iwan-fals-sore-tugu-pancoran

Biografi Iwan Fals | Legenda Musik Indonesia

Posted on

Saat Anak pertama bernama Galang Rambu Anarki lahir (1 Januari 1982), ia masih aktif mengamen di sela-sela aktifitasnya sebagai penyanyi. Namun setelah kelahiran anak kedua Annisa Cikal Rambu Bassae (1985) ia segera menghentikan kegiatan mengamennya.

Metamorfosa diri Iwan Fals terlihat dipengaruhi oleh anaknya terutama pasca meninggalnya anak pertama secara mendadak. Ini membuat Iwan lebih memilih rehat dari dunia hiburan yang telah membesarkan namanya.

Hingga pada tahun 2002 ia kembali terlihat di depan publik dengan penampilan yang sangat berbeda. Lagu-lagunya pun tidak segarang dulu, lebih cenderung kalem dan agak romantis.

Tak lama berselang setelah kemunculannya kembali di dunia hiburan, iwan dikaruniai anak lelaki bernama Raya Rambu Rabbani yang lahir pada 22 Januari 2003. Ini seperti pelipur lara atas kehilangan anak pertamanya.

Kini era pemerintahan Orde Baru yang menjadi objek kritikannya telah runtuh, namun Iwan Fals tetap mengibarkan benderanya melalui pendirian organisasi masyarakat sebagai wadah bagi para penggemar terhadap karya-karyanya, seperti OI (Orang Indonesia), Fals Mania FC-SI (Fama), dan Komunitas Tiga Rambu.

Cabang dari organisasinya terutama Oi telah merambah keberbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri. Bahkan Oi, melalui ketua per wilayahnya memiliki program kerja dibidang sosial kemasyarakatan sepeti membuat biopori di tempat-tempat rawan banjir seperti Bekasi.

Selain karya-karyanya yang fenomenal dan banyak, ternyata Iwan fals juga mampu menggiring fansnya untuk lebih produktif dan bermanfaat di masyarakat. Saluut!

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan