Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan 20 Obat Alami

Cara mengatasi jerawat dan menghilangkan jerawat? Dan apa sajakah penyebab jerawat itu? Memang sangat penting untuk tahu seputar jerawat dan sebagian jenisnya serta penyebab kenapa jerawat dapat muncul. Dengan tahu akan hal semacam itu tentu membuat kita jadi lebih memahami bagaimana melakukan penanganan yang tepat hingga tidak bertambah parah.

Ya benar, jerawat adalah permasalahan umum yang perlu dihadapi sebagian besar orang terlebih remaja. Jerawat mempunyai banyak sekali jenis dan cara penangannya, setiap jenis jerawat harus ditangani secara berbeda bila tidak maka akan semakin parah. Ada banyak tantangan untuk penderita jerawat seperti tidak boleh memencet dengan kuku dan lain sebagainya yang perlu dipatuhi bila tidak mau jerawat sembuh meninggalkan bekas seperti flek hitam atau bahkan bopeng bekas jerawat.

Memang terdapat beberapa cara dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah maupun punggung. Diantaranya seperti beli beragam obat di apotik, memakai bahan-bahan alami dan pergi ke dokter atau klinik yang memang berpengalaman dibidangnya.

Menggunakan obat yang mengandung bahan kimia tak dianjurkan lantaran mempunyai resiko yang begitu tinggi, akan lebih baik bila segera melakukan konsultasi pada dokter hingga akan lebih cepat sembuh. Cara lain yang cukup efektif, murah serta tidak memiliki resiko yaitu memakai bahan-bahan alami atau bahan tradisional yang sejak dahulu sudah menjadi andalan nenek moyang kita.

Mengobati jerawat memakai obat-obatan alami yang merupakan bahan-bahan tradisional dari alam merupakan cara terbaik yang dapat dicoba. Karena bahan-bahan alami mengandung sangat banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu bahan alami lebih mudah diperoleh dan lebih murah bila dibandingkan dengan obat kimia. Menggunakan obat-obatan berbahan kimia memang tidak dilarang tetapi sebaiknya harus sesuai dengan resep dokter.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional Dengan 20 Jenis Obat Alami

cara-menghilangkan-jerawat

Dan untuk anda yang penasaran akan jenis-jenis tanaman apa saja yang mempunyai manfaat untuk mengobati jerawat, berikut beberapa jenis obat tradisonal untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya pada wajah.

#1 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Kayu manis dan Madu

Dua bahan ini adalah paduan obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk mengobati jerawat tetapi untuk membunuh bakteri serta sebagai antibiotik supaya jerawat tak menjadi semakin parah akibat infeksi dari bakteri.

Cara pemakaian :
Bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih lalu keringkan. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu sampai berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan gunakan sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih.

#2

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu dan Susu/Yogurt

Susu dan yogurt mempunyai manfaat yang bagus untuk kulit bahkan rahasia kecantikan ratu cleopatra yaitu sering mandi menggunakan susu.

loading...

Cara pemakaian :
Campur 1 sendok makan susu atau yogurt dengan 1 sendok makan madu lalu oleskan pada wajah sebagai masker, oleskan berkali-kali sampai menebal lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian cuci bersih dengan menggunakan air bersih.

#3

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Kulit Jeruk

cara-memerahkan-bibir-dengan-jeruk-nipis

Vitamin C pada kulit jeruk mempunyai manfaat yang bagus untuk menghilangkan jerawat, selain itu kulit jeruk juga mempunyai manfaat untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang sudah mati.

Cara pemakaian :
Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air sampai lembut. Lalu bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah serta diamkan selama 20-25 menit. Kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

#4

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Putih Telur

Putih telur mempunyai kandungan protein serta vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau flek hitam bekas jerawat.

Cara pemakaian :
Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya lalu kocok sampai berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering kemudian diamkan selama 20-25 menit. Selanjutnya berishkan dengan air hangat dengan memakai handuk.

#5

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel

Cuka apel mempunyai manfaat yang baik untuk wajah yaitu bisa menyeimbangkan PH dan mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka apel bisa jadi salah satu obat ampuh dalam mengatasi jerawat.

Cara pemakaian :
Sebelum menggunakan cuka apel upayakan untuk membersihkan wajah anda dengan memakai air bersih dan keringkan. Lalu oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas serta diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih kemudian pakai pelembab bila kulit merasa kering.

#6

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Lidah buaya yang banyak digunakan untuk rambut ini nyatanya bagus juga untuk mengobati jerawat membandel. Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri serta bisa menenangkan dan juga mempunyai sifat anti inflamasi.

Cara Pemakaian :
Bersihkan wajah memakai air bersih dan keringkan terlebih dulu. Kupas kulit lidah buaya serta ambil gelnya, upayakan untuk tetap bersih dari getahnya karena bisa menyebabkan gatal di kulit. Oleskan pada wajah yang berjerawat serta biarkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.

#7

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pepaya

Pepaya dapat juga dipakai sebagai obat untuk mengobati jerawat. Buah pepaya mempunyai kandungan enzim yang disebut papain yang mempunyai manfaat mengurangi peradangan serta mencegah timbulnya nanah. Buah pepaya dapat juga menghilangkan sel-sel kulit mati serta membuat wajah lebih lembut dan halus.

Cara pemakaian :
Siapkan 1 buah pepaya lalu tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air secara merata. Biarkan selama 15-20 menit lalu basuh muka dengan air hangat.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit

#8

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Kulit Pisang

Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga mempunyai manfaat yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang bisa mengurangi pembengkakan, peradangan dan mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah dapat meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh jerawat.

Cara pemakaian :
Sediakan kulit pisang jenis apa saja, lalu gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian diamkan dengan air bersih.

#9

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Stroberi dan Madu

Buah stroberi mempunyai kandungan kadar asam salisilat tinggi yang bisa menghilangkan jerawat secara cepat. Asam ini berperan untuk membuka pori-pori yang tersumbat serta menetralisir bakteri hingga tidak menyebabkan infeksi.

Cara pemakaian :
Pertama anda bersihkan wajah anda terlebih dulu dengan menggunakan air bersih lalu keringkan dengan handuk. Campurkan 3 buah stroberi yang sudah dihancurkan dengan 2 sendok makan madu sampai merata. Lalu oleskan pada wajah anda sampai merata selama kurang lebih 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih.

#10

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jus lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam nitrat yang berperan untuk mengobati jerawat dan membantu pengelupasan kulit.

Cara pemakaian :
Siapkan jus lemon lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Bila merasa perih anda bisa memberikan sedikit yogurt ke dalam jus itu. Diamkan beberapa saat sampai mengering kemudian basuh dengan air bersih hingga bersih.

#11

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh bisa melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang bisa mencegah terjadinya infeksi di bagian bawah permukaan kulit dan mencegah terjadinya infeksi.

Cara pemakaian :
Encerkan minyak pohon teh dengan cara mencampurkannya dengan air dengan perbandingan 1 : 9 (minyak teh 1 tetes banding air 9 tetes). Lalu sebelum pemakaian, bersihkan wajah anda terlebih dulu dengan menggunakan air bersih kemudian oleskan pada wajah anda memakai kapas sampai merata. Diamkan beberapa saat sampai mengering dan bersihkan dengan air setelahnya.

#12

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mint

Mint mmeiliki kandungan mentol yang berperan sebagai anti inflamasi serta penghilang nyeri pada jerawat. Mint memang tak dapat mengobati jerawat tetapi dapat membantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah dan dapat juga meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara pemakaian :
Hancurkan terlebih dulu daun mint menggunakan blender atau dapat ditumbuk sendiri. Setelah itu bersihkan muka dengan menggunakan air bersih serta keringkan baru setelahnya oleskan daun mint yang sudah halus tadi pada wajah kemudian diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan hal ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

#13

Cara Mengatasi Jerawat dengan Kentang

Kentang kaya akan kandungan sulfur, kalium, klorida dan fosfor yang begitu baik untuk wajah serta bisa mengobati jerawat yang membandel. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.

Cara pemakaian :
Parut 1 buah kentang lalu gosokkan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air lalu diamkan selama 15-30 menit. Kemudian basuh wajah dengan memakai air hangat.

#14

Cara Mengatasi Jerawat dengan Mandi Uap

Uap mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia salah satunya bisa menyembuhkan jerawat. Cara ini dapat anda lakukan dengan mengunjungi steam yang ada di gym-gym tetapi bila anda tidak punya kebiasaan berkunjung ke tempat-tempat tersebut, berikut ini adalah alternatif mandi uap secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Caranya :
Rebus air sampai mendidih lalu tuang dalam mangkuk atau wadah besar. Biarkan sesaat hingga suhu air menurun sedikit atau kurang lebih sudah tidak terlalu panas lagi. Dan posisikan wajah anda diatas mangkuk itu serta taruhlah handuk diatas kepala anda. Biarkan uap air panas itu membasahi wajah anda sekitar 10-15 menit kemudian bersihkan air pada wajah sesudahnya memakai handuk tadi. Bila hal ini dilakukan secara teratur bisa mengobati jerawat.

#15

Cara Mengatasi Jerawat dengan Masker Baking Soda (Sodium Bicarbonat)

Baking soda atau yang mempunyai nama lain sodium bicarbonat memiliki kandungan antideptik yang bisa melawan bakteri serta jamur pada jerawat dan bisa mengeringkan minyak berlebih pada kulit.

Cara pemakaian :
Campurkan satu kotak baking soda dengan air sampai menjadi seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 2 menit. Diamkan terlebih dulu selama 15-20 menit kemudian basuh setelahnya dengan menggunakan air bersih.

#16

Cara Mengatasi Jerawat dengan Oatmeal

Oatmeal dapat menghilangkan jerawat baik dari luar ataupun dari dalam.

Cara pemakaian :
Siapkan oatmeal seperti biasanya, dan ketika masih panas tambahkan 2 sendok makan madu kemudian diamkan sebentar sampai dingin. Setelah itu oleskan secara menyeluruh pada wajah terutama pada beberapa bagian yang berjerawat serta diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan.

#17

Cara Mengatasi Jerawat dengan Bawang Putih

Bawang putih mempunyai sifat anti bakteri yang begitu ampuh dalam melawan jerawat.

Cara pemakaian :
Ekstrak bawang putih kemudian campur dengan 1 sendok teh air tawar. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada seluruh permukaan wajah. Diamkan sesaat sampai mengering dan cuci setelahnya.

#18

Cara Mengatasi Jerawat dengan Scrub Gula

Gula putih mempunyai manfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit berlebih yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori pada wajah. Mencampur gula, madu, air dan minyak zaitun bisa menjadi salah satu obat manjur untuk membasmi jerawat.

Bahan-bahan :

  • 1 ½ cangkir gula putih
  • 1 ½ cangkir gula merah
  • 1/2 cangkir minyak zaitun ekstra virgin
  • 2-3 sendok makan garam laut kasar
  • 1 kacang vanili
  • 10 sendok makan eksrak vanili murni

Cara pemakaian :
Campurkan 1 ½ cangkir gula merah dengan 1 ½ cangkir gula tambahkan 2 sendok makan garam laut dan aduk sampai merata. Bila anda ingin memberikan kacang vanili anda dapat mengupasnya terlebih dulu dan mencampurkannya pada campuran tersebut . Setelah semua bahan dicampur tambahkan minyak zaitun dan biarkan beberapa waktu. Setelah itu gunakan sebagai scrub pada wajah anda dan diamkan sekitar 15-20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih sesudahnya.

#19

Cara Mengatasi Jerawat dengan Alpukat dan Madu

Banyak yang beranggapan kalau buah alpukat bisa mengakibatkan jerawat tetapi hingga saat ini belum dapat dibuktikan apakah itu benar atau tidak. Walau demikian kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada buah alpukat ini nyatanya baik untuk mengobati jerawat. Ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.

Cara pemakaian :
Campurkan buah alpukat dengan madu sampai berbentuk seperti pasta lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit kemudian cuci dengan air bersih sesudahnya.

#20

Cara Mengatasi Jerawat dengan Teh Hijau

Teh hijau sangat baik dipakai untuk mengobati jerawat secara internal dengan cara dikonsumsi sebagai minuman atau cara eksternal yaitu dengan cara menyemprotkannya di wajah.

Cara pemakaian :
Bersihkan wajah anda terlebih dulu lalu keringkan. Siapkan satu mangkuk berisi air lalu masukkan daun teh hijau dalam mangkuk tersebut kemudian didihkan. Setelah itu diamkan hingga agak dingin dan gunakan pada wajah anda, dapat dengan disemprot ataupun mengoleskannya dengan lembut pada wajah dengan memakai kain atau kapas.

1

2 Responses

  1. Diah
    September 14, 2016
  2. Tiwi Pratiwi
    October 14, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan