Buruan! Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Formasinya

Posted on

Lahiya – Masih belum lolos tes CPNS 2017 lalu? Tak perlu khawatir, pendaftaran CPNS 2018 akan segera dibuka.

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI akan segera membuka penerimaan CPNS gelombang ketiga.

Rencananya, untuk gelombang ketiga ini CPNS yang akan diterima untuk formasi pegawai daerah.

Sebelumnya, pada gelombang pertana telah diterima 17.521 CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM. Pada gelombang kedua, seebanyak 17.928 CPNS juga diterima untuk mengisi jabatan di kementerian, lembafa negara, dan pemerintah provinsi.

Baca juga: Keluarga F Benarkan Kirim Surat ke Ahok untuk Minta Bantuan, Tapi Pihak Sekolah Malah Bilang Begini

Jika pada dua gelombang sebelumnya yang diterima hanya belasan ribu, pada gelombang tiga ini jumlah yang diterima kan lebih banyak dan mencapai 120 ribu CPNS.

“Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah,” terang Menteri PAN-RB RI, Asman Abnur di Jakarta, seperti dilansir tribunnews.com.

Terkait rencana ini, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB RI Herman Suryatman menuturkan bahwa pihaknya masih memvalidasi data usulan formasi dari tiap instansi.

Validasi tersebut direncanakan selesai bulan ini. Dalam 2 bulan, akan ditetapkan formasi yang dibutuhkan dan mengumumkan pembukaan lowongan CPNS.

Meski belum dipastikan lowongan apa saja yang akan dibuka, namun Asman mengatakan bahwa penerimaan CPNS gelombang ketiga ini akan memprioritaskan formasi guru dan tenaga kesehatan.

Selain itu, ia juga berharap agar pembukaan lowongan kali ini dilakukan secara profesional. Apalagi, saat ini rekrutmen CPNS telah menggunakan sistem tes terbuka/

“Pejabat juga tidak boleh mem-backing-i atau menitip CPNS yang akan direkrut 2018 mendatang. Kalau kedapatan akan diberikan sanksi kepada pejabatnya dan CPNS-nya diangap gugur,” tegasnya.

Baca juga: Lebih dari 2 Ribu PNS DKI Kedapatan Bolos di Awal 2018, Sandi: Kita Jangan Kasih Kendor!

Untuk itu, Asman mengimbau agar siapa saja yang berminat mendaftarkan diri sebagai CPNS di gelombang tiga untuk mempersiapkannya mulai sekarang.

“Jangan berharap bahwa ada yang bisa membantu lolos, yang bisa membantu Anda adalah kemampuan Anda sendiri. Sekarang tesnya terbuka, begitu tes hasilnya (nilai tes, red) langsung kelihatan,” katanya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan