cara-melupakan-mantan

18 Cara Melupakan Seseorang atau Mantan dan Sukses Move On

Posted on

Banyak orang yang ketika baru saja putus dengan pacarnya malah menghanyutkan diri dibawah lagu-lagu romantis yang membuat galau. Hal semacam ini justru tak membuat kamu merasa lebih baik. Oleh karena itu, coba hindari berbagai lagu atau musik bernada sedih, penyesalan, kerinduan, atau penantian.

Gantilah dengan lagu-lagu bernada ceria, semangat, serta membuat kamu lebih yakin untuk memulai hidup kamu tanpa dia. Meskipun terkesan sepele, cara ini terbukti sangat ampuh untuk membantu kamu melupakan sang mantan.

Kumpulkan semua lagu yang membuat kamu benci pada mantan

Tentu banyaklah lagu-lagu Indonesia yang menceritakan seseorang membenci mantan pacar. Misalnya lagu ” Selamat Tinggal ” milik Five Minutes, itu lagu bagus banget dan paling recommended deh. Cari lagu lainnya yang bisa membuat perasaan cintamu padanya menjadi benci, janganlah mencari lagu yang seolah-olah kamu pasrah dengan keadaan, contohnya seperti lagu ” Lumpuhkan Ingatanku ” milik Geisha.

Namun ingat, lagu ini cukup diresapi dalam hati saja, tak perlu dicurahkan dalam dunia nyata. Soalnya kamu cuma butuh melupakan, bukan membenci.

Keikhlasan, Kerelaan, dan Kesadaran

Kamu membaca artikel cara melupakan mantan pacar ini sambil ngapain? sambil masak? sambil belajar? sambil tiduran? sambil nongkrong? Ini cara paling tepat, prediksi kejituannya mencapai 85%. Cobalah kamu baca lagi artikel ini sambil tiduran, tengkurep, atau lainnya yang penting dalam keadaan sehat dan lingkungan sekitar yang tenang dan tidak berisik.

Cobalah berbisik dalam hati bila jodoh itu sudah diatur oleh Tuhan. Relakan semua dan hapus semua rasa sakit dan dendam padanya. Sadarlah bila diluar sana ada banyak seseorang yang lebih baik, namun kamu malah masih mikirin dia? hellooo, tolong dipakai kecerdasannya ya ^. ^

Janganlah mencari pengganti terlalu cepat

Beberapa orang merekomendasikan untuk mencari pacar baru supaya lupa dengan mantan, walaupun sebenarnya itu salah. Sudah banyak kok kasus dimana seseorang mencari pacar hanya untuk melupakan mantannya, dengan kata lain melampiaskan kekesalan, setelah itu hubungannya tidak berjalan lama.

Bahkan waktu kamu bersama pacar barumu malah bisa jadi teringat masa lalu bersama mantan pacar. Kamu juga hanya akan menyakiti pacar barumu, karena kamu mengaku mencintainya meski sesungguhnya kamu masih mencintai mantan pacarmu. Jadi cobalah berusaha untuk melupakan mantan pacar dahulu, baru buka hati untuk orang lain.

Tidak ada langkah melupakan mantan pacar dengan cepat, otak kita sudah dirancang sedemikian rupa oleh Allah SWT. Masa lalu waktu kecil saja masih tetap ingat, terlebih masa lalu yang masih hangat. Tetapi masa lalu itu bisa kamu lupakan dengan cara perlahan namun pasti dengan kata lain Slow But Sure.

Apabila kamu sudah berhasil melupakan masa lalu bersama mantan bukan berarti kamu lupa sepenuhnya. Terkadang masa lalu suatu saat akan nampak, namun bedanya kamu tidak akan merasa sakit hati seperti sekarang ini dan pastinya kamu hanya akan beranggapan masa lalu itu cuma selintas angin berlalu (hanya singgah sebentar lalu pergi lagi.)

Berhenti Berharap

Buanglah harapan bila masih tetap ada kesempatan buat kalian berdua untuk kembali jadi sepasang kekasih. Sepanjang kamu masih tetap menaruh harapan, mustahil untuk melupakan mantan pacar dan melanjutkan hidup kamu. Pikiran kamu senantiasa dihantui oleh harapan itu, dan kamu bisa juga terjerumus dalam harapan palsu yg tak kunjung terwujud.

Dasarnya, biarkanlah masa lalu senantiasa berlalu. Kamu harus tutup rapat-rapat setiap harapan mengenainya. Cobalah untuk move on dan mengatur kembali kehidupan kamu. Daripada menggantungkan harapan pada sang mantan yang sebagian jelas sudah mengecewakan kamu, lebih baik gunakan harapan untuk diri kamu sendiri di masa depan.

Pikirkan kembali banyak hal positif dalam diri anda, dan hal negatif dalam diri sang mantan

Memang hal semacam ini terdengar kejam, tetapi bisa dibuktikan sangat efektif untuk membantu kamu melupakan sang mantan. Cobalah untuk mengingat-ingat kualitas positif dari kepribadian kamu, dan bandingkanlah dengan banyak hal negatif dari sang mantan pacar yang sering buat kamu kesal atau bahkan terluka.

Cobalah untuk memberi kepercayaan diri kamu sendiri, bila dengan kualitas positif yang kamu punya, kamu layak untuk mendapatkan pria/wanita yang lebih baik. Gunakan juga kesempatan ini untuk lebih tahu diri kamu sekaligus untuk melakukan introspeksi.

Jangan sampai mengingat masa lalu indah saat bersamanya

Mengingat memori indah saat bersama mantan pacar hanya selalu dan selalu melukai hati kamu. Hal sejenis ini pasti akan membuat kamu lebih susah melupakannya dan mempertinggi kesempatan untuk kembali rujuk. Oleh karena itu, cobalah untuk singkirkan semua memori indah bersama sang mantan pacar, setidaknya ketika awal-awal kamu putus dan belum stabil.

Seperti yang dijelaskan diatas, kamu bisa melakukan hal semacam ini dengan membuang barang-barang pemberiannya atau singkirkan foto-foto kalian berdua. Ingat, masa lalu indah itu hanya sesaat setelah itu ia membuat kamu merasa kecewa.

Mencari dukungan dari keluarga

Waktu baru putus, cobalah untuk mencari dukungan dari keluarga kamu. Jangan sampai segan-segan menceritakan hal semacam ini pada kakak-adik, atau bahkan orangtua kamu. Kedua orangtua kamu pasti bisa memberikan beberapa saran yang menentramkan sekaligus menghibur.

Apabila kebetulan orangtua ada di tempat yang jauh, teleponlah mereka. Dukungan dari keluarga akan buat anda merasa tidak sendirian dalam hadapi persoalan yang buat hati anda sedih.

Jauhi kontak dengan sang mantan

Sebenarnya ini adalah cara paling simpel dan mudah untuk melupakan mantan pacar kamu. Jauhi kontak dalam bentuk apapun. Cobalah untuk tidak berjumpa dengannya, dan jauhi tatap mata dengannya. Jangan sampai angkat telepon, dan jangan sampai ladeni SMS-SMS darinya apapun yang tertulis di dalamnya.

Jangan sampai coba untuk membuka-buka halaman Facebooknya, karena itu bisa membuat kamu makin merasa bimbang. Memang pada awalnya terasa berat, namun setelah sekian hari, dibantu dengan dukungan keluarga dan beberapa teman, melupakan mantan pacar akan jadi satu persoalan yang terasa mudah.

Percayalah pada diri kamu sendiri

Percayalah bila kamu bisa melalui hari-hari kamu tanpa ada sang mantan. Yakinlah bila kamu cukup kuat untuk menghadapi masa depan. Meyakini diri kamu bisa membuat kamu lebih tegar dalam menghadapi perpisahan, dan hal semacam ini bisa memberikan motivasi kepadamu untuk menjadi lebih baik. Jika memang perlu, bacalah bermacam tips untuk tingkatkan rasa yakin diri di beberapa media.

Traveling

Jalan-jalan merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa sedih terlebih setelah putus dari pacar. Kamu bisa membuat list tempat-tempat yang selama ini mungkin belum sempat kamu kunjungi. Contohnya, kamu bisa menanjak gunung, pergi ke pantai atau ke daerah-daerah terpencil.

Bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru disana atau sekedar untuk menyendiri. Hal ini dapat menjernihkan pikiranmu dari pikiran-pikiran buruk dan menaikkan mood jelek kamu.

Stop Stalking Segala Media Sosialnya

Putus dari mantan, pasti kamu penasaran akan kehidupannya setelah kalian berpisah. Hal ini menyebabkan kamu stalking segala media sosialnya untuk mengetahui apa saja yang sedang dilakukannya atau apakah dia sudah memiliki kekasih baru.

Saying no more for stalking! Kamu harus bisa menekan ke-kepo-an kamu untuk mencari tahu tentang dirinya. Stalking hanya akan membuat kamu terus mengingat dirinya dan menyakiti dirimu sendiri. Belum tentu juga ‘kan, dia masih memikirkan dan mencari tahu tentang dirimu?

Membuka Hati untuk Lembaran Baru

Bila poin-poin diatas telah kamu lakukan dengan sukses, untuk poin ini ngga bakalan sulit kok. Inget kalian pasti juga kepengin ‘kan mendapatkan suatu perhatian dan kasih sayang? kalian butuh sosok itu kan? karena itu bukalah hatimu untuk orang yang baru, memulai dengan cerita yang baru dan pastinya dapat mengobati luka yang ada dihatimu. Serta jangan lupa kalian mesti belajar dari masa lalu, kalian harus gunakan masa lalu itu untuk melangkah ke kehidupan yang lebih maju.

Nah, itulah beberapa tips dan trik tentang cara melupakan mantan pacar, memang sangat susah kalau kita masih terjebak dari yang namanya masa lalu. Tapi inget, masa lalu itu bukan pahlawan yang untuk dikenang, dan kamu itu bukan sinetron yang nangis langsung dibayar, buat apa juga kamu nangisin orang yang jelas-jelas udah bahagia dengan yang lain. Buka matamu dan pikirkan baik-baik, Tuhan itu ngga akan cuek kok sama orang yang tekun, kalau kalian usah dan sering berdoa pasti kalian bakalan diberikan jalan oleh-Nya. Selamat Mencoba.

2 thoughts on “18 Cara Melupakan Seseorang atau Mantan dan Sukses Move On

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan