Jawa    17 Juli 2006          7.7            730
  Jawa    26 Mei 2006          6.3          5,780
  Sumatra    28 Maret 2005          8.6          1,313
  Sumatra    26 Desember 2004          9.2         283,106

 

Beberapa sebab dari banyak jumlah korban jiwa ataupun luka-luka di Indonesia yaitu lantaran konstruksi yang jelek dari beberapa tempat tinggal serta infrastruktur yang ada. Itu penyebabnya kenapa gempa yang tengah mungkin mengakibatkan jatuhnya banyak korban, robohnya gedung-gedung, serta hilangnya rumah untuk beberapa orang.

Satu publikasi dari Bank Dunia (launching Oktober 2010) mengekspresikan kecemasan bakal peluang terjadinya efek yang mengerikan jika satu gempa dengan kemampuan 8, 5 taraf Richter berlangsung di satu megapolitan seperti Jakarta.

TSUNAMI

tsunami-aceh

Tsumani adalah bencana yang tidak bisa diperkirakan serta dihentikan saat telah di ketahui keberadaanya.

Tsunami di ambil dari kata jepang yang bermakna gelombang yang besar. Tsunami adalah bencana yang disebabkan gempa bumi basic laut, yang lalu menyebabkan gelombang raksasa yang bisa menyapu beragam jenis yang menghalanginya. Bencana ini termasuk juga yang paling beresiko juga lantaran tidak bisa diperkirakan kapan peristiwanya serta begitu susah menghindar ombak besar yang datang dengan kecepatan yang tinggi.

Sebuah gempa bumi atau letusan gunung berapi dalam laut dapat mengakibatkan gelombang tsunami yang mempunyai efek mengerikan untuk manusia serta semuanya objek di dekat laut.

Pada th. 2004, beberapa negara didunia diguncang oleh gempa bumi di Samudera Hindia serta tsunami yang menyusul lalu, menewaskan 167. 000 orang di Indonesia (terlebih Aceh). Walau sebuah tsunami yang begitu besar seperti yang berlangsung pada akhir th. 2004 sangat jarang, wilayah Sumatra kerap dikagetkan dengan gempa bumi dibawah laut yang punya potensi mengakibatkan tsunami.

Dengan peristiwa tsunami 2004 masihlah segar didalam ingatan, tingkat kecemasan orang-orang begitu tinggi. Orang-orang Indonesia yang bertempat tinggal di desa-desa atau kota-kota dekat pantai kerap melarikan diri ke lokasi perbukitan (yang terdapat lebih ke tengah daratan) sesudah satu gempa bumi berlangsung.

Rata-rata, tiap-tiap lima th. sekali satu tsunami besar berlangsung di Indonesia, umumnya di pulau Sumatra serta pulau Jawa. Biasanya, rusaknya pada infrastruktur melebihi jumlah korban jiwa. Ada alat-alat system peringatan yang dipasang di banyak ruang pantai tetapi ada laporan-laporan kalau tak semuanya peralatan itu berperan dengan baik.

GUNUNG MELETUS

bencana gunung meletus

Bencana gunung meletus memanglah bisa diperkirakan peristiwanya, namun tidak bisa dihentikan bencana itu.

Gunung meletus adalah bencana alam yang cukup dahsyat yang disebabkan meningkatnya kesibukan magma yang ada pada perut bumi. Bila gunung bakal meletus umumnya bisa dideteksi dengan lihat kesibukan perubahannya, dari mulai siaga, siaga, awas sampai puncaknya yakni meletus. Saat gunung meletus bakal memuntahkan beragam jenis material-material yang ada didalam bumi, dari mulai debu, batu, kerikil, pasir, awan panas sampai yang paling beresiko yaitu magmanya.

Lantaran waktunya yang bisa diperkirakan kapan meletusnya, maka bisa di beri peringatan pada warga untuk selekasnya mengungsi ke tempat yang lebih aman, meskipun kerugian yang dihasilkan tetaplah tak dapat dijauhi. Magma sendiri yaitu cairan panas yang keluar dari perut bumi dengan suhu yang begitu tinggi, diprediksikan kian lebih 1000 derajat celcius. Magma yang telah keluar dari perut bumi dimaksud dengan lava.

bahaya dari gunung yang meletus salah satunya adalah lava yang berpijar dari gunung.

Meskipun bencana gunung meletus membuahkan kerugian yang besar, namun ada keuntungan di balik bencana itu. Yakni sekitar 1-2 bln. sesudah bencana tumbuh-tumbuhan jadi lebih subur, itu lantaran debu serta material-material yang di keluarkan mempunyai zat hara yang begitu tinggi.

Indonesia yaitu negara yang mempunyai paling banyak gunung berapi aktif di semua dunia. Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik serta Lempeng Indo-Australia yaitu tiga lempeng tektonik aktif yang mengakibatkan terjadinya zona-zona tumbukan yang lalu membuat gunung-gunung berapi ini. Indonesia diprediksikan mempunyai 129 gunung berapi, semua dipantau dengan hati-hati oleh Pusat Vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi. Hal semacam ini dikerjakan lantaran beberapa gunung berapi di Indonesia selalu tunjukkan kesibukan.

Sekurang-kurangnya ada satu letusan gunung berapi yang penting di Indonesia tiap-tiap tahunnya. Tetapi, umumnya hal semacam ini tak mengakibatkan kerusakan yang besar untuk lingkungan atau menewaskan korban jiwa lantaran gunung-gunung berapi yang paling aktif terdapatnya umumnya di beberapa tempat terpencil.

Sebagian momen letusan gunung berapi yang beresiko berat dalam sejarah Indonesia dijelaskan di tabel dibawah :

  Gunung Api
  Lokasi   Tanggal Letusan
     Jumlah Korban Jiwa
  Merapi   Jawa Tengah   03 November 2010                     138
  Kelut   Jawa Timur   26 April 1966                     212
  Agung   Bali   17 Maret 1963                   1,148
  Merapi   Jawa Tengah   25 November 1930                   1,369
  Kelut   Jawa Timur   19 Mei 1919                   5,110
  Awu   Sulawesi Utara   07 Juni 1892                   1,532
  Krakatau   Selat Sunda   26 Augustus 1883                  36,600
  Galunggung   Java Barat   08 Oktober 1822                   4,011
  Tambora   Sumbawa   10 April 1815                  71,000+

Tidak hanya menyebabkan korban jiwa, bencana alam di Indonesia berupa letusan gunung berapi dapat mengakibatkan rusaknya ekonomi lokal dengan merugikan perusahaan-perusahaan kecil serta menengah yang ikut serta dalam industri pariwisata, kuliner, akomodasi komersil, pertanian, perkebunan, serta peternakan. Berlangsung perubahan yang positif sekarang ini, letusan gunung berapi mengonsumsi lebih sedikit korban jiwa lantaran cara pengawasan gunung berapi yang tambah baik di gabung dengan evakuasi darurat yang lebih terorganisir.

TANAH LONGSOR

tanah longsor

Tanah longsor adalah bencana berbentuk gerakan tanah, umumnya berlangsung sekitar daerah pegunungan, makin curam kemiringan tanahnya makin besar juga peluangnya untuk berlangsung bencana longsor. Bencana tanah longsor umum berlangsung sesudah hujan yang cukup lebat serta tanah itu sedikit ditumbuhi tanaman. Tanaman itu bermanfaat untuk menahan tanah-tanah supaya tak gampang jatuh atau terseret oleh gravitasi.

Ada pula bencana longsor alami, lantaran memanglah tanah yang kurang padat, curah hujan yang tinggi serta kemiringan yang cukup curam. Bila tanah longsor terjadi didalam rimba, mungkin saja bukanlah permasalahan yang serius. Namun bila longsor itu berlangsung pas di samping jalan, maka hal semacam itu bisa menyebabkan jalan tertutup serta tidak bisa dilalui serta dibuka hingga dibikin bersih jalannya.

ANGIN TOPAN/ANGIN PUTING BELIUNG

angin puting beliung

 

Angin topan atau angin puting beliung adalah bencana alam yang begitu merugikan meskipun bisa diperkirakan kehadirannya.

Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan yang begitu tinggi serta bergerak secara garis lurus dengan durasi peristiwa maksimal 5 menit. Di indonesia bencana ini disebut puting beliung atau angin Lesus, namun bila di Negara Amerika disebut dengan tornado atau angin topan. Bedanya bila di Amerika angin topan bisa berlangsung dengan durasi lebih dari 1 jam serta dengan kecepatan yang tertinggi yaitu 320 km/jam dengan diameter hingga 500 mtr..

Bencana alam ini di Indonesia kurang bisa diperkirakan lantaran kurangnya tehnologi yang ideal. Namun di Amerika bencana angin topan telah bisa diperkirakan kapan terjadinya serta di mana tempatnya hingga bisa menghimbau warga untuk menyiapkan diri atau mengungsi. Meskipun bisa diperkirakan tetap harus kerugian yang diakibatkan begitu besar.

KEBAKARAN HUTAN

kebakaran hutan

Kebakaran rimba adalah bencana alam yang beresiko.

Kebakaran rimba dapat dihubungkan dengan bencana alam di Indonesia yang dikarenakan oleh alam itu sendiri, dapat pula dikarenakan oleh tangan-tangan kotor manusia. Bila kebakaran rimba telah berlangsung, jadi cukup sulit untuk memadamkannya. Lantaran luasnya daerah yang terbakar serta posisinya yang jauh dari tempat penanggulangan bencana. Satu diantara bahaya yang berlangsung dari kebakaran rimba yaitu asap yang dihasilkan bisa mengakibatkan kerusakan pernafasan serta kurangi jarak pandang.

Bila bencana kebakaran dikarenakan oleh alam, peluang lantaran petir yang menyambar. Bila tingkah manusia, telah di pastikan lantaran keserakahan mereka dalam buka tempat tanpa ada lihat mengakibatkan untuk yang lain.

KEKERINGAN

bencana alam kekeringan

bencana kekeringan memperoleh perhatian serius oleh pemerintah.

Ini merupakan satu diantara bencana yang paling susah untuk dihindari serta datang nyaris setiap th., yakni kekeringan. Kekeringan sendiri disebabkan curah hujan yang turun serta suhu bumi yang makin panas, jadi tambah suhu bumi yang makin bertambah umumnya dimaksud dengan pemanasan global. Bila telah berlangsung kekeringan bisa menyebabkan menyusutnya bersediaan makanan lantaran tidak berhasilnya panen.

Di Indonesia sendiri bencana kemarau sudah nyaris selamanya terjadi setiap th. dengan tempat yang tidak sama. Hal semacam itu menjadi kesulitan untuk pemerintah dalam menanggulangi tempat yang alami kekeringan.

Ini semuanya adalah bencana yang umum berlangsung di Indonesia. Meskipun sesungguhnya masihlah terdapat banyak bencana yang lain namun tidak sering berlangsung.

Video Bencana Alam di Indonesia yang Terekam Kamera

 

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan