Bukan Dibayar Uang, Para Pekerja Pabrik Malah Diberi Upah Pakai Batu Bata

Posted on

Lahiya – Setiap orang bekerja untuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidup. Jelas saja, sebab uang merupakan alat tukar yang sah secara hukum untuk dipergunakan dalam jual beli barang.

Namun, menerima pembayaran dalam bentuk uang ini tidak dirasakan oleh sejumlah pekerja pabrik yang ada di China. Pasalnya, bukan uang yang mereka terima, melainkan batu bata.

Sebuah pabrik batu bata di China rupanya tak mampu memenuhi tanggung jawabnya dalam membayarkan gaji pekerjanya.

Perusahaan yang tidak sanggup membayar pekerjanya itu pun harus merelakan ratusan ribu batu bata produksinya untuk diberikan kepada para karyawan.

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah sekitar 30 pekerja di pabrik batu bata di kota Nanchang, di timur China mengaku merkea belum menerima upahnya sebanyak lebih dari 900.000 yuan atau sekitar Rp 1,86 miliar.

Akibatnya, para pekerja yang terus menuntut hak mereka ini tetap tidak menemui kesepakatan tercapai dengan pemilik pabrik, akhirnya mereka pun meminta bantuan kepada dinas ketenagakerjaan setempat.

Baca juga: Apa yang Terjadi Terhadap APBN jika Semua Honorer Diangkat Menjadi PNS?

Terkait hal ini, otoritas setempat pun sudah bernegosiasi dengan pemilik pabrik. Dari situ didapatkan hasil yakni pemilik pabrik bersedia untuk membayar sebagian gaji, tetapi itu bukan dalam bentuk uang tunai.

Pemilik pabrik pun akhirnya bersedia menyerahkan sekitar 290.000 keping batu bata yang senilai sekitar 80.000 yuan atau sekitar Rp 165 juta kepada para pekerjanya, demikian dilaporkan harian Jiangxi Daily.

Seluruh hak pekerja yang harus dibayarkan perusahaan memang tidak tertutup oleh jumlah tersebut, tetapi pemilik pabrik berjanji bakal tetap mencari cara untuk melunasi gaji karyawannya.

Mengenai alasan pabrik tersebut gagal memenuhi tanggung jawab gaji kepada para karyawannya itu tidak dijelaskan. Apakah para pekerja menerima bayaran untuk sebagian hak mereka dengan cara itu pun juga tidak dijelaskan.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan