Biografi Albert Einstein | Ilmuwan Relativitas Dengan Otak Tercerdas

E = mc2

Tahukah kamu salah satu rumus fisika ini? bagi kamu yang bergelut di dunia sains khususnya bidang fisika pasti tidak asing dengan rumus yang berasal dari teori Relativitas. Siapakah penemunya? Yup, dialah Albert Einstein. Lelaki kelahiran Ulm, Watenburg, Jerman ini menjadi salah satu tokoh fisikawan penting karena berbagai teori yang ditemukannya. Dua teori yang melekat pada dirinya dan difahami betul adalah adalah teori Relativitas dan teori Brownian.

Teori Relativitas yang diperkenalkannya terbagi menjadi dua, yakni Teori Relativitas Khusus dan Teori Relativitas Umum. Teori Relativitas Khusus dipublikasikan melalui sebuah jurnal bernama Annalen der Physik pada tahun 1905. Teori ini menjelaskan tentang benda yang memiliki massa (m) jika diberikan kecepatan cahaya pangkat dua (C2) maka kan menghasilkan energi (E) yang besar. Sedangkan teori relativitas umum dipublikasikan pada tahun 1916 menerangkan bahwa gravitasi bukanlah sebuah gaya, namun sebuah konsekuensi dari kelengkungan (curvature) ruang-waktu dan kelengkungan ini terjadi akibat adanya massa. Teori ini berbeda dengan hukum gravitasi Newton.

Teori berikutnya adalah Teori Brownian, teori ini peperkenalkan melaui artikel pertama pada tahun 1905. Pada artikel tersebut menyebutkan penelitian tentang gerak Brown (Brownian Motion). Pada teori tersebut dijelaskan bahwa gerak Brown merupakan sebuah fenomena dimana partikel-partikel kecil yang larut dalam cairan memiliki kecenderungan bergerak mengikuti pola stokastik atau secara acak-semu, bahkan ketika cairan tersebut dalam keadaan tenang.


Kehidupan Albert Einstein


www.spiritscienceandmetaphysics.com

Lahir pada tanggal 14 Maret 18 dari ibu bernama Pauline Koch serta memiliki ayah bernama Herman Einstain. Ayahnya pulalah yang memperkenalkan Einstein kecil pada sains dengan menunjukkan sebuah kompas kantung kepadanya.

Albert Einstein kecil tidak dianggap sebagai anak cerdas, sebaliknya guru di sekolahnya kerap mengeluhkan tentang Albert yang lamban dalam memahami pelajaran. Penyebab kelambanan berpikir ini masih berupa kemungkinan. Kemungkinan karena disleksia (kesulitan merangkaian huruf menjadi kata hingga dianggap tigak mampu membaca), sifatnya yang pemalu atau struktur otaknya yang tidak biasa.

Predikat ‘anak yang lamban berpikir’ ini mewarnai kehidupan hingga masa mudanya. Ia mengalami kegagalan beberapa kali ketika mengikuti test di EidgenÖssische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal) di Zurich. Hingga akhirnya, ia terdaftar menjadi salah satu pelajar di EidgenÖssische Technische Hochschule.

Di Institut ini pula awal kisah cintanya bersama wanita matematikawan asal Serbia, Mileva Maric, dimulai. Mereka bertemu pada tahun 1898 dan menikah pada 6 januari 1903. Einstein kemudian memiliki anak beranama Hans Albert Einstein yang lahir pada tanggal 14 Mei 1904. Sebelumnya pada tahun 1902 ia telah memiliki anak bernama Lieserl Einstein dari wanita yang sama namun tidak dianggap legal karena saat itu mereka belum resmi tercatat sebagai pasangan suami istri.

Kejeniusan Albert Einstein justru muncul saat ia bekerja sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss. Ia mulai bekerja di sana tahun 1902 atas pertolongan teman sekelasnya. Tugasnya adalah menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisika.

Terkadang, dia membetulkan desain dan mengevaluasi kepraktisan hasil kerja para penemu kala itu. selain bekerja, ia pun mampu menulis beberapa artikel dan artikel pertamanya pada tahun 1905 berjudul “On The Motion-Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat-of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid”.

loading...

Pada tahun yang sama ini pula Einstein mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Zurich setelah menyerahkan thesis berjudul “On a New Determination of Molecular Dimension”. Thesis ini dianggap luar biasa karena ia dengan yakin mengambil ide dari teori fisika ke konsekuensi logis dan mampu menjelaskan hasil eksperimen yang sempat membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade sebelumnya.


Beberapa penemuan Albert Einstein


Beberapa hasil penemuan Einstein selain dua teori yang telah disebutkan di atas adalah efek fotoelektrik (meraih penghargaan nobel fisika tahun 1921), persamaan massa-energi, persamaan medan Einstein, statistika Bose-Einstein, toeri medan terpadu, dan paradoks EPR. Namun yang paling fenomenal dan dikenal hingga detik ini adalah teori relativitas dan teori Brownain.

Ilmuwan fisika teoretis ini meninggal di Princenton, New Jersey, Amerika Serikat di usia 76 tahun tepatnya pada tanggal 18 April 1955. Salah satu ungkapan bijaknya adalah “Saya bukan memiliki bakat khusus, hanya ingin menikmati rasa ingin tahu saja.”

Perjalanan yang cukup unik, ya? ternyata ketekunan yang akan membawa seseorang pada keberhasilan luar biasa. Mencintai apa yang dikerjakan dan melakukannya sepenuh hati menjadi jalan hidup yang akan menghasilkan karya-karya hebat dan bermanfaat sepanjang masa. Belajar dari tokoh terkenal selain menginspirasi juga dapat memberi motivasi, ya?

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan