cara-bermain-catur

Cara Bermain catur untuk Pemula

Posted on

Cara bermain catur-Catur adalah permainan yang begitu mengasyikkan serta adiktif yang memerlukan ketrampilan serta strategi. Permainan ini sudah ada sepanjang beratus-ratus tahun sebagai permainan golongan berpendidikan serta sarjana, bermain ini memanglah membutuhkan tingkat genius – tetapi bukanlah artinya anak kecil tak dapat menaklukkan orang dewasa.

Lanjutkan membaca untuk belajar serta memainkan permainan kuno ini, yang telah dianggap satu diantara permainan papan paling baik yang ada.

Kalau Anda sudah mengerti dasar permainan catur, silakan scroll ke bawah karena ada penjelasan dari kami mengenai 12 Tips Memenangi Permainan Catur dengan Cepat

Memahami Permainan

Gambar berjudul Play Chess for Beginners Step 1

Tekuni setiap buah serta bagaimana gerakannya. Setiap buah bergerak lewat cara berbeda. Berikut nama setiap sisi serta bagaimana ia bergerak (dengan satu atau dua pengecualian, yang bakal kami terangkan sebentar lagi) :

Pion (Pawn) : Buah paling basic dalam permainan (Anda mempunyai 8 biji). Pada gerakan pertamanya, ia dapat bergerak ke depan satu atau dua kotak, tetapi cuma bisa maju satu kotak kemudian. Pion cuma bisa menyerang sisi lain satu kotak dengan cara diagonal darinya, serta tak bergerak mundur.

Benteng (Rook) : Buah ini tampak seperti menara istana. Ia dapat bergerak dengan cara horizontal serta vertikal sejauh mungkin saja. Ia dapat menyerang buah yang ada di jalurnya.

Kuda (Knight) : Ini dilambangkan seekor kuda serta adalah buah yang paling rumit. Ia bergerak dengan bentuk ‘L’ yang terbagi dalam dua kotak horizontal lantas satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal serta dua kotak vertikal, ke arah manapun. Kuda adalah “satu-satunya buah yang dapat melompati buah lain”. Ia cuma menyerang buah yang ada di kotak yang dihuninya.

Gajah (Bishop) atau Peluncur : Buah ini cuma dapat bergerak secara vertikal, tetapi dapat bergerak sejauh mungkin saja sampai menyerang. Ia berupa seperti topi menteri.

Ratu (Queen) : Ia adalah buah yang paling berkuasa (umumnya mempunyai mahkota yang lebih feminin). Ia dapat bergerak dengan cara horizontal, vertikal, ataupun diagonal sejauh mungkin saja serta menyerah dari arah itu juga.

Raja (King) : Ia cuma dapat bergerak satu kotak ke arah manapun serta menyerang lewat cara sama. Ia adalah buah yang Anda “tidak menginginkan kehilangan bagaimanapun caranya”, karenanya bakal bikin Anda kalah dalam permainan. Ingat poin terkuat dari masing-maisng buah. Raja begitu bernilai serta mesti dilindungi.

Catatan Penting tentang buah catur

  • Ratu adalah buah yang paling serba guna serta paling berguna untuk melindungi buah, serta kerap dipakai untuk cabang/serangan berganda (forking). Ratu menggabungkan kemampuan gajah serta benteng dalam satu buah. Ia di anggap paling bernilai, selain Raja.
  • Kuda begitu unggul untuk serangan mendadak serta fork. Pole gerakannya kerap dilalui serta membingungkan untuk pemain pemula.
  • Gajah umumnya unggul pada posisi terbuka. Tetapi banyak pemain pemula kadang-kadang menyepelekan gajah serta tak mempergunakannya dengan optimal.
  • Benteng kuat serta mempunyai jarak bergerak yang panjang. Mereka terbagus pada barisan terbuka.
  • Pion mungkin saja tampak tak utama, tetapi ia dapat begitu bagus untuk memerangkap lawan waktu dikorbankan untuk menangkap buah yang lebih bernilai. Bila dimainkan dengan pas, satu pion bahkan juga dapat men-skak mat Raja!

Memainkan Permainan

Gambar berjudul Play Chess for Beginners Step 5

Pemain putih bikin gerakan pertama. Mereka menentukan buah tertentu yang mau digerakkan untuk mengawali serangan pertama, atau pembukaan. Mereka menggerakkan satu buah, serta pemain hitam melawannya.

Pembukaan adalah satu diantara sisi terutama dalam permainan. Tak ada langkah yang paling ” benar ” untuk mengerjakannya – setiap orang mempunyai style sendiri serta Anda bakal temukan style Anda. Tetapi ada banyak hal yang perlu diingat :

  • Janganlah berupaya menyerang untuk sekarang ini. Pada pembukaan Anda, Anda cuma menggerakkan buah Anda ke tempat yang paling berguna. Anda menginginkan mereka ada di kotak yang baik ” serta ” aman.
  • Biasanya, buat cuma 1 atau gerakan dengan pion Anda. Lantas awalilah berkonsentrasi pada buah yang lebih berkuasa – gajah, kuda, ratu, serta benteng. ” Perubahan ” (meletakkan buah Anda ke kotak aktif, seperti di dalam) tak lengkap hingga semuah buah ini sudah digerakkan.
  • Umumnya gerakan pembukaan Anda tergantung pada lawan – Anda cuma mesti rasakan arah permainan. Jadi amati serta saksikan apakah Anda dapat menerka apa rancangannya. Permainan ini lebih tentang menghadapi ancaman serta ramalan.

Masukan peraturan ” en passant “. Bila Anda pengin. Banyak pemula tak memakainya. Tetapi bila Anda mau tahu langkah memainkan permainan lewat cara Perancis serta sedikit lebih rumit, selanjutnya langkahnya :

  • Bila Anda ingat, pion Anda dapat bergerak 2 kotak ke depan pada gerakan pertama. Katakan Anda lakukan itu, mendarat di samping pion lawan Anda, pada deret yang sama. Pada gerakan selanjutnya – serta cuma gerakan selanjutnya – lawan Anda dapat menangkap pion Anda ” en-passant ” (yang ditranslate jadi : “in passing” atau melalui). Umumnya, pion cuma dapat menyerang satu kotak diagonal – tetapi ini masalah pengecualian di mana ia dapat menangkap waktu melalui serta namun mendarat pada kotak diagonal yang sama.
  • Sekali lagi, ini cuma dapat berlangsung ” segera ” sesudah pion bikin gerakan 2 kotak pertamanya. Bila giliran dilalui, peluang itu hilang. Gerakan ini cuma untuk pion serta tak buah yang lain. Begitu Anda tak dapat menangkap ratu atau kuda dengan en passant.

Ambillah giliran. Serta demikianlah permainan ini! Anda serta lawan Anda mengambil giliran, berupaya menangkap raja masing-masing serta menangkap buah sembari mengerjakannya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan