Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Tempat pensil Anda rusak atau hilang? Janganlah terburu untuk beli tempat pensil yang baru. Pasalnya, Anda bisa bikin tempat pensil sendiri dari kain flanel. Tempat pensil yang terbuat dari kain flanel ini lebih praktis serta tahan lama di banding tempat pensil plastik atau besi.

Sistem pembuatan kotak pensil dari kain flanel ini tidaklah terlalu susah lantaran kita cuma membutuhkan kain flanel serta peralatan jahit simpel. Seain itu, tempat pensil yang kita buat juga tak membutuhkan resleting yang cukup rumit. Ingat, ini juga bagian dari sebuah karya seni kriya loh!

Nah, kesempatan ini Bacaterus bakal membagikan 2 langkah bikin tempat pensil dari kain flanel yang unik, yaitu tempat pensil berupa seperti saku serta tempat pensil yang dibarengi dengan sekat untuk tempat menempatkan pensil serta bolpen.


Tempat Pensil Berupa Saku


Langkah bikin tempat pensil yang satu ini cukup gampang lantaran cuma memerlukan cara jahit yang simpel. Bahkan juga, anak-anak juga dapat lakukan langkah tersebut sendiri. Cara membuat tempat pensil berupa saku ini begitu pas untuk pemula yang tidaklah terlalu pintar menjahit. Untuk bikin tempat pensil berupa saku, siapkan alat serta bahan di bawah ini :

  • Kain flanel
  • Jarum serta benang
  • Kancing
  • Mesin jahit (bila dibutuhkan)
  • Gunting
  • Pita

Apabila semuanya alat serta bahan yang diperlukan sudah ada, ikuti beberapa langkah tersebut untuk bikin tempat pensil berupa saku dari kain flanel :

cara membuat tempat pensil dari kain flanel

  1. Potong kain flanel yang ada dengan panjang yang sesuai sama ukuran pensil serta bolpen Anda. Lantaran Anda tidak akan menempatkan satu benda saja didalam tempat pensil ini, jadi buat lebarnya sesuai untuk lebih dari satu buah pensil serta bolpen.
  2. Pakai jarum serta benang (atau mesin jahit) untuk menjahit tiap-tiap segi tempat pensil. Yakinkan semua jahitan lurus dengan prima. Anak-anak yang menginginkan belajar menjahit, dapat menjahit dengan jarum-benang atau mesin jahit.
  3. Jahit kancing dengan jarum serta benang. Kancing ini nanti bakal jadi ‘kunci’ untuk tempat pensil Anda. Jadi, jahitlah sesuai sama tempat yang pas. tempat pensil dari kain flanel
  4. Potong sisi tutup tempat pensil ini berupa sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nanti bakal dihubungkan dengan kancing yang tadi terpasang untuk tutup tempat pensil supaya berisi tak jatuh keluar.
  5. Untuk hiasi tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lantas jahitlah dibagian pinggir tempat pensil.
    Berikan aksesori, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik penampilan tempat pensil berupa saku ini.
  6. Langkah bikin tempat pensil dari kain flanel yang pertama ini dapat jadikan ide untuk aktivitas isi waktu senggang untuk orang dewasa serta anak-anak. Yakinkan Anda memakai kain dengan warna yang dikehendaki serta hiasan favorite untuk membuat cantik tempat pensil saku ini.

Tempat Pensil yang Dapat Digulung


tempat pensil 1

Tempat pensil kok digulung? Bagaimana dapat? Sudah pasti dapat. Didalam tempat pensil unik ini, kita bakal memberi slot spesial untuk meletakkan bolpen serta pensil. Memiliki bentuk simpel, namun untuk bikin tempat pensil ini diperlukan ketrampilan menjahit yang cukup tinggi. Untuk bikin tempat pensil berupa gulungan, siapkan alat serta bahan di bawah ini :

  • Kain flanel yang teksturnya agak tebal
  • Pembolong kertas
  • Pita
  • Mesin jahit
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Pin
  • Pensil

Apabila semua alat serta bahan yang diperlukan sudah ada, ikuti beberapa langkah tersebut untuk bikin tempat pensil berupa gulungan dari kain flanel :

  1. Potong kain flanel jadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya. Yakinkan supaya tak memotong sangat kecil lantaran kain itu nanti bakal digulung.
  2. Tandai satu diantara kain flanel dengan pembolong kertas sekitaran ½ inch dari sisi pinggir kain. Lalu, berikan tanda dengan bolongan dibagian atas serta bawah garis pada tiap-tiap jarak ¾ inch. Yakinkan bolongan ini dapat selesai di titik yang juga berjarak ½ inch dari pinggir.
  3. tempat pensil kain flanelAmbillah kain flanel yg tidak dilubangi, tumpuk dengan kain flanel yang telah dilunbangi. Teruskan dengan menjahit di tiap-tiap pinggir ke-2 kain flanel supaya keduanya tetaplah menempel.
  4. Jahit garis lurus di samping tiap-tiap lubang yang tadi telah di buat. Garis ini bakal jadi sekat yang memisahkan satu pensil dengan pensil yang lain.
  5. tempat pensil dari kain flanel 1Dengan memakai jarum serta benang, jahitlah pita dibagian luar kain flanel. Pita ini nanti bakal dipakai untuk mengikat tempat pensil ini.
  6. Masukan pensil serta bolpen kedalam kain lubang yang tadi telah di buat. Pensil mesti dimasukkan kedalam lubang-lubang yang ada dalam satu garis lurus.
  7. Nah, tempat pensil berupa gulungan sudah usai. Coba menggulung tempat pensil ini serta ikat dengan pita yang ada dibagian depannya.

Untuk mempercepat proses menjahit tempat kain flanel berupa gulungan ini, baiknya Anda memakai mesin jahit. Pasalnya, terdapat beberapa sisi yang perlu dijahit pada tempat pensil ini. Sebagai hiasan penambahan, Anda dapat menjahit bunga mawar dari kain flanel dibagian luar tempat pensil. Pakai kain flanel serta pita dengan warna favorite Anda.

loading...

Sejatinya, bikin ke-2 tempat pensil dari kain flanel diatas tidaklah sangat susah. Cuma diperlukan kecermatan serta sedikit ketrampilan menjahit untuk bikin tempat pensil berupa saku ataupun gulungan.

Langkah bikin tempat pensil dari kain flanel diatas begitu berguna untuk isi saat enjoy Anda. Di hari libur, Anda dapat mengasah ketrampilan anak-anak dengan mengajak mereka untuk berbarengan bikin tempat pensil dari kain flanel. Anak-anak dapat pilih sendiri warna kain serta aksesori yang ia gemari saat bikin tempat pensil ini. Selamat berkarya seni!

1

One Response

  1. Nanda Merita
    August 3, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan