Bikin Gagal Fokus, 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi ini Bikin Netizen Ribut Sendiri

Posted on

Dari semua presiden yang kita miliki, boleh dibilang Pak Jokowi adalah yang paling unik. Hal ini salah satunya bisa dilihat dari tampilan beliau yang nggak biasa. Terbaru, si ayah Kaesang ini memakai kostum kece ala anak muda zaman now ketika meresmikan kereta Bandara Soekarno-Hatta. Ketika itu jajaran pejabat lainnya rapi jali dengan kemeja batik.

Gaya berpakaian Jokowi yang kadang unik ini akhirnya jadi semacam debat di media terutama oleh netizen yang mulia. Ada yang bilang pasangan duet Pak JK ini melakukan terobosan hebat dengan tampilannya, tapi sebagian yang lain mengatakan kalau busana unik Jokowi adalah hal yang tidak perlu dilakukan, karena itu sangat salah kostum kata mereka. Perdebatan akan selalu ada, apalagi yang menyangkut orang nomor satu. Kembali soal pakaian pak Jokowi, berikut beberapa potretnya yang selalu mengundang perbincangan netizen.

Tampil “Garang” dengan Pistol dan Baju Militer

Saat Presiden menjamu ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, di Istana Negara, publik seakan dikejutkan dengan kostum militer yang dikenakan Jokowi. Pemandangan “tak biasa” tersebut seakan bertolak belakang dengan konsep protokoler mengenai kostum resmi yang harus dikenakan presiden saat menjamu tamu penting.

Untung bukan ngebahas strategi perang [image source]

Di balik kejadian tersebut, ternyata Presiden Jokowi baru saja menyaksikan latihan militer TNI AD di Baturaja, Sumatera Selatan. Sedangkan baju militer tersebut wajib digunakan  untuk menghormati acara dan prajurit TNI yang sedang berlatih. Selain itu, karena alasan efisiensi waktu, Presiden juga tidak berganti pakaian karena ingin segera memenuhi agenda pertemuan dengan ketua PP Muhammadiyah.

Tampil ala “Anak Muda” Saat Resmikan Proyek Kereta

Selera “santai” sang presiden ternyata berlanjut pada momen peresmian proyek Kereta Bandar Soekarno-Hatta. Tidak tanggung-tanggung, Jokowi memilih potongan kasual dengan menggunakan kaos oblong lengan panjang berwarna merah. Untuk bawahannya menggunakan celana hitam dipadu dengan sepatu kets warna putih.

Ini gaya gue banget! [image source]

Acara yang sebenarnya sangat formal ini, cenderung menjadi “aneh” jika dilihat dari sisi busana yang dikenakan oleh sosok sekelas presiden. Peresmian proyek yang juga dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat ini, teralihkan oleh gaya “gaul” sang presiden yang beralasan bahwa penampilan “santai tapi sopan” tersebut sesuai dengan tema lokasi yang berada di kereta.

Pake Seragam Formal Masuk Gorong-gorong Air? Nggak Masalah

Saat era Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, banyak yang mencibir bahwa tindakan “blusukan” di gorong-gorong got ini  merupakan pencitraan belaka. Yang menarik, ini bukan soal blusukan-nya saja. Melainkan seragam Korpri yang masih melekat di tubuh sang Presiden saat melakukan hal tersebut.

Ngga’ takut kena noda membandel [image source]

Seolah tidak takut terkena kotoran, Jokowi dengan santainya masuk ke dalam sembari memeriksa keadaan gorong-gorong tersebut. Bahkan dalam sesi wawancara pun, dirinya melayani pertnayaan wartawan dengan posisi setengah badan di dalam kubangan got tersebut. Hal ini pun menuai pro dan kontra dikalangan Netizen. Blusukan boleh aja, tapi ganti baju dulu ya Pak, begitu kata orang-orang.

Dandam Ala “Kiai Ponpes” Jadi Kostum Utama Saat Kunjungan Kerja

Agenda Presiden Jokowi yang padat, ternyata tidak mengurangi perhatiannya pada masalah busana yang dikenakannya. Baru-baru ini, Jokowi terlihat sering menggunakan busana ala “Kiai” Pondok Pesantren berupa sarung kain yang dengan dipadu dengan setelan jas formal dalam setiap kunjungan resminya. Hal tersebut sontak membuat heboh Netizen dengan beragam komentarnya.

Ada banyak cerita di balik “busana” ini [image source]

Ternyata, busana tersebut digunakan karena agenda Jokowi yang menghadiri sejumlah pesantren di tanah air. Acara kunjungan kerja tersebut juga bertepatan dengan momen merayakan Maulid Nabi Muhammad 1438 H. Oleh Netizen, gaya “sarungan” Jokowi tersebut malah diplesetkan menjadi sebuah tebak-tebakan merk sarung yang digunakan di media sosial. Ada-ada saja ya kelakuaan Netizen

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan