Biografi Singkat Mario Teguh | Motivator Super No 1 Indonesia


Biodata Mario Teguh


Salam Super!

Dua kata itu membuat pikiran kamu langsung membayangkan seseorang yang tak asing, bukan? Yup, dialah Mario Teguh seorang motivator dan konsultan terkenal kelahiran Makasar, 5 Maret 1956. Pemilik nama asli Sis Maryono Teguh mulai dikenal pertama kalinya melalui acara bertajuk Bussiness Art di stasiun televisi O Channel.

Keberhasilannya dalam membawakan acara motivasi perdana kemudian mengantarkan suami dari Linna Teguh ini menuju acara motivasi “Mario Teguh Golden Ways” di stasiun televisi swasta Metro TV. Acara berdurasi sekitar 1 jam 30 menit menyebabkan ayah dua anak ini semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang profesi, suku, agama, dan lainnya.

Mario teguh lahir dari rahim seorang ibu bernama Siti Maria dan ayah bernama Gozali Teguh. Berada di tengah keluarga sangat sederhana yang tidak memiliki dana untuk memenuhi keinginan anak-anak seperti jajan, mainan, baju baru, dan lain sebagainya merupakan kisah masa kecilnya. Berbeda dari teman sejawatnya yang dengan mudah mendapatkan keinginan, Mario teguh harus bersusah payah mengupayakan sendiri keinginannya. Seperti saat dimana ia menginginkan menonton film bioskop yang sedang booming berjudul “Litlle Rascals”.

Mario teguh yang masih kelas 3 SD Poerwantoro-Malang ini harus melakukan tugas rutin seperti mencuci piring, membersihkan dapur, menyiapkan peralatan mandi adiknya nomor 3 dan mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah hanya untuk mendapakan izin bermain di sore hari. Sore itu, Mario kecil ingin sekali menonton film, ia bersiap merapikan diri lalu pergi berjalan menuju Bioskop yang berjarak 2 km dari tempatnya.

Sesampainya di sana ia berdiri dekat loket bioskop, berharap ada seseorang yang mengasihaninya dan mengajak menonton film. Menunggu belas kasihan orang lain karena Mario kecil tidak punya uang, bukanlah hal yang mudah, namun ia pantang menyerah terus menunggu. Hingga akhirnya, ada seorang bapak yang mengajaknya masuk menonton film yang diinginkannya.

Meski tumbuh dari keluarga yang sangat sederhana, namun Mario Teguh dapat melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi. Ia tercatat sebagai salah satu lulusan S 1 jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmi Pendidikan (IKIP) Malang. Selain itu, ia memiliki pengalaman pendidikan di luar negeri, diantaranya pada tahun 1975 di Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) Chicago, Amerika Serikat; Jurusan International Bussiness, Sophia University, Tokyo, Jepang; dan Jurusan Operation System, Indiana University, Amerika Serikat pada tahun 1983 dan mendapat gelar MBA.

Setelah masa pendidikan usai, Mario Teguh mulai menjalani karirnya di dunia perbankan sejak tahun 1983-1994. Tahun 1994 ia mendirikan perusahan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. Perusahaan ini membidangi seputar konsultasi bisnis dengan fokus pada bidang pengembangan kualitas pelayanan, spesialisasinya pada penyediaan solusi keefektifan bisnis.

Perjalan karir hingga menghasilkan perusahaan Exnal Corp membuatnya mengetahui intisari perjalanan hidup. Ia pun mulai aktif memberi motivasi dan konsultasi secara luas dengan cara menggali sisi kecerdasan emosinal atau emotional intelligent melalui pendekatan spiritual yakni tasawuf dan anger management atau pengendalian amarah.

Ayah dari Audrey Teguh dan Marco Teguh ini telah menulis beberapa buku antara lain Becoming A Star (2006), One Million Second Chances (2006), Life Changer (2009), dan Leadership Golden Ways (2009). Tidak menutup kemungkinan akan lahir karya tulis lainnya dari Mario Teguh. Selain itu, kepiawaiannya dalam membakar semangat para audiens untuk menjadi lebih baik mengantarkan ia meraih berbagai penghargaan berskala nasional.
Perjalanan hidup sang motivator dapat menjadi inspirasi bagi kamu semua.

Jika saat ini kamu tengah menghadapi kegagalan, bangkitlah segera! Siapa tahu kamu bisa sehebat Mario Teguh atau setidaknya dapat memberi aura positif pada sekelilingmu. Salam super!

loading...
Baca juga: Kumpulan kata-kata bijak Mario Teguh

Penghargaan


Mario Teguh pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2010, ia terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika. Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia pada tahun 2003. Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di Indonesia pada tahun 2010.

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan