Cara Membuat Paspor Online Offline Daftar & Syarat Mudah

Membuat Paspor

Salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan umrah yaitu, paspor. Jadi, pastikan ketika Anda merencanakan untuk umrah, paspor sudah tersedia dan sesuai dengan ketentuan. Terkait dengan paspor, Pemerintah Saudi membuat ketentuan bahwa nama yang tertera dalam paspor harus tiga (3) kata, misal Shahzad Rumi Alvaro.

Jika Anda sudah memiliki paspor, pastikan jangka waktu berlaku paspor Anda masih berlaku untuk 6 bulan ke depan dan nama yang tertera dalam paspor anda mencakup 3 kata. Jika jangka waktu paspor akan habis masa berlakunya kurang dari 6 bulan, segera lakukan perpanjangan paspor. Waktu berlakunya paspor dari sejak diterbitkan paling lama 5 tahun.Jika nama yang tertera dalam paspor Anda hanya 2 kata, lakukan penambahan namaBagi calon jemaah yang belum memiliki paspor, berikut ini akan saya paparkan tata cara pembuatan paspor yang di rangkum dari www.imigrasi.go.id.

Dokumen yang dibutuhkan dalam pembuatan paspor adalah sebagai berikut:

  1. Dewasa: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Buku Nikah, dan Ijazah.

2. Anak dibawah 17 tahun: KTP ayah dan ibu, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, paspor ayah dan ibu jika ada.

3. Pembuatan paspor dapat dilakukan secara on-line atau pun off-line. Kedua proses pembuatan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Tahap-tahap pembuatan paspor secara online antara lain sebagai berikut

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk asli, copy, dan scan (karena Anda harus mengunggah dokumen-dokumen tersebut dalam ke dalam sistem registrasi).

2. Lakukan registrasi dengan mengakses link berikut, ttps://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu.jsp. Pilih paspor 48 H (48 halaman) yaitu, paspor umum yang digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Ketika selesai registrasi secara on-line, anda akan mendapatkan “Tanda Terima PraPermohonan”.

Langkah 1

Langkah 2

loading...

Langkah 3

3. Lakukan pembayaran di kantor bank BNI terdekat dengan membawa tanda terima prapermohonan. Jumlah biaya yang harus dibayarkan dapat di cek di situs imigrasi.

4. Proses verifikasi dokumen, wawancara dan foto di kantor imigrasi sesuai dengan tanggal yang ditentukan dalam tanda terima prapermohonan dengan membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk asli dan copy. Jika anda tidak hadir dalam tanggal yang ditentukan, akan dianggap hangus.

5. Lakukan pengambilan paspor sesuai waktu yang ditentukan atau paling lambat 1 bulan setelah tanggal paspor bisa diambil.

Tips

Permasalahan yang sering dihadapi ketika melakukan pembuatan paspor on-line adalah lambatnya koneksi tiap tahapan pembuatan paspor on-line ini. Sebaiknya Anda tidak melakukan registrasi paspor on-line ketika jam sibuk. Selain itu, perhatikan kapasitas file yang anda unggah ke dalam sistem. Keunggulan dari pembuatan paspor secara on-line, Anda hanya cukup datang ke kantor imigrasi dua kali (untuk pembuatan paspor off-line butuh tiga kali kedatangan).

Tahap-tahap pembuatan paspor secara off-line antara lain sebagai berikut:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk asli dan copy.

2. Lakukan registrasi dengan membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan (asli dan copy) ke kantor imigrasi terdekat (tidak harus sesuai dengan wilayah KTP). Form registrasi disediakan oleh pihak imigrasi. Jam operasional kantor imigrasi mulai dari 08.00−16.00. Akan tetapi, sebaiknya Anda datang sepagi mungkin karena jumlah registrasi paspor setiap harinya hanya dibatasi 250 nomor antrean. Pengalaman saya ketika membuat paspor, saya tiba di kantor imigrasi pukul 06.30 dan selesai urusan registrasi sekitar pukul 11.00.

3. Proses verifikasi dokumen, wawancara, dan foto di kantor imigrasi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dalam proses registrasi, biasanya setelah 3 hari kerja dari proses registrasi. Bawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk asli dan copy. Pada proses ini anda akan mendapat tanda terima untuk pengambilan paspor.

4. Lakukan pembayaran di kantor bank BNI terdekat dengan membawa tanda terima. Jumlah biaya yang harus dibayarkan dapat di cek dalam situs imigrasi.

5. Lakukan pengambilan paspor sesuai waktu yang ditentukan atau paling lambat 1 bulan setelah tanggal paspor bisa diambil.

Tips

  1. Pastikan dokumen yang dibawa selalu lengkap sesuai prosedur yang ada untuk menghindari penolakan ketika registrasi dan verifikasi, yang membuat anda harus bolak-balik ke kantor imigrasi.
  2. Ketika datang ke Kantor Imigrasi jangan lupa untuk membawa file asli dan juga foto kopi. Anda dapat memfotokopi di tempat, tetapi tidak akan cukup waktu dan hanya akan memperlambat proses.
  3. Setelah Anda melakukan pembayaran, Anda harus melakukan foto dan wawancara yang dilakukan diruangan lain di kantor. Dan pastikan Anda memakai pakaian bersih dan datang tepat waktu. Setelah selesai mengambil foto dan wawancara, kantor imigrasi akan menentukan waktu kapan Anda memperoleh paspor. pastikan untuk tidak terlambat saat mengambil paspor
  4. Gunakan pakaian rapi dan memakai sepatu ketika anda melakukan pengurusan paspor di kantor imigrasi.Total waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor mulai dari registrasi hingga pengambilan kurang lebih 2 minggu atau lebih cepat jika Anda melakukan registrasi secara on-line. Jadi, sesuaikan lama waktu tersebut dengan rencana perjalanan umrah Anda.

Proses pembuatan paspor sebenarnya tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya sendiri. Hindari penggunaan jasa calo dalam pembuatan paspor Anda.

 

2 Responses

  1. Timothy W Pawiro
    July 6, 2016
    • Lahiya
      July 6, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan