Bertentangan dengan Bachtiar Nasir! Begini Pernyataan Kemenkes Soal Air Kencing Unta

Posted on

Lahiya – Masyarakat saat ini tengah dihebohkan dengan tindakan Bachtiar Nasir yang meminum air kencing unta saat berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu yang lalu.

Dalam waktu yag singkat, video Bachtiar Nasir yang juga merupakan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia atau GNPF MUI saat minum air kencing unta itu viral di berbagai linimasa media sosial.

Supaya tidak berlarut-larut, kementerian kesehatan menyebutkan jika pihak yang menganggap jika air kencing unta bisa menyembuhkan penyakit hanya merupakan kepercayaan pribadi saja.

“Ini adalah masalah kepercayaan individu,” tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi seperti yang dilansir dari CNNIndonesia pada Senin (8/1/2018).

Baca juga: Terkait Hebohnya Video Layak Sensor Belakangan Ini, PDIP: Bangsa Ini di Tengah Kegentingan Moral

Oscar Pimadi belum bisa setuju dengan penuturan Bachtiar yang menyebutkan jika air kencing unta berkhasiat membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Karena selama ini belum ada penelitian yang menujukkan kebenaran hal itu.

“Yang pasti belum pernah ada penelitian tentang khasiat urine unta untuk menyembuhkan berbagai penyakit,” ujar Oscar melanjutkan.

Bertentangan dengan Pernyataan Bactiar Nasir

Hadits Seputar Kencing dan Susu Unta.———————- “Beberapa orang dari ‘Ukl atau ‘Urainah datang ke Madinah, namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit. Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air seni dan susunya. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta (zakat), ketika telah sembuh, mereka membunuh pengembala unta Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan membawa unta-untanya. Kemudian berita itu pun sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang ke pada pasir yang panas. Mereka minta minum namun tidak diberi.” Abu Qilabah mengatakan, “Mereka semua telah mencuri, membunuh, murtad setelah keimanan dan memerangi Allah dan rasul-Nya.” (HR. Bukhari: 226) – http://hadits.in/bukhari/226 “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.” (HR. Ahmad: 2545) – http://hadits.in/ahmad/2545 “‘Anbasah berkata; Telah menceritakan kepada kami Anas mengenai hal ini dan itu. Aku berkata; dan kepadaku Anas menceritakannya, ia berkata; suatu kaum pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata; Cuaca kota ini sudah tidak cocok bagi kami. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ini ada beberapa hewan ternak milik kami, maka keluarlah kalian dan minumlah dari susu dan air kencingnya. Lalu mereka pun meminum susu dan air kencing unta hingga mereka segar kembali…

Posted by Bachtiar Nasir on Tuesday, January 2, 2018

Apa yang dikemukakan Oscar tentu saja bertentangan dengan pernyataan Bachtiar Nasir yang menyebutkan sudah ada penelitian mengenai khasiat air kencing unta bisa membunuh sel-sel kanker.

Bachtiar Nasir menyebutkan jika penelitian itu sudah dilakukan oleh Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid. Ia merupakan staf dari Universitas King Abdul Aziz yang juga merupakan staf Presiden Tissues Culture Unit Pusat Penelitian Medis King Fahd.

Baca juga: Miris! Seorang Ibu di Malang Tega Isolasi ke-3 Anaknya di Dalam Rumah Selama Setahun, Penyebabnya Diduga Karena Hal Ini

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan