Home Cara Cara Membuat Donat Kentang Enak dan Empuk

Cara Membuat Donat Kentang Enak dan Empuk

SHARE

Kue donat adalah nama makanan yang berbentuk bulat dan berlubang di tengah. Yah, Kultwit khusus hari ini ingin berbagi resep cara membuat donat kentang, ya yang terbuat dari kentang.

Dari berbagai jenis donat, donat kentang adalah yang paling terkenal dan tersebar luas, dan bahkan merek seperti Dunkin Donuts dan J.CO juga menggunakan kentang untuk menambahkan rasa gurih dan tekstur lembut pada adonannya.

Tetapi sebetulnya adalah jika Anda ingin berhasil dalam membuat kue donat lezat, lembut dan empuk baik; yang diperlukan tidak hanya bahan yang benar-benar cocok tetapi juga proses atau langkah-langkah dalam pengolahan sehingga dapat disajikan di meja dengan topping bervariasi dan lezat tentunya.


Sejarah Kue Donat


http://cdn.cstatic.net/

Dimulai pada tahun 1968, ketika sebuah merek yang bernama American donat mengikuti Jakarta Fair, sekarang disebut Pekan Raya Jakarta, dan saat itulah masyarakat Indonesia mulai mengenal makanan donat. Dan kebetulan waktu itu diperkenalkan teknik penggunaan mesin.

Dan kemudian, pada tahun 1985, diikuti oleh kehadiran Dunkin’Donuts juga mulai memperkenalkan kue ini terbuat dari tepung gandum yang ketika itu dimulai dengan 1 outlet di jalan Hayam Wuruk Jakarta dan terus berkembang menjadi 200 cabang lebih saat itu.

Selain itu, tidak mau kalah oleh produk Asing, tercetuslah satu merek lain disebut J.CO yang diciptakan oleh orang Indonesia asli, yaitu Johnny Andrean. Meskipun dia lebih dikenal luas sebagai ahli tata dan perawatan rambut.


Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Enak


Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami resep di bawah ini. Akan dijelaskan terlebih dahulu dengan menyebutkan bahan yang digunakan untuk pembuatan adonan dan juga topping atau sesuatu di atas donatnya. Setelah itu adalah penjelasan bagaimana proses atau langkah-langkah dalam membuat sehingga matang untuk dihidangkan di meja keluarga atau dimakan tamu Anda.

Bahan kue:

• 100 gr kentang segar, rebus lalu kupas kulitnya dan haluskan
• 200 gr tepung terigu (pilih yang masih baru dan segar)
• 50 gr gula pasir putih
• 40 gr margarin kemasan
• 15 gr susu bubuk (merek apa saja)
• 1/2 sendok teh baking powder
• 1/2 bungkus ragi instant (atau sekitar 5 gram)
• 4 btr kuning telur
• 1/4 sendok teh garam dapur
• 100 ml air es

Untuk Topping Cokelat:

• 250 gr cokelat masak (bisa dari coklat batangan yang dilelehkan))
• 100 gr margarin kemasan
• Meises coklat secukupnya

loading...

Proses bagaimana membuat donat lezat dan lembut


buatresep.blogspot.com
  1. Pertama dilakukan oleh ibu di rumah, yaitu mencampur bahan-bahan seperti tepung, ragi, gula, baking powder dan susu bubuk juga takar sesuai disebutkan di atas. Kemudian aduklah sampai dicampur da rata sepenuhnya.
  2. Jika terllihat rata, kemudian tambahkan telur dan juga kentang dan air es sedikit. Nah, jika semua tercampur dengan baik, kemudian masuk ke tahap menguleni adonan sampai mendapatkan hasil yang benar-benar kalis. Setelah agak kalis, masukkan lagi garam dan margarine. Lanjutkan terus Uleni lagi sampai benar kalis dan elastis jika ditarik.
  3. Ketika pengolahan selesai berikutnya adonan ditutup dengan handuk bersih atau plastik dengan durasi selama 15 menit atau sampai mengembang.
  4. Jika adonan sudah terlihat untuk mengembang sempurnya, maka langkah berikutnya adalah untuk dikempeskan kembali untuk dipotong rata kurang lebih sebesar telur (dibuat bulat dan agak pipih) atau jika Anda ingin menggunakan timbangan, maka kira-kira seberat 30 Gr. Lalu biarkan dan tunggu sekitar 10 menit.
  5. Jika adonan resep donat kentang sudah mengembang lagi. Selanjutnya cukup membuat sebuah lubang di tengah.
    Lalu tata letak semua adonan yang sudah terbentuk ke atas loyang yang telah diolesi dengan tepung tipis. Tunggu sampai 1 jam.
  6. Proses terakhir, panaskan minyak di atas api sedang. Bila perlu buat api sedikit lebih kecil supaya matangnya rata.
  7. Kalau sudah berwarna emas kuning tinggal angkat dan siap diberikan topping.

Cara membuat Topping coklat


  1. Tim mentega dan cokelat sampai meleleh.
  2. Celupkan salah satu bagian dari donat dalam cokelat leleh. Balik dan taburi dengan meises.
  3. Diamkan selama beberapa menit sampai lelehan cokelat di atas mendingin dan beku.

Tips Rahasia


  1. Lelehkan cokelat untuk topping donatnya dengan cara menggunakan mangkuk keramik ditempatkan pada pemukaan air yang sedang dimasak mendidih. Hal ini bertujuan untuk menghindari cokelat pahit.
  2. Menggunakan tepung yang kadaluarsanya masih panjang, paling baik jika tidak kurang dari satu tahun masa berakhirnya.
  3. Selain rebus, kentang juga dapat dimatangakan dengan digoreng sampai matang sempurna terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang, baru setelahnya dihaluskan dengan ditumbuk.
  4. Penggunaan air dingin bertujuan supaya hasil akhir dari donatnya dapat terlihat agak mengembang ketika digoreng, karena unsur-unsur yang dingin bertemu dengan panas minyak akan mempengaruhi tekstur dalam adonan.
  5. Ketika menggoreng, matangnya sempurna, kemudian bolak-balik tanpa harus menunggu untuk donat matang sempurna satu dari sisi ini, karena sekali di balik bagian atas masih menjalani proses pematangan dan perubahan warna secara bertahap.

Cara memilih jenis kentang yang baik untuk donat


 

Pada dasarnya jenis kentang yang di negara kita dan juga di negara-negara lain sangat beragam. Hanya saja jika kita membicarakan tentang bahan pembuatan donat pasti ada pilihan terbaik untuk itu. Salah satu yang direkomendasikan adalah kentang mentega. Ini karena jenis teksturnya lembut sehingga jika dicampur dengan adonan donat tidak akan menyebabkan tekstur menjadi kasar pada hasilnya. Na kentang mentega pun ada dua jenis, yaitu:

Kentang Granola

Jika diamati teksturnya, jenis kentang ini terasa halus ketika disentuh langsung dengan jari-jari kita. Kentang ini mengandung 16% hingga 18% Kadar Pati dan 80% lebih untuk kandungan air. Saat mengalami proses pematangan atau perebusan, pori-pori pada jenis kentang ini tidak mudah mengeluarkan air sehingga jika Anda mencari campuran yang cocok untuk dimasak maka ini adalah pilihan terbaik.

Kentang Tes

Karakteristik kentang ini terasa kasar saat diraba. Tapi itu tidak berarti hal ini tidak baik untuk menghasilkan donat kentang lembut. Tingkat kekasaran kentang ini hanya berlaku jika kita bandingkan dengan jenis kentang sebelumnya yang begitu halus. Namun, mengenai isinya, dikatakan kebalikan dari Granola. Isi pati kentang ini lebih banyak, sedangkan kandungan air jauh lebih rendah. Jadi jika Anda mencari jenis kentang baik untuk mencampur bahan-bahan kue goreng, dalam kasus ini kue donat, kentang tes jawabannya. Jadi sekarang Anda sudah tahu jenis kentang apa yang tepat digunakan untuk mencampur adonan donat?

SHARE