SHARE

Bagi sobat cerpen yang ingin mewarnai rambut tapi terhambat karena biaya atau takut merusak rambut, kali ini gak perlu khawatir lagi! Cewek di bawah ini sudah coba mewarnai rambutnya dengan “cat rambut alami” buatan sendiri, dan hasilnya… Wow, sama sekali gak mempengaruhi kualitas rambut! Penasaran dengan caranya? Simak aja di bawah ini:

Bahannya sederhana:

Kopi, bubuk cengkeh dan air perasan jeruk nipis. (Bahan ini untuk menghasilkan warna cokelat kopi pada rambut).

  1. Seduh sedikit kopi panas, campurkan dengan bubuk cengkeh dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk rata sampai mengental. Ingat ya, kopi harus dalam keadaan panas.
  2. Letakkan pada suhu ruangan dan diamkan 1 malam.
  3. Nah, cat rambut alami-mu sudah jadi! Sebelum mulai mewarnai, cuci dulu rambutmu dengan shampo (tanpa kondisioner), keringkan sampai 80% lalu proses pengecatan pun bisa dimulai. Pakai sarung tangan, lalu oleskan cat rambut pada rambutmu sampai merata.
  4. Bila sudah selesai, bungkus rambutmu dengan shower cap atau plastik wrap. Bersihkan semua cat yang menempel pada kulit wajahmu, jangan sampai kulitmu juga berubah warna, ya…
  5. Setelah dibungkus, tunggu selama 2 jam, setelah itu bersihkan lagi dengan shampo…

Nah, proses pewarnaan rambut alami-mu sudah selesai! Agar hasil lebih maksimal, jangan cuci rambut dulu sampai 2-3 hari, ya…

Cewek ini juga memberikan kesan dan pesan setelah mengecat rambutnya: “Kali ini saya hanya menggunakan air perasan lemon, beberapa hari setelah rambut diwarnai, saya merasa rambut menjadi sedikit kering. Untuk selanjutnya, teman- teman bisa menggabungkan air perasan lemon dengan telur ayam, sehingga rambutmu bisa lebih lembab.”

Selain dari eksperimen cewek di atas, di bawah ini juga ada cara membuat cat rambut alami dengan bahan bir untuk menciptakan warna cokelat blonde alami.

Buka 3 kaleng bir dan biarkan sampai busanya hilang. Tuang bir ke dalam baskom, lalu rendamlah rambutmu ke dalamnya sampai basah merata, lalu bungkus lagi rambutmu dengan handuk basah yang sudah direndam dalam bir juga.

Setelah itu, tunggu 30 menit.

Bir mengandung konsentrasi alkohol yang ringan, hal ini sangat berguna untuk pemudaran warna rambut. Penelitian di Jepang juga membuktikan bir dapat digunakan untuk mewarnai rambut hitam. Ketika rambut hitammu terkena cairan bir dalam waktu lama, maka warna rambutmu akan perlahan- lahan memudar menjadi cokelat kekuningan. [ce]

Loading...
Loading...